HomeTips & TrickGreen & Healthy7 Gerakan Ramah Lingkungan yang Bisa Dilakukan Sehari-hari

7 Gerakan Ramah Lingkungan yang Bisa Dilakukan Sehari-hari

Kenapa sih kita perlu menerapkan gerakan ramah lingkungan dalam aktivitas sehari-hari? Menerapkan gerakan ramah lingkungan dalam aktivitas sehari-hari tentunya sangat penting untuk sejumlah alasan yang berdampak langsung pada kehidupan kita, kesejahteraan global, dan kelangsungan bumi ini. 

Eigerian harus tahu nih, temuan sejumlah kementerian dan lembaga tahun 2022 serta Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI) tahun 2023 menyebutkan bahwa Indonesia tengah menghadapi triple planetary crisis. Tandanya adalah kenaikan suhu tahunan berkisar di angka 0,3-1,4 derajat Celcius, keanekaragaman hayati hilang kira-kira 17% atau setara 15.336 spesies, hingga dalam perkara negara paling berkontribusi terhadap polusi udara global, Indonesia termasuk golongan 6 besar. Fakta yang cukup mengejutkan, bukan?

Untuk itu, ayo segera ambil peran untuk turut serta dalam menjaga kelangsungan bumi melalui gerakan ramah lingkungan dalam aktivitas sehari-hari. Supaya lebih mudah untuk memulainya, yuk cari tahu apa saja manfaat dari gerakan ramah lingkungan dan contoh penerapannya!

Manfaat Penerapan Gerakan Ramah Lingkungan

gerakan ramah lingkungan
Sumber: Eiger Adventure

Menerapkan gerakan ramah lingkungan memiliki banyak sekali manfaat yang signifikan, baik bagi individu, komunitas, maupun bumi secara keseluruhan. Berikut ini ada beberapa manfaat utama dari penerapan gerakan ramah lingkungan:

  • Melestarikan Sumber Daya Alam
  • Mengurangi Polusi
  • Mengatasi Perubahan Iklim
  • Meningkatkan Kesehatan Manusia
  • Menghemat Uang
  • Menciptakan Lingkungan yang Lebih Baik
  • Meningkatkan Kesadaran dan Tanggung Jawab Sosial
  • Memberikan Teladan untuk Generasi Mendatang
  • Menjaga Keanekaragaman Hayati
  • Meningkatkan Kualitas Hidup

Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan, tentunya penerapan gerakan ramah lingkungan menjadi langkah yang sangat penting dan bijak untuk menjaga kesejahteraan diri kita sendiri, masyarakat, dan planet kita. Ini akan menjadi investasi untuk masa depan yang lebih sehat, berkelanjutan, dan sejahtera.

Baca juga: Keanekaragaman Hayati: Tingkatan, Contoh, dan Manfaatnya

Contoh Penerapan Gerakan Ramah Lingkungan

gerakan ramah lingkungan
Sumber: Eiger Adventure

Menerapkan gerakan ramah lingkungan dalam aktivitas sehari-hari bisa dilakukan dengan berbagai cara yang sederhana namun berdampak besar. Berikut ini adalah beberapa contoh penerapan gerakan ramah lingkungan yang bisa Eigerian lakukan:

1. Mengurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai

Untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, Eigerian bisa menggunakan tas belanja kain atau tas yang dapat digunakan kembali. Selain itu, Eigerian juga perlu membawa botol minum sendiri untuk mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai. Penggunaan wadah makanan yang dapat digunakan kembali sebagai pengganti plastik juga perlu dilakukan.

2. Menghemat Energi di Rumah

Mulai sekarang, coba ganti lampu pijar dengan lampu LED yang lebih hemat energi dan memiliki umur lebih panjang. Kemudian, pilih peralatan rumah tangga yang memiliki label hemat energi. Dan jangan lupa matikan lampu, komputer, serta perangkat elektronik lainnya saat tidak digunakan. Pastikan untuk selalu mencabut colokan dari sumber listrik untuk menghindari konsumsi daya yang tidak perlu.

3. Memilah Sampah dan Melakukan Daur Ulang

Untuk memilah sampah, Eigerian perlu memisahkan sampah rumah tangga menjadi sampah organik, plastik, kertas, dan logam untuk memudahkan proses daur ulang. Lalu, buat kompos dari sisa makanan dan sampah organik untuk mengurangi volume sampah dan menghasilkan pupuk alami. Gunakan juga produk yang terbuat dari bahan daur ulang, ya!

4. Menghemat Air

Untuk menghemat air, Eigerian perlu mengurangi waktu mandi. Selain itu, pPstikan keran air tidak bocor dan gunakan aerator untuk mengurangi aliran air. Di sisi lain, Eigerian juga bisa menggunakan air bekas cucian sayur atau buah untuk menyiram tanaman.

5. Makanan Ramah Lingkungan: Kurangi Konsumsi Daging

Konsumsilah makanan lokal dan musiman untuk mengurangi jejak karbon dari transportasi makanan. Kemudian, kurangi konsumsi daging dan produk hewani, karena produksi daging ini memiliki dampak lingkungan yang besar. Selain itu, Eigerian bisa memilih produk pertanian organik yang tidak menggunakan pestisida kimia berbahaya.

6. Transportasi Ramah Lingkungan

Gunakan transportasi umum seperti bus, kereta, atau lainnya untuk mengurangi jejak karbon. Untuk jarak pendek, bersepeda atau berjalan kaki juga bisa jadi pilihan yang tepat karena ini tidak menghasilkan polusi dan baik untuk kesehatan. Jika menggunakan mobil pribadi, pertimbangkan untuk memilih kendaraan yang hemat bahan bakar atau mobil listrik.

7. Menanam Pohon

Menanam pohon juga menjadi salah satu gerakan ramah lingkungan yang sangat efektif dan memiliki berbagai manfaat bagi ekosistem dan kehidupan manusia. Pohon menyerap CO2 selama fotosintesis dan menyimpannya dalam bentuk biomassa, di mana hal ini akan membantu mengurangi jumlah gas rumah kaca di atmosfer, yang berkontribusi terhadap perubahan iklim.

Selain itu, pohon juga berperan sebagai penyaring udara alami, menyediakan habitat bagi satwa liar, mengurangi erosi tanah, meningkatkan kualitas air, dan lain sebagainya. Nah, Eigerian bisa memilih lokasi yang tepat untuk penanaman pohon, baik di perkotaan maupun di pedesaan. Jangan lupa pilih jenis pohon yang sesuai dengan kondisi lingkungan setempat, ya!

Baca juga: Mengenal Hutan Konservasi di Indonesia, Jenis, Tujuan, dan Contohnya

Dengan melakukan langkah-langkah sederhana ini, tentunya kita dapat secara signifikan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan membantu melestarikan planet kita untuk generasi mendatang. Selalu ingat bahwa tindakan kecil yang kita lakukan sehari-hari dapat membawa perubahan besar jika dilakukan secara kolektif.

Yuk, temukan dan pilih produk-produk ramah lingkungan yang berkualitas dari EIGER untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Semua produk tersedia di website resmi EIGER Adventure atau di EIGER Adventure Store (EAS) terdekat. Agar lebih praktis dan mudah, belanja lewat mobile apps EIGER Adventure saja! Eigerian bisa mengunduh aplikasinya secara gratis di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya tersedia lengkap, ada banyak promo menarik, dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia. Cek sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru