HomeTips & TrickMountaineering10 Gunung Destinasi Para Pendaki yang Populer, Ini Profilnya!

10 Gunung Destinasi Para Pendaki yang Populer, Ini Profilnya!

Dikaruniai oleh keindahan alam yang luar biasa, bentangnya di Indonesia seperti tak habis untuk dibahas dan dijelajahi. Untuk gunung, banyak sekali yang bisa masuk dalam wishlist dan menawarkan daya tarik istimewa. Sebagai inspirasi, kamu bisa cek 10 ide destinasi para pendaki di sini, lengkap dengan informasi seputar gunung yang jadi pilihannya.

Pendakian gunung sendiri sebenarnya terbuka untuk pemula atau pendaki berpengalaman. Hanya saja untuk pemula, ada beberapa kriteria pemilihan gunung yang harus diingat karena keterbatasan pengalaman.

Fokus tidak diletakkan pada tujuan akhir di puncak, tapi lebih kepada proses mendaki yang memberikan kamu waktu bersentuhan langsung dengan alam. Untuk itu, beberapa destinasi terbaik gunung Indonesia bisa kamu lihat di sini.

Baca Juga: Jalur Pendakian Gunung Merapi dan Hal Penting yang Perlu Diperhatikan

Memilih Gunung yang Tepat, Perhatikan Kriterianya

destinasi para pendaki
Sumber: EIGER Adventure

Pendaki pemula atau berpengalaman tetap wajib memperhatikan kriteria pemilihan tujuan gunung yang akan didaki. Tujuannya jelas, akan pendakian yang dilakukan sesuai dengan keinginan dan kemampuan, sehingga kegiatan bisa berlangsung lancar, mendapatkan pengalaman berkesan, dan sampai di rumah dengan selamat.

Beberapa kriteria yang wajib dipertimbangkan antara lain sebagai berikut.

  • Jalur pendakian, semakin sulit jalur pendakian maka semakin tinggi kemampuan pendakian yang diperlukan. Ketika hal ini tidak masalah untuk pendaki berpengalaman, maka pendaki pemula harus lebih selektif
  • Fasilitas dan aksesibilitas, tidak sedikit gunung yang telah dikelola dengan baik sehingga memiliki fasilitas yang memadai dan aksesibilitas yang mudah. Namun pastikan dulu sebelum kamu memutuskan pendakian yang akan dilakukan, agar kamu bisa berangkat dengan nyaman
  • Keindahan alam, well setiap gunung jelas memiliki keindahannya masing-masing. Tapi jika kamu bisa lebih menggali informasi tentang gunung tersebut, kamu bisa menemukan keindahan yang kamu cari
  • Keunikan dan daya tarik khusus, beberapa gunung memiliki ciri khas yang tidak dimiliki gunung lain. Misalnya saja seperti danau, kemudian keindahan kawahnya, padang pasir, atau justru budaya lokal masyarakat sekitar kaki gunung
  • Popularitas, gunung yang populer pasti memiliki nilai plus yang berhasil memberikan kepuasan pada banyak orang. Kamu bisa melirik gunung-gunung ini untuk jadi pilihan pendakian yang dilakukan

Rekomendasi 10 Gunung untuk Didaki dan Sekilas Profilnya

Tentu pada akhirnya setiap daftar yang dibuat akan subjektif, dan kriteria yang digunakan juga tergantung dengan preferensi masing-masing dair kamu yang membaca artikel ini. Tapi mari lihat 10 opsi gunung yang menjadi destinasi para pendaki di Indonesia dengan sekilas profilnya di bawah ini.

1. Gunung Nglanggeran, Yogyakarta

destinasi para pendaki
Sumber: Instagram @alfu.soba via getlost.id

Kita awali rekomendasi kali ini dengan tingkat kesulitan rendah terlebih dahulu, dan cocok untuk mencoba niatmu dalam mendaki gunung. Gunung Nglanggeran terletak di Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul. Ketinggiannya hanya 700 mdpl, dan memiliki trek yang cenderung landai.

Gunung ini sendiri merupakan gunung api purba yang dikelola sejak beberapa tahun lalu. Selain treknya yang ringan, kamu juga bisa menikmati pemandangan menakjubkan di bagian puncak, sebab terdapat salah satu dataran yang menjulang tinggi seperti menara.

Erat dengan nilai mistis dan kepercayaan masyarakat, ada baiknya kamu cari tahu dulu pantangan yang tidak boleh dilakukan saat mendaki gunung ini.

2. Gunung Andong, Jawa Tengah

destinasi para pendaki
Sumber: jateng.genpi.co

Selanjutnya adalah Gunung Andong. Menjadi salah satu destinasi para pendaki pemula, gunung ini terletak di Magelang, Jawa Tengah. Ketinggiannya ada di angka 1,762 mdpl dengan jalur yang memiliki papan petunjuk jelas. Jadi kamu tak perlu takut tersesat.

Meski tidak terlalu tinggi, tapi daya tariknya adalah pada pemandangan menawan dari bagian puncaknya. Kamu bisa melihat secara langsung kegagahan Gunung Merbabu di salah satu sisi, dan sunrise yang dikatakan begitu mempesona. Jadi sebaiknya kamu bersiap membawa perlengkapan berkemah ya!

Terdapat akun Instagram @gunungandong yang bisa jadi tempat riset sebagai persiapan awal. Kamu bisa mendapatkan banyak info terbaru di sana.

3. Gunung Batur, Bali

destinasi para pendaki
Sumber: expedia.co.id

Berpindah ke Pulau Dewata, ada Gunung Batur. Letaknya di area Kintamani, ketinggian dari gunung ini sendiri adalah 1,717 mdpl. Jalurnya yang cukup santai terasa ramah untuk pendaki pemula, dan dalam waktu 3 jam saja kamu bisa sampai ke area puncak.

Daya tarik utama dari Gunung Batur adalah pemandangan salah satu kaldera terindah, yakni dengan pusat Danau Batur. Seperti Gunung Andong, sempatkan juga bermalam di gunung ini untuk menikmati sunrise saat pagi menjelang.

Tapi ingat kamu tidak boleh sembrono. Bali dikenal sebagai pulau yang memiliki tingkat spiritual yang tinggi, maka cari tahu dulu apa saja pantangan yang tidak boleh dilakukan supaya pendakian tetap berjalan lancar.

4. Gunung Kelimutu, Flores

destinasi para pendaki
Sumber: wonderfulimages.kemenparekraf.go.id

Salah satu destinasi para pendaki yang banyak masuk ke dalam wishlist adalah Gunung Kelimutu yang ada di Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur. Dengan jalur yang cukup landai dan ketinggian yang lumayan, jalur gunung ini cukup bersahabat bagi pendaki pemula .

Salah satu daya tarik utama dari Gunung Kelimutu selain pemandangannya adalah Danau Kelimutu tiga warna yang ada di bagian puncak. Meski waktu tempuh mencapai puncak sangat singkat, tapi tantangan tetap ada pada jalur yang sudah disediakan oleh pengelola Taman Nasional Gunung Kelimutu ini.

Jadi tetap berhati-hati ya!

5. Gunung Leuser, Aceh

destinasi para pendaki
Sumber: travelinkmagz.com

Well gunung yang satu ini tidak direkomendasikan untuk kamu pendaki pemula, sebab destinasi para pendaki ini memiliki medan yang sangat menantang bahkan untuk pendaki berpengalaman sekalipun.

Lokasinya ada di Nanggroe Aceh Darussalam dan memiliki ketinggian 3,466 mdpl. Salah satu situs bahkan menyebut Gunung Leuser adalah salah satu gunung yang jalur pendakiannya paling ekstrim di Indonesia.

Selain jalurnya yang cukup terjal, kamu juga masih harus berhadapan dengan potensi kontak dengan satwa liar. Jadi persiapan yang matang perlu dilakukan, lengkap dengan peralatan handal yang berkualitas.

6. Gunung Sibayak, Sumatera Utara

destinasi para pendaki
Sumber: shelterjelajah.com

Bergeser sedikit ke Sumatera Utara, adalah Gunung Sibayak. Terletak di Kabupaten Karo, gunung ini termasuk dalam salah satu gunung berapi aktif. Ketinggiannya sendiri mencapai 2,172 mdpl. Tapi jangan salah, gunung ini punya jalur pendakian cukup sulit dan terjal.

Tantangan sendiri terletak pada jalurnya, yang merupakan hutan belantara alami yang belum banyak terjamah tangan manusia. Tapi untuk banyak orang, hal ini justru yang jadi daya tariknya karena berkesempatan merasakan pendakian di nuansa yang masih asri dan natural.

Untuk pendakian di sini, persiapan yang matang juga wajib dilakukan.

7. Gunung Sesean, Sulawesi Selatan

destinasi para pendaki
Sumber: Muhammad Ilham via commons.wikimedia.org

Menjadi gunung kelima tertinggi di area Sulawesi Selatan, gunung ini dahulu adalah gunung api dan memiliki material dasar batuan vulkanik. Tingginya adalah 2,100 mdpl, dan berada di Desa Sesean, Kecamatan Sesean Suloara, Toraja Utara.

Trek yang ada di gunung ini cukup menantang, dan sebenarnya tidak terlalu direkomendaiskan untuk pendaki pemula tanpa pemandu atau pendaki berpengalaman di dalam rombongannya. Daya tarik utama terletak di bagian puncak dengan bentuk kerucut, meski memang tidak lagi terlihat adanya kawah dari gunung ini.

8. Pegunungan Latimojong, Sulawesi Selatan

destinasi para pendaki
Sumber: indonesiakaya.com

Yang satu ini bisa jadi destinasi para pendaki karena merupakan puncak tertinggi di Sulawesi Selatan. Dengan puncak Rante Mario di ketinggian 3,430 mdpl, lokasinya ada di kawasan Kabupaten Enrekang. Sebenarnya barisan Pegunungan Latimojong sendiri memiliki beberapa puncak, tapi puncak Rante Mario adalah salah satu yang paling terkenal.

Keunikannya adalah bahwa pegunungan tertinggi ini bukan berasal dari gunung api, tapi terbentuk dari batuan tektonik  sejak 100 juta tahun yang lalu. Jadi nuansanya akan lebih unik dibandingkan dengan beberapa gunung yang ada di daftar ini.

Tantangannya jelas, kamu perlu mempersiapkan diri lebih matang sebab jalur pendakiannya akan cukup panjang.

9. Gunung Bukit Raya, Kalimantan Tengah

destinasi para pendaki
Sumber: www.the7summitsindonesia.com

Menjadi salah satu gunung yang terkenal di kawasan Kalimantan, gunung ini memiliki ketinggian di angka 2,278 mdpl. Kondang karena keindahan flora dan faunanya yang cantik, kamu juga bisa menikmati banyak sungai yang mengalir dengan air jernih.

Berbicara lokasi sendiri gunung ini ada di Bukit Raya, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. Untuk bisa mendaki gunung ini kamu perlu persiapan yang cukup matang, dan perencanaan yang baik sebab jalurnya akan cukup panjang dengan medan yang menantang.

10. Gunung Jayawijaya, Papua Tengah

destinasi para pendaki
Sumber: gpriority.co.id

Seperti menjadi tantangan ultimate bagi pendaki yang ada di Indonesia bahkan dunia, Gunung Jayawijaya yang terletak di Papua Tengah ini adalah bagian dari pegunungan yang membentang hingga ke Provinsi Papua Pegunungan.

Puncak tertingginya disebut dengan Puncak Jaya, dengan ketinggian 4,884 mdpl. Berbicara tentang daya tarik, jelas salju abadi adalah satu diantara sekian banyak keistimewaan gunung ini. Tapi tantangan besar harus siap dihadapi, sebab tingkat kesulitan yang disajikan tidak main-main. Hanya pendaki profesional dan berpengalaman saja yang direkomendasikan untuk mendaki gunung ini.

Perhatikan 6 Poin Penting Persiapan Pendakian Ini

destinasi para pendaki
Sumber: EIGER Adventure

Setelah melihat 10 rekomendasi destinasi para pendaki di atas, kamu kini siap menentukan pilihan dan melakukan persiapan berdasarkan tingkat kesulitan setiap gunung itu. Sebenarnya jika dicermati, ada enam poin penting yang harus dilakukan sebelum mendaki.

  • Pertama, persiapan fisik. Selain melakukan latihan fisik yang diperlukan, jangan lupa untuk cek kesehatan sebelum pendakian untuk memastikan badanmu siap dengan beban yang akan dibawa selama pendakian
  • Kedua, mental, jangan salah, pendakian gunung perlu mental yang kuat untuk berhadapan dengan setiap tantangan, risiko, hingga kondisi alam. Siapkan juga mental sebelum mendaki
  • Ketiga, perlengkapan. Menjadi penunjang tubuh secara umum, perlengkapan yang solid wajib dipastikan. Jangan pilih perlengkapan pendakian abal-abal yang menawarkan hanya sekedar murah, sebab pada kondisi darurat perlengkapan ini akan dapat membantu meningkatkan kesempatan selamat
  • Keempat, perizinan. Cermati juga terkait perizinan yang diperlukan dalam pendakian. Biasanya untuk anak di bawah umur, diperlukan izin tertulis dari orang tua atau wali sebagai pendamping izin pendakian dari basecamp
  • Kelima, gali dulu informasi tentang gunung yang akan didaki. Pencarian informasi ini penting supaya kamu tahu medan yang akan dilalui, tingkat kesulitan, dan pantangan apa saja yang harus dicermati
  • Keenam, untuk kamu pendaki pemula, penggunaan jasa pemandu lokal akan sangat membantu, terlebih jika di dalam rombongan pendakian tidak ada pendaki berpengalaman

Sekelumit Gunung Indah di Indonesia, Jelajahi Lebih Jauh!

Indonesia diberkahi dengan keindahan alam yang luar biasa sehingga menawarkan area penjelajahan yang sangat luas. 10 gunung destinasi para pendaki ini hanya sekelumit saja dari keindahan agung alam Indonesia yang bisa kamu jelajahi lebih jauh.

Tentu saja, seiring berjalannya waktu pengalaman pendakianmu akan terus bertambah, dan kamu akan mampu mendaki gunung dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Menjadi pendaki yang humble dan selalu menghargai budaya lokal akan jadi jalan terbaik agar hobi ini bisa terus berjalan dan kamu terus mendapatkan kepuasan di setiap pendakiannya.

Bersamaan dengan itu, kegiatan ini juga akan menyadarkanmu betapa pentinngya menjaga kelestarian alam agar terus bisa lestari hingga generasi mendatang.

Dukung Pendakian dengan Peralatan Solid, EIGER Adventure Punya Solusinya

Setiap pendakian akan menghadirkan cerita baru, dan setiap cerita seru selalu didukung dengan peralatan solid dengan kualitas yang tinggi, EIGER Adventure telah lama dikenal sebagai salah satu brand yang menyediakan perlengkapan dan peralatan pendakian yang berkualitas, dan jelas menyediakan apa yang kamu butuhkan.

Beberapa produk pendukung pendakianmu antara lain adalah sebagai berikut.

JR Moorland Knit Gloves

destinasi para pendaki
Sumber: EIGER Adventure

Nyaman dan bisa menghangatkan tanganmu, produk ini siap dibawa pulang dengan harga mulai dari Rp67,150. Warnanya menarik, bahannya nyaman, dan tetap memberikan fungsi menjaga suhu tangan ketika pendakian.

MS Equator Windproof JKT F1

destinasi para pendaki
Sumber: EIGER Adventure

Selanjutnya adalah jaket keren ini. Dilengkapi dengan fitur windproof yang solid, tropic windblock dan tropic repellent khas produk EIGER Adventure. Dengan harga hanya Rp560,150 saja, kamu bisa membawa produk berkualitas ini untuk menemani selama pendakian.

Z-Hyperlite Summit 35

destinasi para pendaki
Sumber: EIGER Adventure

Yap, produk tepat untuk membawa berbagai jenis perlengkapan dan perbekalan ini memiliki kapasitas hingga 35 liter. Jelas cukup untuk kebutuhan yang kamu punya. Kamu juga akan mendapatkan rain cover untuk produk ini, yang dijual dengan harga Rp1,151,200 saja.

Baca Juga: Pendakian Gunung Marapi Sumbar: Jalur Trek & Hal-Hal Penting 

Menelisik destinasi para pendaki yang populer di komunitas ini memang selalu menghadirkan bahasan menarik. Keindahan Indonesia yang tidak terbantahkan bisa langsung dinikmati, dan menjadi pengalaman hebat yang tidak terlupakan. Jangan ragu untuk mencari produk EIGER Adventure, karena kamu bisa langsung mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu. Agar lebih praktis dan mudah, kamu juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang sudah bisa kamu unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya lebih lengkap dan dijamin ori. Dapatkan juga promo dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru