HomeTips & TrickGreen & HealthyManfaat Lari Pagi bagi Kesehatan Fisik dan Mental, Tujuan Sehat Tercapai

Manfaat Lari Pagi bagi Kesehatan Fisik dan Mental, Tujuan Sehat Tercapai

Manfaat lari pagi atau berlari merupakan salah satu bentuk olahraga kardio yang paling populer dan mudah dilakukan. Ada banyak bentuk rutinitas lari yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau kapasitas tubuh, seperti lari sprint, lari marathon, serta lari santai (jogging). Sejauh ini ada banyak penelitian yang masih mempunyai pendapat berbeda-beda tentang waktu yang paling baik untuk berolahraga, termasuk lari. Ada yang menyebutkan bahwa waktu yang paling baik untuk berolahraga adalah pagi hari.

Tetapi ada juga yang mengatakan bahwa sore atau malam hari adalah waktu yang paling tepat. Kalau Eigerian sendiri lebih tertarik untuk olahraga di waktu pagi, sore, atau malam hari? Supaya lebih memantapkan niat untuk berolahraga, yuk cari tahu apa saja manfaat lari pagi bagi kesehatan fisik dan mental di bawah ini.

Manfaat Lari Pagi

Manfaat Lari Pagi bagi Kesehatan

manfaat lari pagi

Ada segudang manfaat lari pagi, baik bagi kesehatan fisik maupun mental. Tidak perlu lari berat dengan jarak jauh, cukup dengan lari ringan selama 10 hingga 20 menit saja di pagi hari, Eigerian sudah bisa mendapatkan manfaat lari pagi. Jika dilakukan dengan konsisten, maka manfaat lari pagi akan sangat optimal. Nah berikut ini ada 5 manfaat lari pagi sebagaimana dilansir dari Achieve Oxfordshire:

1. Menjaga suasana hati

Melakukan segala jenis olahraga menyebabkan tubuh melepaskan hormon perasaan baik (endorfin), yang dapat menciptakan perasaan euforia. Hormon ini tidak hanya membuat kamu ingin berlari lebih teratur, tetapi juga memberikan pandangan dan energi positif sepanjang hari. 

2. Memperbaiki kualitas tidur

Manfaat lari pagi juga berkaitan dengan kualitas tidur. Penelitian telah menunjukkan, bahwa keluar rumah saat matahari belum terlalu terik dapat membantu mengatur ritme keseharian, yang membuat tubuh lebih mudah untuk tertidur di malam hari.

3. Mengurangi stres

Keluar rumah setiap pagi untuk berlari juga merupakan kesempatan bagus untuk berlatih menenangkan tubuh, pikiran, serta perasaan. Ini juga dapat membantu menciptakan perasaan tenang dan menjernihkan pikiran, sehingga kamu selalu siap untuk memulai hari.

4. Membantu agar lebih disiplin

Sebagian orang yang menghabiskan paginya dengan di atas ranjang cenderung menjalani harinya dengan perasaan lesu. Sedangkan mereka yang rutin lari pagi akan bersemangat sepanjang hari dan bisa mengatur waktu agar lebih disiplin. 

5. Mudah dilakukan dan gratis

Olahraga di gym membutuhkan biaya yang terkadang tidak sedikit. Begitu pula olahraga jenis lainnya yang seringkali membutuhkan peralatan khusus. Dan biasanya, waktu olahraga tidak bebas, karena harus menyesuaikan dengan jam operasional tempat olahraga. Namun, lain halnya dengan olahraga lari. Lari pagi bisa dilakukan dengan waktu dan tempat sesuai keinginan masing-masing, dan yang pasti gratis.

Tips Lari Pagi agar Tidak Cepat Lelah

manfaat lari pagi

Meskipun tidak memerlukan banyak perlengkapan khusus, kamu perlu memperhatikan beberapa tips lari untuk pemula seperti dikutip dari Runners World berikut ini:

1. Mengecek kondisi kesehatan

Jika kamu sudah lama tidak aktif dalam melakukan olahraga, sebaiknya konsultasi dengan dokter sebelum mulai lari untuk mengetahui kondisi kesehatanmu. Hal ini perlu dilakukan terlebih jika sudah berusia di atas 40 tahun, mengalami obesitas (indeks massa tubuh 35 atau lebih tinggi), atau jika memiliki riwayat penyakit jantung dalam keluarga. Jika dokter sudah mengizinkannya, maka lakukan aktivitas untuk meningkatkan kebugaran tubuh ini secara berhati-hati. Lakukan secara perlahan dengan intensitas yang rendah, sambil memperhatikan kondisi tubuh apakah ada gangguan atau tidak. 

2. Pakai sepatu lari yang tepat

Beberapa orang memilih berlari dengan memakai sepatu apapun yang mereka miliki. Padahal penggunaan sepatu lari yang keliru dan teknik lari yang tergesa-gesa malah bisa menjadi penyebab cedera. Sepatu lari yang keliru juga akan menyebabkan nyeri setiap kali kamu bergerak, sehingga mungkin saja malah akan mengurangi motivasi terutama jika kamu adalah pelari pemula.

3. Memilih tempat lari yang aman

Pada umumnya, berlari adalah aktivitas luar ruangan atau outdoor, sehingga kamu perlu memilih tempat lari yang aman untuk menghindari risiko kecelakaan. Sebelum berlari, pastikan kamu sudah memetakan beberapa rute yang aman dan bebas lalu lintas. 

4. Mulai dengan berjalan

Salah satu tips lari bagi pemula adalah memulainya dengan berjalan. Berjalan memiliki gerakan yang hampir sama dengan berlari tanpa banyak tekanan pada tulang dan sendi. Namun, jangan berjalan seakan sedang jalan-jalan santai di mall, karena kamu harus berjalan cepat dan bertempo.

5. Hindari lari dengan terburu-buru

Langsung lari jarak jauh malah bisa menyebabkan cedera lari berkepanjangan. Padahal tujuan lari adalah untuk membuat kamu menjadi lebih sehat dan bukan sebaliknya. Jadi, sebaiknya jangan terburu-buru ingin cepat sampai garis finish. Tapi tingkatkan jarak tempuh dan durasi berlari secara bertahap.

6. Mengatur rencana latihan lari

Tips lari untuk pemula selanjutnya adalah merancang strategi atau rencana latihan. Memiliki rencana terperinci sangat bermanfaat, karena hal ini bisa memantau jarak tempuh dan kecepatan berlari. Selain itu, rencana latihan juga bisa memberikan rasa pencapaian yang akan meningkatkan rasa percaya diri. Tak hanya jarak tempuh dan durasi, namun sebaiknya kamu juga merencanakan waktu, frekuensi, serta asupan makanan sebelum dan setelah olahraga. 

7. Melatih kesabaran dan konsistensi

Lari secara konsisten, misalnya dua kali dalam satu minggu akan membuat tubuh cepat beradaptasi. Hal ini tentu bisa membantumu mencapai tujuan dalam berolahraga, termasuk untuk mengurangi hingga mendapatkan berat badan ideal.

Meskipun terdengar mudah, namun nyatanya olahraga lari memerlukan lebih dari sekedar niat, terutama jika kamu tidak terbiasa berolahraga sebelumnya. Namun, beberapa tips di atas mungkin akan membantumu supaya lebih semangat untuk lari pagi secara rutin. Jangan lupa siapkan sepatu lari yang paling nyaman, handuk kecil untuk mengelap keringat, hingga botol minum. Dengan banyaknya manfaat lari pagi yang ditawarkan, ditambah perlengkapan yang nyaman, dijamin kamu akan ketagihan lari pagi. Dapatkan berbagai peralatan dan perlengkapan untuk menunjang olahraga di Eiger Adventure Store. Ada banyak macam yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru