HomeTips & TrickTraveling15 Rekomendasi Kota WIsata di Indonesia, Cermati juga Tipsnya!

15 Rekomendasi Kota WIsata di Indonesia, Cermati juga Tipsnya!

Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan waktu berkualitas, baik sendirian atau bersama orang terdekat. Tentu tak sedikit di antara kamu yang membaca artikel ini yang gemar mencari kota wisata dan rekomendasi kegiatan yang bisa dilakukan di sana.

Inovasi yang diberikan pada setiap konsep pengembangan kota wisata memiliki keunikannya masing-masing, ini kenapa, selalu sepadan untuk mencoba kota-kota dan merasakan pengalaman baru yang belum pernah dirasakan sebelumnya.

Artikel ini juga nantinya akan membahas beberapa tips berguna untuk kamu yang baru pertama kali menjelajah kota yang ada di Indonesia, sehingga pengalaman yang kamu dapatkan akan semakin maksimal.

Jadi tanpa berpanjang lebar lagi mari simak rekomendasi dan tipsnya di bawah ini.

Baca Juga: 9 Tips Liburan Hemat dan Mengesankan, Tentukan Destinasimu!

15 Rekomendasi Kota Wisata di Indonesia

Kota wisata
Sumber: EIGER Adventure

Kelimabelas rekomendasi ini tidak diurutkan berdasarkan popularitas, atau keseruan, atau tingkatan lainnya. Masing-masing menawarkan pengalaman serunya sendiri, sehingga kamu bisa secara acak berkunjung ke kota-kota di daftar singkat ini.

1. Yogyakarta

Akan selalu masuk dalam setiap artikel rekomendasi wisata, nyatanya pesona dan daya tarik Yogyakarta memang sedemikian besar. Romantisme yang diberikan ada di titik yang tepat, sehingga bisa dirasakan siapa saja yang berkunjung ke sana. Opsi wisatanya lengkap, mulai dari wisata budaya di wilayah Keraton, wisata kuliner gudeg yang khas, atau wisata belanja di Jalan Malioboro. Penduduknya ramah dan mudah diakses dari mana saja, Yogyakarta selalu istimewa.

2. Manado

Kota Manado dikenal karena banyak situs diving cantik, salah satunya adalah Bunaken. Tradisi dan budaya lokal yang masih kental sangat terasa jika kamu berkunjung ke sini. Opsi wisata yang bisa dijelajahi mulai dari bangunan tua sisa era penjajahan, pantai cantik, Danau Tondano, dan pasar eksotis yang dijamin membuatmu berdecak kagum. Jika tidak siap, jangan coba-coba kesana ya! Untuk ke Manado kamu bisa menggunakan pesawat atau kapal laut.

3. Solo

Berada di area Jawa Tengah, Kota Solo juga menawarkan pengalaman wisata yang tidak kalah dibandingkan ‘saudara’-nya, Yogyakarta. Kamu bisa berkunjung ke Keraton Surakarta dan merasakan nuansa otentik Kerajaan Mangkunegaran. Selain itu kamu bisa melihat langsung proses pembuatan batik, kuliner yang lezat, dan cara bicara masyarakat lokal yang santun. Untuk ke solo kamu bisa menggunakan perjalanan darat atau udara, karena aksesnya juga sangat mudah.

4. Batam

Ukurannya tidak besar, tapi sangat strategis berada di dekat Singapura dan Malaysia. Batam terkenal sebagai kawasan industri tapi juga surga wisata belanja. Beberapa objek wisata alam juga tersedia sehingga kamu bisa bersantai sambil menikmati suasananya. Beberapa objek ikonik yang bisa dikunjungi adalah Jembatan Barelang, kemudian area pengungsian warga Ex-Camp Vietnam, dan Bukit Clara Batam Center. Aksesnya bisa dijangkau lewat perjalanan udara dan laut.

5. Makassar

Dahulu dikenal dengan nama Ujung Pandang, adalah sebuah kota wisata yang ada di Sulawesi. Spektrum wisata yang ditawarkan sangat luas, mulai dari wisata alam seperti Pulau Gusung, kemudian wisata kuliner khas, hingga budaya dan tradisi lokal yang masih dipraktekkan di beberapa lokasi. Untuk bisa ke Makassar, kamu bisa menggunakan transportasi laut atau udara. Tak perlu cemas, urusan akomodasi yang terjangkau hingga yang sangat nyaman tersedia di sini.

6. Lombok

Berada di area Nusa Tenggara Barat, kamu bisa menikmati panorama laut dan pantai yang luar biasa. Wisata alam seperti Sendang Gile Waterfall bisa jadi tujuan utama, lengkap dengan berbagai kegiatan lain yang tersedia di sana. Jika ingin menikmati suasana pantai, Gili Kondo akan sangat menarik. Kamu bisa berkunjung ke Lombok via transportasi udara atau laut yang berangkat dari Pulau Bali, dengan waktu perjalanan sekitar 6 hingga 7 jam.

7. Ende

Letaknya sendiri ada Nusa Tenggara Timur. Di Ende, kamu bisa menemukan wisata alam yang sangat mengesankan, Danau Kelimutu yang ada di area Gunung Kelimutu. Kamu juga bisa menjelajah di Taman Nasional Kelimutu, sehingga dijamin pengalaman yang didapatkan benar-benar maksimal. Untuk sampai ke Ende sendiri kamu bisa menggunakan transportasi laut yang tersedia di sana. Jangan cemas soal akomodasi, range harga yang ditawarkan pada tempat menginap di sana cukup luas.

8. Jakarta

Jangan salah, Jakarta juga bisa masuk ke dalam golongan kota wisata yang seru jika kamu berkunjung ke sana. Banyak objek wisata yang tersedia, dan cukup bervariasi. Mulai dari taman hiburan modern, wisata museum dan bangunan tua, hingga pengalaman wisata malam di kota metropolitan ini. Meski memang sudah tidak lagi menyandang gelar ibu kota, tapi Jakarta selalu  menjadi kota khusus yang bernilai bagi banyak orang. Tentu aksesnya sangat mudah, kamu bisa menggunakan ragam moda transportasi, dan tersedia berbagai pilihan akomodasi sesuai dengan budget yang kamu punya.

9. Bandung

Kota wisata berikutnya adalah Bandung, atau dikenal juga dengan sebutan Paris van Java. Memiliki udara yang cenderung sejuk karena banyak dataran tinggi di area ini, deretan tempat wisata yang ada di sana akan menawarkan pengalaman yang berbeda. Mulai dari Kawah Putih, kemudian Puncak Ciumbuleuit, Lembang Park & Zoo, Dago Cihampelas, dan masih banyak lagi. Bandung menyediakan apa yang kamu cari, selama kamu tahu di mana mencarinya.

Baca Juga: 6 Tempat One Day Hiking di Bandung untuk Agenda Akhir Pekan

10. Padang

Dikenal luas punya makanan khas yang sangat otentik, Padang juga menawarkan banyak wisata yang bisa dikunjungi sehingga pantas menyandang predikat kota wisata. Kamu bisa mendatangi Pantai Padang, Pantai Air Manis, Pulau Sirandah, Air Terjun Sarasan, hingga Kawasan Seribu Rumah Gadang ketika sampai di sana. Berlokasi di Sumatera, akses yang ditawarkan juga cukup mudah karena kamu bisa kesana dengan transportasi darat atau udara.

11. Balikpapan

Kota Balikpapan sendiri dikenal sebagai salah satu kota terbesar di Kalimantan, yang memiliki tingkat kebersihan dan kenyamanan yang luar biasa dalam sektor wisata. Beberapa objek yang diunggulkan di kota ini adalah Pantai Lamaru, Masid Islamic Center, Pasar Klandasan, Liang Mangkulangit, dan masih banyak lagi. Bisa dipastikan kamu akan banyak berdecak kagum ketika menyambangi kota ini. Kamu bisa dengan mudah menggunakan pesawat untuk sampai ke Balikpapan, dan mencari akomodasi yang sesuai dengan budget di sana.

12. Ubud

Well, sepertinya tidak perlu penjelasan lebih lanjut untuk menjabarkan betapa indah dan mempesonanya Ubud untuk wisatawan yang datang ke sana. Dengan nuansa pedesaan yang masih cukup kental, kamu bisa melihat pemandangan sawah yang indah, dipadukan dengan seni dan budaya Bali yang otentik. Selain menikmati wisata yang ada di sana, berbagai aktivitas seru bisa kamu coba lakukan. Misalnya saja mencoba turut dalam festival dan acara adat, kemudian olahraga yoga, dan lain sebagainya. Untuk urusan akomodasi dan transportasi, rasanya tidak perlu dicemaskan bukan?

13. Malang

Populer sebagai salah satu destinasi wisata di Jawa Timur, Malang memiliki hawa sejuk yang dipadukan sempurna dengan perkebunan apel dan pembibitan bunga anggrek. Selain pemandangan, kamu juga bisa menikmati banyak kegiatan seru di Eco Green Park, atau Batu Night Spectacular. Jika ingin lebih seru, kamu bisa cek jadwal kompetisi paralayang yang sering diadakan di sana.

14. Raja Ampat

Banyak disebut surga di Indonesia Timur, Raja Ampat benar-benar memiliki kualitas wisata alam yang luar biasa untuk dikunjungi. Sebagai seorang warga negara Indonesia, agaknya mengunjungi Raja Ampat jadi hal yang harus dilakukan setidaknya sekali seumur hidup. Semua kabar keindahan dan pengalaman berkesan bukan cuma isapan jempol belaka, meski memang effort untuk menikmatinya tidak dapat dikatakan mudah. Tapi semua dijamin sepadan dengan apa yang akan kamu dapatkan setelah berkunjung ke sana.

15. Bogor

Tidak boleh dilewatkan, kota wisata yang satu ini juga punya banyak sekali objek yang seru untuk dikunjungi. Banyak yang mengatakan bahwa Bogor merupakan tujuan wisata ‘gateway’ bagi masyarakat yang ada di daerah sekitarnya. Objeknya sendiri mulai dari Kebun Raya Bogor, Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas, Gunung Salak, Gunung Ciseeng, Taman Safari Indonesia, hingga Little Venice. Mudah diakses, memiliki banyak akomodasi terjangkau, dan nyaman, Bogor juga harus masuk dalam wishlist yang kamu buat untuk kota wisata di Indonesia.

6 Tips Berguna untuk Menjelajah Kota WIsata, Simpel!

Kota wisata
Sumber: tirachardz via freepik.com 

Setelah mendapatkan opsi yang kamu inginkan, kini saatnya kamu melihat beberapa tips berguna yang bisa membantu kamu mendapatkan pengalaman lebih baik selama berkunjung ke kota wisata di atas.

Setidaknya ada enam tips yang bisa dibagikan di artikel ini, antara lain:

  • Lakukan perencanaan matang. Pesan tiket dan akomodasi jauh-jauh hari agar mendapat harga terbaik, dan buat itinerary perjalanan supaya waktu yang kamu punya bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Jangan ragu bertanya pada warga lokal untuk hal yang tidak kamu tahu
  • Siapkan budget yang sesuai. Tidak harus terlalu banyak, budget yang kamu bawa idealnya bisa mengakomodir semua kebutuhan selama kamu liburan. Lakukan pembagian pengeluaran dengan detail agar tidak terjadi pemborosan
  • Belajar budaya dan bahasa setempat. Selain sebagai hal baru, kamu juga bisa menunjukkan rasa hormat pada budaya dan warga sekitar selama kamu berada di kota wisata tujuan. Masyarakat lokal cenderung ramah, dan mudah mengapresiasi orang-orang yang mau beradaptasi dengan kebiasaan mereka
  • Selalu utamakan kesehatan dan keselamatan. Bisa perlu bawa obat pribadi yang kamu butuhkan dan beli asuransi perjalanan. Ketika kondisi badan tidak enak, kamu bisa segera memeriksakan diri ke dokter atau fasilitas kesehatan terdekat
  • Perlengkapan yang sesuai dengan kota tujuan. Kamu bisa mencari tahu objek yang akan dikunjungi, dan bagaimana kondisi kota tujuan sehingga perlengkapan yang tepat bisa kamu bawa
  • Nikmati pengalaman baru, dan maksimalkan momennya. Bersikaplah terbuka pada pengalaman dan kesempatan baru, coba banyak hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya, dan nikmati setiap momen yang kamu jalani

Baca Juga: Opsi Menarik 7 Pantai Pasir Putih di Indonesia 

Itu tadi 15 rekomendasi kota wisata yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Dari opsi di atas, adakah yang sudah kamu kunjungi? Atau justru kota favoritmu belum masuk di daftar tersebut? Kamu bisa berbagi dengan Eigerian lain di kolom komentar.

Selain menyiapkan diri dengan pengetahuan dan persiapan untuk menikmati waktu di kota wisata, pastikan juga kamu membawa perlengkapan yang handal. Outfit dari EIGER Adventure bisa mendukungmu dalam urusan ini, sehingga kamu merasa nyaman setiap saat. Seperti misalnya Diario Termina 2.0 1A atau Voyager Backpack 25L bisa jadi opsi menarik untuk menemani perjalanan yang kamu lakukan. Untuk mendapatkan produknya, kamu bisa langsung mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu. Agar lebih praktis dan mudah, kamu juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang sudah bisa kamu unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya lebih lengkap dan dijamin ori. Dapatkan juga promo dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru