HomeTips & TrickGreen & HealthyLangkah Awal Menerapkan Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Langkah Awal Menerapkan Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Gaya hidup ramah lingkungan tampaknya jadi tren baru yang digandrungi masyarakat. Hal ini karena kesadaran masyarakat akan isu kerusakan lingkungan dan pelestarian Bumi yang terus meningkat, sehingga terjadi pergeseran pola hidup masyarakat luas.

Memang jika dilihat, perubahan yang dilakukan sifatnya sangat mendasar. Tapi tanpa kamu sadari, perubahan kecil di kegiatan sehari-hari ini memiliki dampak yang sangat baik untuk lingkungan, sehingga Bumi bisa ‘menyembuhkan’ diri.

Jika kamu belum mulai menerapkan gaya hidup seperti ini karena bingung apa yang harus dilakukan, kamu bisa melihat beberapa tips memulai gaya hidup ramah lingkungan. Poin-poin mendasarnya bisa dilihat di penjelasan berikut ini.

Ramah lingkungan

Menggunakan Tas Belanja Tidak Sekali Pakai

Umumnya beberapa tahun yang lalu ketika kamu berbelanja ke minimarket atau supermarket, kamu pasti akan mendapatkan kantong plastik sebagai tas belanja. Namun kini jika kamu sadari, pihak minimarket atau supermarket ini sudah tak menyediakan kantong plastik sekali pakai.

Tren penggunaan tote bag atau tas yang tidak sekali pakai kemudian mengemuka, untuk membantu aktivitas belanja sekaligus mengurangi konsumsi sampah plastik. Maka dari itu, kini hampir semua orang yang berbelanja selalu membawa tas belanja sendiri.

Langkah ini simpel, tapi signifikan dalam pengurangan jumlah kantong plastik yang digunakan secara umum.

Lakukan Reuse, Reduce, dan Recycle

ramah lingkungan
Sumber : freepik.com

Tiga konsep utama ini wajib jadi acuan utama dalam penerapan gaya hidup ramah lingkungan. Secara singkat, tiga konsep ini dapat dipahami sebagai berikut.

Reuse : yakni menggunakan kembali barang-barang yang masih bisa digunakan, sehingga tidak dibuang setelah sekali pakai.

Reduce : adalah mengurangi konsumsi plastik atau barang-barang yang tidak dapat didaur ulang, sehingga limbah yang dihasilkan dapat ditekan.

Recycle : yakni mendaur ulang, mengolah limbah yang dihasilkan menjadi sesuatu yang memiliki nilai guna sehingga tidak langsung dibuang.

Produk Ramah Lingkungan yang wajib dimiliki

1.Produk fashion daur ulang. Dengan semangat terhadap keberlanjutan. Merek fashion termasuk Eiger mempunyai misi dengan strategi sustainability
2.Botol Air minum stainless steel
3.Tisu toilet daur ulang
4.Bungkus makanan dari lilin lebah
5.Reuseaable bag

Penggunaan Produk-Produk Ramah Lingkungan

Produk ramah lingkungan jadi poin ketiga yang perlu diperhatikan dalam penerapan gaya hidup seperti ini. Produk yang masuk dalam kategori ini sendiri merupakan produk yang mudah diolah kembali, atau diuraikan oleh pengurai yang ada di tanah atau pusat pengolahan sampah.

Tujuannya sederhana, yakni mengurangi residu sampah yang tidak dapat diuraikan, dan tidak dapat diolah kembali. Artinya, produk ramah lingkungan ini merupakan produk yang diformulasikan agar bisa diurai oleh bakteri, sehingga tidak menjadi residu berat di alam.

Meski memang beberapa produk agak mahal, namun untuk kebaikan Bumi, rasanya tak masalah bukan?

Mengurangi Konsumsi BBM

ramah lingkungan
Sumber : Eiger Adventure

Bahan bakar minyak, dan bahan bakar fosil lainnya, menghasilkan limbah berupa polusi udara yang memiliki sifat cukup buruk untuk Bumi. Maka dari itu, salah satu cara memulai gaya hidup sehat dan ramah lingkungan adalah dengan mengurangi konsumsi bahan bakar minyak.

Langkah paling sederhana mungkin adalah mengganti sumber panas untuk memasak dengan bahan bakar gas, kemudian mulai menggunakan transportasi umum atau sepeda untuk beraktivitas. Dua hal ini jika dilakukan dengan konsisten akan memberikan efek yang signifikan.

Memang tak mudah untuk perlahan beralih ke gaya hidup yang lebih baik. Namun jika tak dimulai sekarang, apa lagi yang kamu tunggu?

Memperbanyak Produksi Oksigen dengan Menanam Tanaman

Upaya penghijauan dalam skala apapun bisa memberikan dampak baik untuk Bumi. Tanaman, dalam hal ini, memiliki peran besar karena dapat melakukan proses fotosintesis, yang mengubah Karbondioksida menjadi Oksigen.

Selain mengurangi residu dan polusi yang ada di udara, tanaman juga membantu memproduksi Oksigen untuk bernafas. Penanaman tanaman yang masif, baik di rumah atau proses penghijauan di hutan, akan jadi langkah signifikan untuk Bumi.

Lagipula, rumah juga akan terlihat lebih segar dengan banyak tanaman di pekarangan bukan?

Dengan demikian selain kamu ikut membantu menyembuhkan Bumi dengan tanaman hijau, rumah juga memiliki nilai estetika yang jauh lebih baik. Win-win solution antara kamu dan lingkungan bukan?

Menerapkan gaya hidup ramah lingkungan merupakan hal mendasar yang bisa dilakukan oleh kita semua, dalam membantu menyelamatkan Bumi tempat tinggal kita ini. Dengan upaya-upaya sederhana semua bisa turut serta dalam upaya agar Bumi tetap bisa dihuni dengan layak.

Salah satu cara atau kegiatan yang bisa meningkatkan kecintaan kita pada alam, sehingga memiliki motivasi untuk menerapkan gaya hidup ramah lingkungan, adalah beraktivitas di luar ruangan. Dengan melihat keindahan lingkungan yang luar biasa, motivasi bisa meningkat drastis.

Mendaki gunung, trekking, atau mengunjungi objek wisata alam, dapat menjadi kegiatan menyenangkan. Selain dapat menenangkan pikiran kamu juga bisa mencintai alam dengan lebih baik, setelah menikmati nuansa yang disajikan.Penerapan gaya hidup ramah lingkungan bisa dilakukan dengan banyak cara. Utamnya, adalah konsistensi yang dapat menjaga gaya hidup ini. Tentu saja dalam penggunaan produk ramah lingkungan, kamu bisa mengandalkan peralatan dari Eiger Adventure. Dengan produksi yang memiliki standar tinggi, limbah yang diolah, serta produk yang berkualitas, semua urusan kamu dalam kegiatan luar ruang bisa dilakukan dengan lebih baik. Tentu saja, ini mendukung gaya hidup yang ingin diadaptasi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru