HomeTips & TrickLifestylePentingnya Mental Health di Lingkungan Kerja, Cek Tipsnya di Sini

Pentingnya Mental Health di Lingkungan Kerja, Cek Tipsnya di Sini

Ada berbagai cara untuk menjaga mental health di lingkungan kerja. Meski, penerapannya memang tidak semudah yang dibayangkan. Walaupun sulit, upaya-upaya tersebut harus tetap dilakukan secara konsisten.

Bagi sebagian orang, bekerja bisa menjadi faktor positif bagi mental health. Pekerjaan tidak hanya menyediakan penghasilan dan kesempatan untuk bergaul dengan teman, tetapi juga memberikan rasa tujuan dan peluang untuk berkembang secara pribadi.

Namun, beban kerja berlebihan, jadwal padat, dan lingkungan kerja yang tidak mendukung justru dapat menyebabkan stres. Stres yang berkepanjangan dapat mengganggu kehidupan sehari-hari dan bahkan bisa mempengaruhi mental seseorang.

Nah, untuk mengatasinya, Eigerian dapat menerapkan beberapa cara menjaga mental health di lingkungan kerja. Dengan begitu, kamu bisa lebih produktif dalam bekerja tanpa terbebani stres. Berikut tipsnya!

7 Tips Menjaga Mental Health di Lingkungan Kerja

Memiliki mental yang sehat di kantor adalah salah satu kunci keberhasilanmu dalam menyelesaikan pekerjaan dengan maksimal. Ayo, coba perhatikan dan terapkan 7 cara ini!

1. Luangkan waktu untuk beristirahat

Hal pertama yang paling mudah dan sederhana untuk membangun mental yang sehat di kantor adalah dengan mengambil istirahat di sela-sela pekerjaan.

Cobalah untuk mengambil jeda beberapa menit dari tugas yang sedang kamu kerjakan atau menikmati waktu istirahat makan siang di kantor dengan tenang. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan waktu akhir pekan untuk beristirahat dan menyegarkan pikiran.

2. Berolahraga atau lakukan aktivitas fisik yang ringan

Banyak orang bilang bahwa salah satu cara menjaga kesehatan mental adalah dengan berolahraga. Nyatanya, itu bukan sekadar mitos belaka.

Dilansir dari NHS, melakukan aktivitas fisik berpotensi untuk mengurangi risiko stres bahkan meningkatkan mood. Saat melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, tubuhmu akan memproduksi lebih banyak hormon endorfin yang bertanggung jawab untuk mengelola rasa senang.

Selain berolahraga, aktivitas fisik ringan juga tetap bermanfaat untuk tubuh agar lebih rileks, seperti jalan kaki untuk beli makan siang atau melakukan sedikit peregangan agar tubuh tidak kaku.

3. Bangun hubungan yang baik dengan rekan kerja

Membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja dapat sangat berpengaruh pada kesehatan mental di tempat kerja.

Terhubung dengan orang-orang di sekitar kamu tidak hanya membantumu mendapatkan koneksi profesional, tetapi juga dapat membuat suasana kerja menjadi lebih menyenangkan.

Cobalah untuk menyapa rekan kerja dan saling mendukung satu sama lain di tempat kerja. Selain itu, kamu juga mungkin bisa mencari kesamaan dengan rekan kerja, misalnya terkait dengan hobi atau hal yang disenangi.

4. Jangan membandingkan diri

Dalam lingkungan kerja, sering kali kita membandingkan diri dengan rekan kerja terkait perjalanan karier dan pencapaian. Hal ini dapat menimbulkan rasa rendah diri dan ketidakbahagiaan.

Sebuah penelitian di Inggris menunjukkan, hampir setengah dari karyawan merasa kesehatan mental mereka terganggu akibat membandingkan diri dengan rekan kerja. Nah Eigerian, hindarilah kebiasaan tersebut untuk menghindari munculnya perasaan negatif yang bisa memengaruhi kesehatan mental. 

Sebaiknya, fokuskan perhatian pada perkembangan diri sendiri dan tujuan yang ingin kamu capai.

Baca Juga: 7 Manfaat Menulis bagi Kesehatan Mental yang Jarang Diketahui

5. Komunikasikan dengan atasan

Untuk menjaga kesehatan mental di tempat kerja, penting untuk mengidentifikasi apa yang menyebabkan stres dan apa solusi yang kira-kira sesuai. Setelah mengetahui faktor-faktor tersebut, bicarakan dengan atasan atau pihak terkait di perusahaan.

Misalnya, jika beban kerja berlebihan menjadi masalah, coba diskusikan dengan manajer dan coba tetapkan target yang realistis.

6. Ambil jatah cuti untuk berlibur

Jangan lupa manfaatkan hari liburmu untuk benar-benar recharge atau mengisi kembali energi yang telah hilang.

Kamu juga bisa ambil cuti tahunan yang disediakan untuk berlibur atau sekadar bertemu dengan orang-orang terdekat untuk memperkuat hubungan yang positif.

Banyak yang bahkan menyebut liburan dengan sebutan healing, karena memang salah satu manfaatnya yang bisa membantu membuat pikiran dan tubuh lebih rileks. Liburan juga bisa jadi kesempatanmu untuk melupakan pekerjaan sejenak.

7. Sisihkan waktu untuk dirimu sendiri

Gunakanlah jam kerja kamu secara efektif tanpa harus bekerja secara berlebih. Pahami betul batasan antara dunia kerja dan dunia pribadi, sehingga kamu bisa menyisihkan waktu untuk merawat diri sendiri.

Upaya ini bisa juga disebut sebagai self care. Menurut Verywell Mind, self care dapat membantu mengatasi stres karena kamu jadi punya waktu yang cukup untuk menyadari bahwa dirimu sendiri memang harus diprioritaskan.

Selama ini, kamu mungkin stres karena harus terus menerus bekerja hingga mengorbankan diri sendiri.

Baca Juga: 10 Cara Menjaga Kesehatan Mental, Cegah Burnout!

Nikmati Waktu Bersantai di Alam bersama EIGER

Eigerian yang ingin pergi berlibur, ayo rencanakan waktumu untuk bermain ke alam. Suasananya yang menenangkan tentu dapat membantumu untuk menyegarkan kembali pikiran dan suasana hati.

Lengkapi juga outfit dan perlengkapan outdoor lainnya yang bisa kamu dapatkan di EIGER Adventure Store (EAS) atau kunjungi eigeradventure.com. Dapatkan semua produk yang orisinal dan berkualitas dengan harga terbaik, promo spesial, dan gratis ongkir ke seluruh wilayah di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru