HomeTips & TrickRidingAturan Baru Larangan Berkendara Motor di Indonesia: Apa yang Perlu Kamu Ketahui?

Aturan Baru Larangan Berkendara Motor di Indonesia: Apa yang Perlu Kamu Ketahui?

Peraturan lalu lintas sangatlah penting untuk keselamatan dan ketertiban berkendara. Pasalnya, peraturan lalu lintas memang dirancang untuk mengurangi risiko kecelakaan dengan menetapkan aturan yang jelas tentang cara mengemudi yang aman. Eigerian harus tahu nih, ada sejumlah aturan baru terkait larangan berkendara motor di Indonesia yang diperkenalkan untuk meningkatkan keselamatan di jalan raya, lho.

Penerapan aturan-aturan ini bertujuan untuk meningkatkan keselamatan di jalan raya, mengurangi angka kecelakaan, hingga memastikan pengendara motor serta pengguna jalan lainnya terlindungi. Setiap pengendara diharapkan untuk selalu mematuhi peraturan ini demi keselamatan bersama. Kira-kira, seperti apa aturan baru larangan berkendara motor di Indonesia tersebut? Cari tahu, yuk!

Aturan Baru Larangan Berkendara Motor

larangan berkendara motor
Sumber: Eiger Adventure

Berikut ini adalah beberapa aturan baru terkait larangan berkendara motor di Indonesia yang perlu Eigerian ketahui:

1. Larangan Merokok Saat Berkendara

Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019, setiap pengendara motor dilarang merokok selama berkendara. Merokok dianggap bisa mengganggu konsentrasi dan meningkatkan risiko kecelakaan, sehingga pelanggaran terhadap aturan ini dapat dikenai denda.

2. Larangan Penggunaan Sandal Jepit

Kepolisian juga mengeluarkan imbauan agar pengendara motor tidak menggunakan sandal jepit saat berkendara. Sandal jepit dianggap tidak dapat memberikan perlindungan yang memadai untuk kaki pengendara dalam kasus kecelakaan. Jadi, disarankan untuk menggunakan sepatu yang dapat memberikan perlindungan lebih baik​​.

3. Pakaian dan Aksesori Keselamatan

Pengendara motor diwajibkan untuk memakai helm Standar Nasional Indonesia (SNI), jaket yang dapat memantulkan cahaya, celana panjang, sarung tangan, dan membawa jas hujan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keselamatan dan visibilitas pengendara​.

4. Larangan Menggunakan Gadget

Penggunaan ponsel atau gadget lainnya pada saat berkendara juga dilarang karena dapat mengganggu konsentrasi pengendara dan berpotensi menyebabkan kecelakaan. Pelanggaran aturan ini akan dikenai sanksi pidana kurungan atau denda​.

5. Perusahaan Aplikasi Transportasi

Perusahaan penyedia layanan transportasi berbasis aplikasi diwajibkan untuk menyediakan fasilitas seperti shelter untuk pengemudi dan fitur tombol darurat untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengemudi dan penumpang​.

Perlu dipahami bahwa penerapan aturan-aturan ini bertujuan untuk meningkatkan keselamatan di jalan raya, mengurangi angka kecelakaan, serta memastikan pengendara motor dan pengguna jalan lainnya terlindungi. Jadi, setiap pengendara diharapkan untuk selalu mematuhi peraturan ini demi keselamatan bersama.

Baca juga: Batas Kecepatan Normal Motor di Berbagai Situasi, Perhatikan! 

Dampak Aturan Baru bagi Pengendara Motor

larangan berkendara motor
Sumber: Eiger Adventure

Aturan baru larangan berkendara motor di Indonesia memang bertujuan baik untuk meningkatkan keselamatan di jalan raya. Namun ternyata, penerapannya juga menimbulkan dampak tertentu bagi pengendara motor. Berikut ini adalah beberapa dampak positif dan negatif yang mungkin timbul:

1. Dampak Positif

Dampak positif dari aturan berkendara motor tentu saja dapat meningkatkan keselamatan pengendara. Di antaranya adalah, aturan yang mewajibkan penggunaan helm standar dan sepatu dapat mengurangi risiko cedera serius dalam kecelakaan​. Lalu, larangan menggunakan gadget saat berkendara akan membantu mengurangi distraksi, sehingga pengendara dapat lebih fokus di jalan.

Selanjutnya, aturan berkendara juga dapat menurunkan angka kecelakaan. Penegakan aturan baru ini diharapkan mampu meningkatkan disiplin di jalan, yang pada gilirannya dapat menurunkan angka kecelakaan lalu lintas.

Dampak positif yang ketiga adalah meningkatkan kesadaran akan keselamatan. Aturan ini juga berfungsi sebagai alat edukasi untuk meningkatkan kesadaran para pengendara tentang pentingnya keselamatan berkendara​.

2. Dampak Negatif

Untuk dampak negatif, aturan baru larangan berkendara motor adalah ketidaknyamanan pengendara. Bagi banyak pengendara, terutama di daerah pedesaan atau untuk perjalanan singkat, aturan larangan menggunakan sandal jepit saat berkendara mungkin dianggap tidak praktis dan merepotkan​. Kemudian, menggunakan perlengkapan lengkap seperti helm, jaket, dan sepatu juga bisa jadi tidak nyaman, terutama dalam kondisi cuaca panas atau hujan.

Dampak negatif lainnya adalah adanya beban tambahan seperti biaya perlengkapan. Pengendara perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli perlengkapan keselamatan yang sesuai standar, di mana hal ini ternyata bisa menjadi beban finansial bagi beberapa orang​.

Jika aturan ini tidak disosialisasikan dengan baik, maka akan ada banyak pengendara yang mungkin tidak mengetahui atau memahami pentingnya aturan baru ini, yang bisa menyebabkan kebingungan dan resistensi​. Lalu, tantangan dalam penegakan hukum secara konsisten di seluruh wilayah Indonesia juga dapat menyebabkan ketidakadilan dan ketidakpuasan di kalangan pengendara.

3. Dampak Ekonomi

Aturan baru larangan berkendara motor bisa membuat beberapa pengendara memilih transportasi alternatif yang mungkin lebih mahal atau kurang praktis dibandingkan menggunakan motor​.

Meskipun aturan baru ini memiliki tujuan yang baik, sangat penting bagi pemerintah untuk memastikan adanya sosialisasi yang efektif dan penegakan hukum yang adil, serta mempertimbangkan umpan balik dari masyarakat untuk mengatasi dampak negatif yang mungkin timbul.

Baca juga: Tips Perawatan Berkala Sepeda Motor Agar Riding Selalu Nyaman

Selalu Gunakan Produk Riding Terbaik Agar Nyaman Selama Perjalanan!

Mematuhi aturan baru larangan berkendara sangat penting untuk keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lain. Dengan mematuhi aturan, sebagai pengendara motor Eigerian dapat meminimalisir risiko kecelakaan dan menciptakan lingkungan lalu lintas yang lebih aman dan nyaman.

Selain itu, mematuhi aturan berkendara motor juga merupakan bentuk tanggung jawab sebagai warga negara yang baik. Dengan menaati peraturan, itu artinya Eigerian turut berkontribusi dalam menciptakan ketertiban dan keamanan di jalan raya.Jangan lupa untuk selalu menggunakan produk riding terbaik dan berkualitas agar Eigerian merasa nyaman dan aman selama perjalanan. Eigerian bisa menemukan segala produk untuk menunjang riding activity di website resmi EIGER Adventure atau di EIGER Adventure Store (EAS) terdekat.

Atau bisa juga belanja lewat mobile apps EIGER Adventure supaya lebih mudah dan praktis. Langsung saja unduh aplikasinya di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya tersedia lebih lengkap, banyak promo menarik, hingga gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia. Jangan sampai kelewatan, cek sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru