HomeTips & TrickMountaineeringPendakian Gunung Marapi Sumbar: Jalur Trek & Hal-Hal Penting

Pendakian Gunung Marapi Sumbar: Jalur Trek & Hal-Hal Penting

Gunung Marapi adalah salah satu gunung api paling aktif yang berlokasi di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat. Sebelum erupsi besar pada Desember 2023 lalu dan jalur pendakian belum ditutup, Marapi menjadi gunung pendakian favorit para pendaki lokal maupun mancanegara. Ingin tahu informasi lengkap seputar pendakian Gunung Marapi Sumbar? Simak berbagai fakta menarik, rekomendasi jalur pendakian, dan hal-hal yang wajib diperhatikan sebelum mendaki Marapi.

Fakta Menarik Seputar Gunung Marapi Sumbar

Ada beberapa fakta menarik tentang Gunung Marapi yang memiliki titik tertinggi gunung yang disebut Puncak Garuda ini. Ketinggian puncak Gunung Marapi berada di 2.891 mdpl dan termasuk dalam Pegunungan Barisan. 

Lereng gunung ini ditutupi oleh hutan hujan lebat, sementara di dekat puncaknya terdapat dataran vulkanik yang tampak gersang. Di dekat puncak, terdapat beberapa kawah yang saling tumpah tindih yang membentuk kaldera bernama Kaldera Bancah dengan lebar 1,4 km. 

Meskipun memiliki panorama indah, Gunung Marapi Sumbar memiliki kawah aktif yang mengeluarkan asap dan abu. Sejak abad ke-18, gunung berapi ini telah meletus lebih dari 50 kali, dengan letusan kecil hingga sedang yang rentang waktunya terjadi dalam beberapa hari hingga beberapa tahun.

Oleh karenanya, sebelum memutuskan pendakian Gunung Marapi Sumbar, pendaki harus berhati-hati dan memantau informasi terkini seputar jalur pendakian dan aturan keselamatan karena memang aktivitas vulkanis gunung ini terbilang sering. 

Status Gunung Marapi Terkini dan Update Aktivitas Pendakian

Terkini, per tanggal 9 Januari 2024, status Gunung Marapi Sumbar telah naik dari level II (waspada) menjadi level III (siaga). Pemerintah mengimbau kepada masyarakat untuk tidak memasuki dan beraktivitas dalam radius 4,5 km dari pusat erupsi. 

Jalur pendakian saat ini sudah ditutup dalam radius 3 km dari puncak gunung. Pasca erupsi Gunung Marapi pada 3 Desember 2023 lalu dengan kolom abu bermaterial vulkanik setinggi 3.000 meter dari puncak kawah, berdampak serius dengan berpulangnya 24 pendaki dan belasan lainnya luka-luka. Tentunya musibah ini mengundang empati para Eigerian dan mendoakan semoga para korban mendapat tempat terbaik di sisi-Nya. 

Rekomendasi Jalur Pendakian Gunung Marapi Sumbar

Sumber: Eiger Adventure. (Gambar hanya ilustrasi)

Meski berbahaya, Gunung Marapi saat kondisi normal menjadi salah satu objek pendakian yang populer. Pendakian Gunung Marapi Sumbar memiliki beberapa rekomendasi jalur pendakian yang bisa dipilih, antara lain:

  1. Jalur Batu Palano: Jalur pendakian ini sangat pemula friendly. Karakteristik jalurnya lebih landai dan juga memiliki titik daerah datar untuk berkemah di sekitar pos pendakian. Selain itu, di setiap pos pendakian terdapat penjual makanan untuk memudahkan para pendaki mencari kudapan. Adapun waktu estimasi untuk mencapai puncaknya dibutuhkan waktu sekitar 5-8 jam, hampir mirip dengan jalur Pariangan.
  2. Jalur Pariangan: Meskipun jalur pendakian ini pernah ditutup akibat kasus kecelakaan yang menimpa pendaki, namun masih ada pendaki yang lewat jalur ini. Jika pendaki memutuskan untuk camping di jalur ini, pilihlah lokasi yang aman dan patuhi aturan keselamatan. Estimasi waktu yang diperlukan sampai puncak sekitar 5-8 jam.
  3. Jalur Aia Angek: Dibandingkan dua jalur pendakian lainnya, Jalur Aia Angek memiliki waktu tempuh yang lebih singkat yaitu 3-5 jam dan jalurnya lebih terjal. Meskipun jalurnya lebih terjal, namun pendaki masih bisa menemukan area yang aman untuk camping. 

Untuk aktivitas pendakian malam hari, lebih disarankan melewati Jalur Batu Palano karena keberadaan petunjuk arahnya yang masih terlihat jelas dan juga kondisi jalurnya bersih. Namun Eigerian perlu memperhatikan kondisi fisik dan alam, ya. 

Apabila cuaca cerah, maka pendakian malam hari aman untuk dilakukan. Namun jika cuaca berkabut, maka sebaiknya istirahat sebelum melanjutkan perjalanan keesokan harinya. 

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan sebelum Mendaki di Gunung Marapi Sumbar

Sumber: Eiger Adventure. (Gambar hanya ilustrasi)

Sebelum melakukan pendakian Gunung Marapi Sumbar, ada beberapa hal dan persiapan penting yang perlu EIgerian lakukan agar kegiatan hiking menjadi lebih aman dan tentunya nyaman. Berikut beberapa langkah yang disarankan:

1. Ketahui Pengetahuan tentang Gunung Marapi

Sebelum berangkat, sebaiknya EIgerian pelajari tentang Gunung Marapi. Ini termasuk nama jalur-jalur pendakian, kondisi cuaca, tipe gunung, dan peta area. Cari tahu juga informasi tentang karakteristik dan tingkat kesulitan dari setiap jalur.

2. Persiapkan Peralatan Pendakian

Pastikan sebelum pendakian, EIgerian selalu mempersiapkan peralatan mountaineering yang sesuai untuk dibawa. Mulai dari sepatu gunung yang nyaman, pakaian mendaki yang sesuai dengan kondisi cuaca gunung, tenda, matras, alat masak camping, survival kit, dan perlengkapan lainnya.

3. Kondisi Fisik Sehat dan Bugar

Sebelum mendaki gunung, lakukan pemanasan dan latihan fisik jauh-jauh hari, ya. Gunung Marapi dikenal memiliki medan trekking yang beragam, jadinya kondisi fisik yang sehat dan bugar sangatlah penting. Jika Eigerian memiliki kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mendaki. 

4. Cermati Izin dan Urusan Administrasi

Pastikan Eigerian sudah mengantongi izin resmi untuk mendaki Gunung Marapi serta membayar biaya registrasi pada loket pendakian. Periksa kembali apakah ada pembatasan atau peraturan khusu yang perlu dipatuhi oleh pendaki.

5. Siapkan Tim Pendakian

Mendaki bersama teman-teman atau tim pendakian lebih aman daripada sendirian atau solo. Pastikan kamu mengajak teman-teman yang berpengalaman atau sudah bergabung dengan grup pendakian.

6. Tak Hanya Fisik, Butuh Juga Persiapan Mental

Untuk menghadapi tantangan dan kondisi tak menentu di gunung, persiapkan mental kamu sebaik mungkin. Mendaki gunung memang benar-benar memerlukan ketahanan fisik dan mental yang baik.

7. Jagalah Kebersihan Lingkungan Tetap Asri

Jangan lupa selalu membawa kantong plastik untuk membawa kembali sampahmu. Selalu jaga kebersihan lingkungan dan jangan meninggalkan jejak sampah di gunung. Ingatlah untuk selalu menghormati alam dan mengikuti aturan keselamatan. Jika ini dipatuhi, maka aktivitas pendakian Eigerian menjadi pengalaman yang luar biasa.

Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, Eigerian bisa mempersiapkan diri dengan baik, meningkatkan keselamatan serta pengalaman pendakian.

Baca juga: Seputar Fakta Menarik dan Tips Mendaki Gunung Raung

Gunung Marapi Sumbar memang menjadi destinasi favorit pendakian yang menantang namun mengagumkan. Dengan persiapan, rencana, dan kesiapan fisik yang baik, EIgerian bisa mendaki Gunung Marapi serta menikmati pemandangan indah dari jalur pendakian hingga puncaknya. Selalu ingat untuk tetap menjaga keselamatan, menghormati alam, dan update informasi terkini terkait kondisi gunung api aktif ini sebelum pendakian, ya!

Belanja Perlengkapan Mendaki Terbaik di EIGER Adventure

Semoga informasi dan tips pendakian Gunung Marapi Sumbar di atas bisa jadi referensi berharga sebelum mencoba pengalam pendakian. Siapkan segala peralatan mountaineering terbaik untuk menunjang keselamatan dan keamanan selama pendakian yang bisa EIgerian temukan di website resmi EIGER Adventure.

Selain mengunjungi website resmi Eiger, Eigerian juga bisa langsung mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu. Atau supaya lebih praktis dan mudah, Eigerian bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang bisa didownload di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. 

Produknya tersedia lebih lengkap, jaminan produk original, ada banyak promo menarik, banyak pilihan metode pembayaran, dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia. Cek sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru