HomeTips & TrickMountaineeringKenapa Kamu Harus Mencoba Mendaki Gunung, Setidaknya Sekali Seumur Hidup?

Kenapa Kamu Harus Mencoba Mendaki Gunung, Setidaknya Sekali Seumur Hidup?


Mendaki gunung, kegiatan yang telah memperoleh popularitas tersendiri di kalangan anak muda masa kini semakin digandrungi tak hanya sebatas penyalur hobi, tetapi juga untuk mencari eksistensi sekaligus jati diri. Yuk mencoba mendaki gunung, cek tipsnya disini!

Namun, pernahkah kamu berpikir, kenapa banyak orang yang ingin mencoba bahkan menyukai kegiatan mendaki gunung, padahal di luar sana banyak sekali kegiatan lain yang lebih aman dilakukan dan pastinya lebih ekonomis.

Mungkin sebagian dari kita menyangka bahwa mendaki gunung itu hanya buang-buang waktu dan tenaga. Dari kegiatannya yang sangat melelahkan, membawa banyak barang dan berat, harus melewati medan terjal dan ekstrem, menghadapi cuaca yang berubah-ubah, serta harus turun kembali dengan rasa lelah yang berlipat ganda.

Ya, memang tidak salah jika kita beranggapan kalau mendaki gunung itu melelahkan. Tetapi, terlepas dari itu semua, ada hal lain yang bisa membayar lunas rasa lelah tersebut. Yakni ketika kita bisa melihat dan merasakan langsung betapa luas dan indahnya alam yang akan mengingatkan kita tentang kehidupan dan kebesaran Tuhan.

Lalu, apakah mendaki gunung bisa memberikan pengalaman yang sama sekali berbeda dengan perjalanan biasa? Eigerian yang hobi mendaki gunung pasti tahu jawabannya. Mulai dari tantangan selama perjalanan, tujuan menuju puncak, kekompakan bersama tim, dan masih banyak lainnya.

Nah, pengalaman-pengalaman tak terlupakan itulah yang bikin banyak orang ketagihan mendaki gunung. Ayo, cari tahu alasan lainnya mengapa kamu harus mencoba mendaki gunung setidaknya sekali seumur hidup?

Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Mencoba Mendaki Gunung

Mencoba Mendaki Gunung

1. Mengenal diri sendiri

Mendaki gunung menjadi salah satu cara terbaik untuk mengenal diri sendiri. Saat melakukan pendakian, Eigerian akan menyadari apa saja kelemahan yang kamu miliki dan bagaimana cara menghadapinya.

Mendaki gunung juga akan mengajarkan banyak hal, bahkan menguak potensi diri yang selama ini terpendam, seperti life survival, membaca arah, dan lainnya.

2. Menambah pengalaman

Pengalaman yang berharga takkan pernah bisa ditukar dengan apa pun, bahkan dengan uang sekali pun. Itulah yang akan Eigerian rasakan saat mendaki gunung. 

Cerita-cerita seru, sedih, darurat, dan lucu selama mendaki pasti akan terus tersimpan dalam memori. Cerita ini bisa kamu bagikan kepada teman-teman atau keluargamu kelak.

3. Menambah teman

Mendaki gunung juga bagus untuk melatih jiwa sosialmu. Selama pendakian, Eigerian harus bekerja sama dengan teman sesama pendaki agar bisa sampai puncak dan kembali dengan selamat.

Di sini, ego pribadi dikesampingkan dan jiwa sosial diasah. Kamu pasti akan bertemu banyak teman baru, saling tolong-menolong, dan kompak melakukan pendakian agar tujuan pendakian tercapai bersama-sama.

4. Belajar bertahan

Mendaki gunung memang bukan kegiatan mudah. Eigerian perlu menyiapkan fisik dan mental sebaik mungkin agar bisa sampai ke puncak. Medan yang terjal dan penuh risiko dapat mengajarkan kamu bertahan di segala aspek kehidupan. Bertahan sampai apa yang dicita-citakan tercapai, seberat apa pun rintangan yang dihadapi.

5. Membahagiakan diri

Penelitian menunjukkan bahwa mendaki gunung dapat menjadi terapi tambahan dan membantu orang yang sedang depresi berat yang disertai dengan rasa putus asa. Bagi mereka yang tidak menderita depresi, mendaki gunung pun bisa membantu memperbaiki kondisi mental.

6. Belajar bersyukur

Menyaksikan keindahan alam yang terbentang luas di puncak gunung bisa menambah rasa syukur kita atas segala sesuatu ciptaan Tuhan.

Kita juga bisa belajar menghargai alam dan menjadi paham betul betapa pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan. Karena, salah satu bentuk rasa syukur kita atas pemberian Tuhan adalah dengan merawat apa yang ada di bumi ini.

Agar Tak Cepat Lelah Saat Mendaki Gunung, Ikuti Tips Berikut!

Mencoba Mendaki Gunung

Mendaki gunung merupakan salah satu jenis olahraga yang tentu membutuhkan tenaga yang ekstra. Jadi, wajar saja jika seorang pendaki pernah merasakan lelah saat di perjalanan mencapai puncak gunung.

Sebetulnya, banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menyiasati rasa lelah tersebut, beberapa di antaranya adalah:

1. Lakukan pemanasan sebelum pendakian

Otot kaki yang tidak terbiasa menerima beban berat saat menghadapi medan di gunung akan terasa cepat keram dan pegal. Oleh karena itu, sebaiknya latih otot dengan pemanasan dan tentunya dengan berolahraga rutin, jauh hari sebelum melakukan pendakian.

2. Membawa bekal makanan dan minuman

Dengan kondisi tubuh yang lelah dan suhu pegunungan yang cukup dingin, biasanya akan mempercepat rasa lapar. Bawalah makanan yang tepat dan cukup efektif untuk mengganjal perut serta mengembalikan tenaga.

3. Mengatur ritme jalan

Melangkahlah dengan langkah kecil saja. Ritme jalan yang stabil membuat perjalanan tidak terasa melelahkan, karena dapat membantu tubuh dan otot-otot untuk melakukan penyesuaian.

4. Istirahat sejenak

Ketika sudah merasakan lelah, carilah tempat yang datar untuk beristirahat. Duduk dan selonjorkan kaki, serta aturlah napas. Namun, jangan beristirahat terlalu lama atau bahkan sampai tertidur, karena justru akan membuat suhu tubuh jadi menurun dan dapat menyebabkan hipotermia.

Baca Juga: Ketahui Bahaya Paradoxical Undressing, Hipotermia Berujung Maut

Setelah baca alasan di atas, apakah Eigerian semakin mantap buat coba mendaki gunung? Tetapi, tentunya dengan persiapan fisik dan perlengkapan untuk mendaki, ya Eigerian. Ayo, lengkapi kebutuhan peralatan dan perlengkapan mendaki kamu, mulai dari carrier, trekking pole, tenda, dan apparel hanya di eigeradventure.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru