HomeTips & TrickRidingTips Perawatan Berkala Sepeda Motor Agar Riding Selalu Nyaman

Tips Perawatan Berkala Sepeda Motor Agar Riding Selalu Nyaman

Berkendara sepeda motor sehari-hari, tentunya Eigerian ingin nyaman dan aman, bukan? Selain selalu memerhatikan perlengkapan berkendara, Eigerian juga harus memastikan sepeda motor dalam keadaan prima. Itu artinya, memiliki sepeda motor juga memerlukan tanggung jawab untuk menjaganya dengan baik. Ada beberapa hal yang harus dilakukan ketika Eigerian memiliki sepeda motor, salah satunya adalah perawatan berkala sepeda motor.

Pada dasarnya, Eigerian perlu melakukan perawatan berkala sepeda motor sesuai dengan rekomendasi pabrikan yang tercantum di dalam manual pemilik. Ini termasuk penggantian oli, filter, busi, serta berbagai komponen lainnya pada interval yang ditentukan.

Memangnya, kenapa perawatan berkala sepeda motor diperlukan? Salah satu alasan utamanya adalah untuk mengantisipasi berbagai masalah pada sepeda motor. Mengantisipasi masalah pada sepeda motor ini akan menjadi langkah yang penting untuk menjaga kinerja optimal dan menghindari kerusakan yang tidak diinginkan. 

Manfaat Perawatan Berkala Sepeda Motor

perawatan berkala sepeda motor
Sumber: Eiger Adventure

Perawatan sepeda motor secara berkala akan memberikan sejumlah manfaat yang signifikan, antara lain adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kinerja Mesin

Perawatan berkala sepeda motor akan membantu menjaga kinerja mesin sepeda motor tetap optimal. Penggantian oli, busi, serta filter secara teratur akan membantu menjaga mesin tetap bersih dan berfungsi dengan baik.

2. Memperpanjang Umur Mesin

Dengan melakukan perawatan yang tepat, maka Eigerian dapat memperpanjang umur mesin sepeda motor. Perawatan yang baik tentunya akan mengurangi risiko kerusakan komponen mesin dan memungkinkan mesin bekerja dengan efisien dalam jangka waktu yang lebih lama.

3. Meningkatkan Keamanan

Perawatan yang berkala juga akan berkontribusi pada keamanan pengendara. Misalnya, rem yang berfungsi dengan baik dan ban yang punya tekanan udara yang tepat dapat membantu mengurangi risiko kecelakaan.

4. Menghemat Biaya Perbaikan

Dengan mencegah kerusakan yang lebih serius melalui perawatan berkala, maka Eigerian dapat menghemat biaya perbaikan yang mahal di masa mendatang. Perbaikan yang dilakukan pada tahap awal biasanya akan lebih murah dibandingkan dengan memperbaiki kerusakan yang sudah parah.

5. Meningkatkan Efisiensi Bahan Bakar

Mesin yang terawat dengan baik juga cenderung lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Hal ini dapat menghemat biaya bahan bakar dan juga membantu mengurangi dampak lingkungan karena emisi gas buang yang lebih rendah.

6. Mengurangi Risiko Terjebak di Jalan

Dengan melakukan perawatan berkala, itu artinya Eigerian juga dapat mengurangi risiko terjebak di jalan karena masalah teknis. Mesin yang terawat dengan baik memiliki kemungkinan yang lebih rendah untuk mengalami kerusakan secara mendadak.

7. Meningkatkan Nilai Jual

Sepeda motor yang terawat dengan baik juga cenderung memiliki nilai jual yang lebih tinggi, lho. Pada umumnya, calon pembeli akan lebih tertarik pada kendaraan yang memiliki catatan perawatan yang baik.

Baca juga: Serba-Serbi Servis Rutin Motor: Waktu & 5 Bagian yang Dicek

Tips Perawatan Berkala Sepeda Motor

perawatan berkala sepeda motor
Sumber: Eiger Adventure

Sekarang Eigerian sudah tahu kan betapa banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dari perawatan sepeda motor secara berkala? Jadi, jangan sampai mengabaikan hal penting ini jika Eigerian ingin berkendara dengan nyaman dan aman.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips perawatan sepeda motor secara berkala yang perlu Eigerian perhatikan:

  1. Jadwalkan Perawatan Rutin: Buatlah jadwal perawatan rutin berdasarkan rekomendasi pabrikan dalam manual pemilik, dan pastikan untuk mengikuti interval perawatan seperti penggantian oli, filter, busi, dan komponen lainnya.
  2. Periksa dan Ganti Oli: Oli mesin bagaikan darah bagi mesin sepeda motor. Jadi, pastikan untuk memeriksa level oli secara teratur dan ganti oli sesuai dengan interval yang ditentukan. Gunakan pula jenis oli yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan.
  3. Periksa dan Bersihkan Filter Udara: Filter udara yang kotor akan mengurangi kinerja mesin, jadi jangan lupa untuk memeriksa filter udara secara berkala dan bersihkan atau ganti jika perlu.
  4. Periksa Sistem Bahan Bakar: Pastikan sistem bahan bakar bersih dan bekerja dengan baik, ya! Periksa filter bahan bakar dan selang bahan bakar secara teratur, hindari penggunaan bahan bakar yang kotor atau berkualitas rendah.
  5. Periksa dan Ganti Busi: Busi yang aus atau kotor akan mempengaruhi kinerja mesin, jadi Eigerian harus memeriksa busi secara berkala dan ganti jika diperlukan sesuai dengan rekomendasi pabrikan.
  6. Periksa Rem: Pastikan sistem rem berfungsi dengan baik untuk keamanan, mulai dari kampas rem, cakram, dan kabel rem. Gantilah kampas rem yang aus dan perbaiki rem yang kendur.
  7. Periksa Sistem Pendingin: Jagalah agar sistem pendingin tetap bersih dan bekerja dengan baik. Periksa kadar cairan pendingin, lalu pastikan tidak ada kebocoran pada sistem pendingin.
  8. Perawatan Rantai: Bersihkan dan pelumas rantai secara teratur, pastikan rantai sepeda motor tidak terlalu kendor atau terlalu kencang. Selain itu, periksa juga kondisi roda gigi rantai.
  9. Periksa Kelistrikan: Pastikan semua lampu serta sistem kelistrikan berfungsi dengan baik. Gantilah lampu yang mati dan periksa kondisi kabel-kabel listrik.
  10. Periksa Ban: Periksa juga tekanan udara dan keausan pada ban secara teratur. Pastikan ban tidak kempes atau terlalu aus, dan gantilah ban jika sudah mencapai batas keamanan atau terlihat aus secara berlebihan.
  11. Perawatan Suspensi: Pastikan suspensi sepeda motor berfungsi dengan baik, dengan memeriksa kebocoran pada shock absorber dan pastikan tidak ada komponen yang aus atau rusak.

Selain itu, Eigerian juga perlu melakukan pemeriksaan umum secara berkala seperti cek kebocoran, baut yang longgar, dan kondisi umum sepeda motor. 

Baca juga: Kenali Ciri-Ciri Motor Kemasukan Air dan Dampak Negatifnya

Selalu ingat bahwa melakukan perawatan sepeda motor secara berkala bukan hanya untuk menjaga kinerja mesin tetap optimal saja. Melainkan juga untuk meningkatkan keamanan, menghemat biaya, dan memperpanjang umur mesin.

Selain melakukan perawatan terhadap motor secara berkala, Eigerian juga perlu menggunakan safety gear secara lengkap supaya berkendara tetap aman dan nyaman. Yuk, temukan segala produk untuk menunjang riding activity di website resmi EIGER Adventure. Eigerian juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang bisa diunduh di Play Store maupun App Store. Semua produk tersedia lebih lengkap dan original, ada banyak promo menarik, hingga gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia. Cek sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru