HomeTips & TrickMountaineering12 Gunung Terindah di Indonesia yang Wajib Didaki Seumur Hidup

12 Gunung Terindah di Indonesia yang Wajib Didaki Seumur Hidup

Hobi mendaki gunung, sudahkah Eigerian mengetahui deretan gunung terindah di Indonesia dengan pemandangan yang menakjubkan? Pendakian gunung memang merupakan hobi yang menyenangkan dan menantang yang memungkinkanmu menikmati keindahan alam, meningkatkan kebugaran fisik, serta mengembangkan keterampilan navigasi dan bertahan hidup.

Nah, Indonesia memiliki banyak gunung yang menawarkan pemandangan spektakuler dan petualangan yang menantang. Masing-masing gunung tentunya memiliki perbedaan, mulai dari ketinggian, tingkat kesulitan pendakian, dan keanekaragaman lainnya. Daripada semakin penasaran, yuk cari tahu apa saja gunung terindah di Indonesia yang wajib Eigerian daki minimal sekali seumur hidup!

Daftar Gunung Terindah di Indonesia

Indonesia memang memiliki deretan gunung dengan pemandangan yang memukau, menawarkan berbagai pengalaman mendaki yang tak terlupakan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat

gunung terindah di indonesia
Sumber: Eiger Adventure

Gunung Rinjani adalah salah satu gunung tercantik di Indonesia yang terletak di Nusa Tenggara Barat, tepatnya ada di pulau Lombok. Gunung ini terdaftar di bagian Lombok Timur, Lombok Barat dan Lombok Tengah dengan ketinggian sekitar 3.726 mdpl.

Gunung ini memiliki jalur pendakian yang tergolong ringan hingga berat dan menjadi salah satu incaran wisatawan asing karena masuk dalam salah satu tempat wisata di Lombok yang wajib dikunjungi. Gunung ini termasuk dalam kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Rinjani yang diabadikan sebagai gunung api tertinggi kedua di Indonesia. Sambil mendaki, Eigerian bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah termasuk hutan dan kawasan bebatuan. Untuk mencapai puncaknya, Eigerian membutuhkan waktu pendakian sekitar 10 hingga 12 jam. Yuk, segera agendakan rencana pendakian dan nikmati keindahan matahari terbit dari puncak Rinjani!

2. Gunung Jayawijaya / Carstenz di Papua

gunung terindah di indonesia
Sumber: gotravelad.blogspot.com

Gunung Jayawijaya juga termasuk dalam daftar gunung terindah di Indonesia. Gunung Jayawijaya atau Carstenz ini terletak di Dugunduguo, Papua Barat dan memiliki ukuran yang sangat luas di mana bagian puncak tertinggi ada di Papua Barat. Menjadi salah satu keajaiban bagi para pendaki karena termasuk satu-satunya gunung yang ada di kawasan tropis tapi memiliki salju, gunung ini memang sangat menarik untuk didaki. Bahkan, ada fenomena es yang bisa terjadi sepanjang waktu hingga membuat gunung ini memiliki sungai es yang sangat indah, lho.

Eigerian harus tahu nih kalau puncak Jayawijaya termasuk puncak tertinggi di kawasan Oceania. Pegunungan ini terdiri dari beberapa puncak seperti puncak Jaya (Gletser Carstenz dengan ketinggian sekitar 5030 mdpl), puncak Yamin (4535 mdpl), puncak Idenberg (4673 mdpl), puncak Mandala (4760 mdpl), serta puncak Trikora (4751 mdpl). Meskipun puncak Jayawijaya menjadi salah satu gunung yang sangat diminati bagi pendaki, namun Eigerian harus memiliki persiapan yang cukup baik dari mulai dana hingga kemampuan pendakian. 

3. Gunung Semeru di Probolinggo, Jawa Timur

gunung terindah di indonesia
Sumber: Eiger Adventure

Gunung Semeru juga menjadi salah satu gunung terindah di Indonesia yang wajib Eigerian daki. Gunung ini menjadi salah satu daya tarik wisata di Jawa Timur dan menjadi gunung tertinggi di kawasan Pulau Jawa, dengan ketinggian sekitar 3.676 mdpl dan mempunyai puncak yang dinamakan puncak Mahameru. Gunung Semeru ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan masuk dalam Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang.

Sebagai pendaki, Eigerian harus mencapai desa Ranupane untuk memberikan data dan laporan jika ingin mendaki Gunung Semeru ini. Desa Ranupane ini memiliki suasana yang sangat tenang dan nyaman. Jika Eigerian sudah siap maka bisa memilih salah satu dari dua jalur pendakian yang umum digunakan, yaitu Ranu Pane – Watu Rejeng – Ranu Kumbolo – Oro Oro Ombo – Cemoro Kandang – Pos Kalimati – Arcopodo – Puncak Mahameru. Jalur ini paling sering digunakan oleh pendaki karena dianggap yang paling aman. Begitu berhasil mencapai puncak, Eigerian bisa menemukan pemandangan indah semburan batu vulkanik dan asap pekat dari kawah Jonggring Saloko. Tapi tempat ini sering ditutup untuk pendaki karena terkadang kondisi gempa serta semburan batu vulkanik yang berbahaya.

4. Gunung Bromo di Jawa Timur

gunung terindah di indonesia
Sumber: Freepik

Gunung Bromo yang terletak di sekitar Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Malang menjadi salah satu gunung berapi yang tidak pernah sepi pengunjung. Gunung ini memiliki puncak Pananjakan dengan ketinggian sekitar 2.780 mdpl. 

Ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di kawasan ini. Eigerian bisa menjelajahi lautan pasir dengan kendaraan off road, berkuda atau berjalan kaki. Dari lautan pasir ini Eigerian bisa mendaki ke Gunung Bromo diawali dengan jalan kaki atau naik kuda. Menariknya, sudah ada jalur khusus untuk melihat kawah di Gunung Bromo yang indah, lho!

Untuk mendaki tempat ini, Eigerian disarankan untuk memulainya dari jam 3 atau 4 dini hari untuk berburu matahari terbit paling indah. Ketika bisa mencapai Pananjakan maka Eigerian bisa berfoto dengan latar belakang lautan pasir yang berisi kabut dan pemandangan Gunung Bromo dan Gunung Semeru. Sangat memukau!

5. Gunung Kerinci di Provinsi Jambi

gunung terindah di indonesia
Sumber: jelajahwisatabagus.blogspot.com

Gunung yang terletak di Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi dengan ketinggian sekitar 3.805 mdpl ini sangat terkenal dan sering menjadi objek pendakian bagi para pecinta gunung. Menariknya, Gunung Pemerintah ini telah menetapkan bahwa Gunung Kerinci masuk ke dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat. 

Nah, bagi Eigerian yang ingin mendaki Gunung Kerinci maka bisa menggunakan jalur pendakian dari Kersik Tuo (Kayu Aro). Ini adalah jalur yang sangat umum baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Begitu sampai di puncak maka Eigerian bisa menikmati kawah yang sangat indah dan menakjubkan.

6. Gunung Merbabu di Jawa Tengah

gunung terindah di indonesia
Sumber: Pixabay

Gunung Merbabu merupakan salah satu gunung di Jawa Tengah dengan ketinggian sekitar 3142 mdpl. Sebenarnya gunung ini termasuk gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi dan meninggalkan lima buah kawah yang sangat indah, yaitu Condrodimuko, Kendang, Kombang, Rebab dan Sambernyowo. Gunung Merbabu terdiri dari dua jenis puncak yaitu puncak Syarif dengan ketinggian (3119 mdpl) dan Kentang Songo (3142 mdpl). Ada beberapa jalur yang bisa dilewati untuk mencapai puncak Merbabu, yaitu mulai dari kawasan Cunthel, Wekas, Selo, dan Thekelan. Kawasan Selo yang ada di kawasan Boyolali menjadi jalur awal pendakian yang sangat terkenal, jadi Eigerian juga bisa mencobanya.

Gunung Merbabu ini terlihat sangat indah karena bersatu dengan deretan pegunungan lain yaitu Gunung Merapi, Gunung Ungaran, dan Gunung Telomoyo.

7. Gunung Merapi di Jawa Tengah

gunung terindah di indonesia
Sumber: Freepik

Gunung Merapi termasuk salah satu gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini, dengan puncak ketinggian sekitar 2930 mdpl. Gunung ini terletak berbatasan dengan kawasan Kabupaten Sleman (Yogyakarta),  Kabupaten Magelang pada batas barat, Kabupaten Klaten pada bagian Tenggara dan Kabupaten Boyolali pada batar Timur dan Utara.

Untuk jalur pendakian, bisa menggunakan Jalur Selo dengan ketinggian sekitar 1600 mdpl. Ini menjadi jalur yang sangat umum untuk para pendaki. Begitu sampai di Puncak Garuda, pemandangan yang indah bisa membuat pendaki merasa sangat puas. Beberapa deretan gunung di Jawa Tengah seperti Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Dieng, hingga Gunung Slamet bisa Eigerian saksikan. Sementara itu, di sisi Utara juga ada Gunung Merbabu dan di sisi timur ada Gunung Merbabu.

8. Gunung Tambora di Sumbawa

gunung terindah di indonesia
Sumber: Pixabay

Gunung Tambora berbatasan secara langsung dengan beberapa kawasan seperti Kabupaten Dompu (sisi selatan), kabupaten Bima (barat laut), dan Nusa Tenggara Barat. Gunung Tambora ini terletak di ketinggian 4.301 mdpl. 

Merupakan salah satu gunung yang meninggalkan jejak bersejarah untuk Indonesia, gunung yang terletak di Pulau Sumbawa ini pernah mengeluarkan letusan besar dan dahsyat pada tahun 1815 silam. Efek letusan gunung ini bahkan tidak hanya terjadi untuk Indonesia terutama masyarakat yang ada di sekitar gunung Tambora, tapi jika sampai ke Amerika dan Eropa terutama perubahan cuaca. Kemudian, hasil dari letusan gunung Tambora adalah sebuah kawah kering yang terletak di ketinggian sekitar 2850 mdpl.

Untuk jalur pendakian bisa dimulai dari desa Pancasila menuju desa Tambora. Ada lima pos yang akan Eigerian lewati saat mendaki gunung ini. Untuk menuju puncak Tambora butuh waktu sekitar 2 jam dari pos terakhir, dengan medan pendakian berisi batu dan pasir. Bagian puncak Tambora ini ditandai dengan dengan tiang bendera, sedangkan pemandangan pada kawasan ini adalah bunga edelweis yang sangat cantik dan indah.

9. Gunung Lawu di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

gunung terindah di indonesia
Sumber: sengpaku.blogspot.com

Gunung Lawu adalah kawasan pegunungan indah yang membatasi antara Jawa Tengah dan Jawa Timur, terletak di ketinggian 3265 mdpl. Sudah dinyatakan sebagai gunung berapi yang sudah tidak aktif dan terakhir meletus pada tahun 1885, kawasan gunung ini terdiri dari lereng-lereng yang masih mengeluarkan belerang. Kawasan Lawu terdiri dari kawasan hutan tropis serta sumber mata air yang sangat menguntungkan. 

Gunung Lawu menjadi salah satu gunung yang banyak menjadi tujuan para pendaki dari berbagai daerah di Indonesia karena keindahannya. Gunung Lawu terdiri dari beberapa jenis puncak yang dinamakan Hargo Dalem, Hargo Dumiling, serta Hargo Dumilah. Lalu, ada tiga tempat yang menjadi titik awal pendakian yaitu Cemoro Kandung, Cemoro Sewu dan jalur dari Candi Cetho. Yuk, tentukan pilihan sekarang!

10. Gunung Ijen di Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur

gunung terindah di indonesia
Sumber: Freepik

Kalau Eigerian ingin mendapatkan pengalaman sebuah kawah yang indah, coba deh mendaki Gunung Ijen! Gunung Ijen ini termasuk gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini, dengan ketinggian 2.443 mdpl dan tepatnya terletak antara Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi. Saat berhasil mencapai puncak Gunung Ijen maka Eigerian bisa menikmati pemandangan Blue Fire, yaitu api biru yang muncul pada kawah. Fenomena Blue Fire ini bisa dilihat sebelum matahari terbit sehingga pendakian harus dimulai sejak pagi.

Pemandangan Blue Fire yang sangat indah tentunya menjadi tujuan utama semua pendaki dari dalam dan luar negeri. Selain itu, setelah menikmati pemandangan matahari terbit Eigerian juga bisa sekaligus menikmati penampakan Gunung Merapi dari puncak Ijen dan kota Banyuwangi yang sangat indah.

11. Gunung Papandayan di Garut, Jawa Barat

gunung terindah di indonesia
Sumber: beldexintravel.blogspot.com

Gunung Papandayan juga menjadi salah satu gunung terindah di Indonesia yang tepatnya berada di kawasan Kecamatan Cisurupan,  Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung Papandayan ini sering menjadi objek pendakian bagi pendaki dalam maupun luar kota. 

Pendakian gunung ini akan membuat para pendaki menghadapi kondisi jalan landai, terjal hingga sangat curam. Tapi tak perlu ragu, karena pegunungan dan tebing curam menjadi ciri khas Gunung Papandayan ini. Semua jalan sulit menuju puncak Gunung Papandayan akan terbayarkan setelah Eigerian melihat Kawah Mas, Kawah Nangklak, Kawang Baru, dan Kawan Manuk. Selain itu, pesona hamparan ladang bunga Edelweis dan hutan mati juga akan membuat Eigerian merasa sangat takjub!

12. Gunung Prau

gunung terindah di indonesia
Sumber: gemza.my.id

Gunung Prau yang terletak di Wonosobo, Jawa Tengah ini memiliki ketinggian sekitar 2.565 mdpl dan berada di tanah tertinggi pada kawasan Dataran Tinggi Dieng. Meskipun berada pada tanah tertinggi, tapi ternyata gunung ini termasuk memiliki puncak yang rendah, lho. Bagi Eigerian yang baru pertama kali mendaki gunung maka akan terasa mudah untuk meraih puncaknya.

Puncak Gunung Prau ini bisa menjadi spot terbaik untuk melihat pemandangan matahari terbit. Tidak hanya itu saja, Eigerian juga dapat melihat Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing ketika telah sampai puncak. Jangan lupa mengabadikan foto yang cantik dengan pemandangan yang sangat indah di puncak Gunung Prau, ya!

Baca juga: 5 Kaldera Terindah di Indonesia, Apa Saja?

Tips Mencapai Puncak Gunung Terindah di Indonesia

gunung terindah di indonesia
Sumber: Eiger Adventure

Mencapai puncak gunung terindah tentunya memerlukan persiapan yang matang dan pemahaman tentang rute pendakian. Nah, ada panduan untuk mencapai beberapa puncak gunung yang terkenal akan keindahannya di berbagai penjuru di Indonesia, nih. Simak, yuk!

1. Persiapan Sebelum Mendaki

Sebagai persiapan awal, Eigerian perlu melakukan latihan fisik seperti olahraga kardio, melatih kekuatan otot, hingga latihan pendakian di bukit atau gunung dengan ketinggian rendah. Setelah itu, Eigerian perlu mempersiapkan peralatan dan pakaian yang berkualitas. Kemudian, logistik berupa makanan, minuman, dan obat-obatan juga harus dipersiapkan sebaik mungkin.

Jangan lupa pastikan untuk mendapatkan izin pendakian jika diperlukan dan cek informasi cuaca. Periksalah prakiraan cuaca sebelum mendaki dan siapkan rencana cadangan jika cuaca buruk.

2. Selama Pendakian

Selama pendakian, sebaiknya Eigerian mengatur kecepatan dengan baik. Jangan terlalu cepat, tapi mulailah dengan ritme yang nyaman dan pertahankan kecepatan yang konstan. Kemudian, Eigerian juga harus beristirahat secara berkala, tetapi jangan terlalu lama agar otot tidak kaku. Lalu jika mendaki gunung tinggi, pastikan untuk mengaklimatisasi tubuh dengan baik untuk mencegah penyakit ketinggian.

3. Navigasi dan Keamanan

Eigerian bisa mengikuti jalur yang sudah ditandai dan jangan mengambil jalan pintas. Selain itu, silakan pertimbangkan untuk mendaki dengan kelompok atau pemandu. Jangan mendaki sendirian, apalagi jika Eigerian adalah pendaki pemula. Lalu, bawa alat komunikasi seperti ponsel atau radio dan pastikan ada sinyal atau cara untuk meminta bantuan jika diperlukan.

Baca juga: Kenapa Kamu Harus Mencoba Mendaki Gunung, Setidaknya Sekali Seumur Hidup? 

Dengan persiapan yang baik dan mengikuti tips di atas, Eigerian dapat menikmati pendakian gunung terindah di Indonesia dengan aman dan memuaskan. Selalu ingat untuk menjaga keselamatan, menghormati alam, dan mengikuti aturan yang berlaku di setiap gunung yang Eigerian daki, ya!

Nah, Eigerian bisa memilih perlengkapan mountaineering lengkap dan berkualitas di website EIGER Adventure. Mulai dari tas carrier, sepatu gunung, trekking pole, tenda, sleeping bag, baju dan celana gunung, botol minum, dan masih banyak lagi lainnya, semuanya bisa Eigerian pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Eigerian juga bisa langsung mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu, atau bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure. Silakan unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS, lalu pilih produk yang tersedia lengkap. Ada banyak promo menarik, dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia yang sayang sekali jika dilewatkan. Cek sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru