HomeTips & TrickTraveling6+ Tips Aman Liburan ke Luar Negeri, Fun dan Anti Ribet

6+ Tips Aman Liburan ke Luar Negeri, Fun dan Anti Ribet

Tak peduli seberapa sering kamu sering liburan keliling Indonesia, namun membayangkan liburan pertama kali ke luar negeri mungkin terasa menegangkan. Pergi liburan ke luar negeri di suatu negara yang belum pernah dikunjungi sebelumnya mungkin awalnya membingungkan karena ada berbagai hal yang wajib diperhatikan.

Namun tak perlu bingung lagi, ikuti beberapa tips sederhana berikut ini mengenai hal-hal yang harus dilakukan sebelum pergi ke luar negeri agar momen liburan nanti menjadi menyenangkan, stress-free, dan tentunya memorable!

Tips Aman Liburan Menyenangkan ke Luar Negeri

1. Siapkan Dokumen Perjalanan yang DIbutuhkan

Tips utama paling penting agar liburanmu lancar adalah dengan mempersiapkan dokumen paspor dan visa ke negara tujuan jauh-jauh hari. Tanpa dokumen paspor atau visa perjalanan, tentu tidak dapat berangkat menuju destinasi negara untuk liburan.

Sebelum booking tiket pesawat, buat paspor baru atau jika sudah punya, pastikan paspor masih berlaku. Cek dulu apakah negara yang dituju memerlukan visa sebagai izin masuk. Jika kamu berangkat tanpa visa, kemungkinan tidak akan izinkan memasuki negara tujuan dan tertahan di bandara.

Agar tidak ribet menjelang hari H, urus dokumen paspor dan dapatkan visa jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. 

2. Lakukan Riset Tentang Negara Tujuan

RIset penting kamu lakukan sebelum pergi ke negara tujuan untuk liburan. Tidak hanya mencari informasi tentang akomodasi dan atraksi yang harus dikunjungi. Luangkan waktumu untuk mengetahui lebih banyak tentang pengalaman, atraksi, situs bersejarah, kuliner, review, atau segala tantangan berwisata di negara tujuan.

Kamu bisa riset melalui berbagai media seperti tour guidance, browsing, video traveler, forum diskusi, bertanya kepada teman, dan lainnya agar liburanmu nantinya aman. 

3. Packing Baju Secukupnya

Mengemas terlalu banyak pakaian adalah salah satu kesalahan klasik bagi traveler pemula. Beberapa hotel dan hostel umumnya menyediakan fasilitas binatu, jadi kamu tidak perlu membawa terlalu banyak pakaian.

Bukan masalah banyaknya, usahakan membawa beberapa potong pakaian yang nyaman selama aktivitas liburanmu. Jumlah pakaian yang dibawa tidak harus sama dengan jumlah hari liburanmu karena akan membebani tas dan koper. Pilihlah pakaian atasan, bawahan, atau jilbab dengan warna-warna netral yang bisa kamu mix and match.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

4. Tenang dan Tidak Perlu Buru-Buru

Kesalahan banyak traveler pemula adalah menganggap liburan seperti kompetisi dengan mencoba menjelajahi sebanyak mungkin destinasi atau atraksi. Hype liburan ke luar negeri ini memang dapat dipahami, namun cara ini salah karena mungkin kamu tidak dapat benar-benar menikmati liburan.

Liburanmu akan lebih enjoy dan mengesankan jika meluangkan waktu santai, mengeksplor satu per satu atraksi tanpa terburu-buru, serta bersosialisasi dengan lingkungan baru. Jadi, buatlah itinerary yang santai dan fleksibel agar terhindar dari kelelahan. 

5. Amankan Barang Berharga yang Dibawa

Salah satu ancaman yang banyak dihadapi wisatawan saat liburan adalah pencurian. Untungnya, kasus ini kecil kemungkinan terjadi jika kamu melakukan tindakan pencegahan yang tepat. Hal ini karena pencurian lebih condong terjadi karena adanya kesempatan untuk mencuri barang berharga sasaran korban.

Nah, saat bepergian ke luar negeri, simpanlah semua barang-barang berharga dengan aman. Termasuk tidak menyimpan barang berharga di saku belakang dan memposisikan tas selalu di dekapan kita. Usahakan jangan mengenakan perhiasan atau barang berharga lainnya yang mencolok saat di tempat umum.

6. Cari Informasi Kontak Darurat di Negara Tujuan

Orang yang berlibur tentunya tidak menginginkan musibah terjadi, namun kamu perlu memiliki langkah antisipasi dengan mencari informasi kontak darurat di negara setempat. Umumnya, jika mengalami musibah, langkah pertama adalah menghubungi seseorang untuk meminta bantuan, baik itu kedutaan setempat atau layanan darurat.

Oleh karena itu, sebaiknya catat rincian kontak layanan darurat seperti kantor polisi dan layanan ambulans, serta kontak kantor kedutaan setempat. Jangan lupa simpan informasi darurat di ponsel terkait kondisi kesehatan, identitas, dan lainnya.

Baca juga: 10+ Tips Aman Solo Trip Kemanapun Tetap Seru & Berkesan!

Rekomendasi Negara Liburan Pertama Kali untuk Traveler Pemula

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Bagi traveler pemula, ada beberapa negara yang sangat cocok untuk dijelajahi pertama kali. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa negara yang mungkin menarik bagi kamu untuk dikunjungi.

1. Malaysia

Negara ini adalah opsi yang bagus untuk traveler pemula yang baru akan mulai menjelajah dunia. Kebudayaan di negeri jiran ini tidak jauh berbeda dengan budaya Indonesia, sehingga akan lebih mudah beradaptasi.

Biaya perjalanan ke Malaysia juga relatif terjangkau serta jaraknya hanya sekitar 2 jam perjalanan udara dari Jakarta. Beberapa tempat menarik di Malaysia yang seru untuk dikunjungi seperti Petronas Twin Tower, Legoland, dan Batu Caves.

2. Thailand

Negara ini terkenal akan pesona alamnya yang memukau, seperti pulau-pulau di Phuket dan Krabi. Selain itu, Thailand juga jadi incaran para wisatawan dari luar negeri karena memiliki wisata kuliner khas yang sangat lezat dan terjangkau. 

Bahkan di Thailand, kamu bisa berburu barang belanjaan seperti pakaian, snack, skincare, cokelat, pernak-pernik, dan lainnya dengan harga yang affordable. 

3. Singapura

Negara yang lokasinya sangat dekat dengan Indonesia ini juga jadi tujuan favorit liburan singkat ke luar negeri. Daya tarik Singapura adalah transportasi umumnya yang mudah diakses serta banyak atraksi keren seperti Marina Bay Sands, Gardens by the Bay, dan Universal Studios Singapore.

4. Brunei Darussalam

Negara kecil di Pulau Kalimantan ini menyajikan keindahan alam yang luar biasa, seperti Taman Nasional Ulu Temburong dan Istana Nurul Iman. Sama seperti Malaysia, Brunei Darussalam memiliki budaya yang hampir mirip dengan Indonesia, jadi tak akan kesulitan selama traveling di negara ini. 

5. Jepang

Meskipun keberadaan negeri Sakura ini tidak sedekat negara-negara sebelumnya, Jepang menawarkan banyak pengalaman unik dengan budaya yan kaya dan teknologi modern. Contoh kota-kota besar di Jepang yang wajib masuk bucket list seperti Tokyo, Kyoto, dan Osaka. 

Traveling Seru dan Aman Bersama EIGER Adventure

Setiap traveling selalu memiliki risikonya masing-masing yang mungkin tidak dapat dihindari. Meskipun demikian, risiko tersebut dapat diminimalkan dengan cara mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum berangkat dan tetap waspada selama liburan.

Demikian beberapa tips liburan ke luar negeri yang akan membantumu mendapatkan pengalaman melihat dunia lebih luas dan bertemu dengan budaya baru. 

Yuk, bersiap liburan ke negara impianmu! Mulai dari outfit liburan, travel kit, dan berbagai kebutuhan penunjang traveling lainnya bisa Eigerian dapatkan di website resmi EIGER Adventure atau langsung kunjungi Eiger Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu.

Belanja online anti ribet di EIGER juga bisa kamu nikmati di aplikasi EIGER yang terunduh pada smartphone masing-masing dengan klik mobile apps EIGER Adventure. Langsung download di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. 

Produk original dan berkualitas, harga terbaik dan banyak promo menarik, pilihan pembayaran yang lengkap, gratis ongkir, tentunya sayang untuk dilewatkan. Cek koleksi terbaru dari EIGER sekarang dan tentukan gayamu untuk liburan ke luar negeri!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru