HomeTips & TrickGreen & Healthy7 Manfaat Menulis bagi Kesehatan Mental yang Jarang Diketahui

7 Manfaat Menulis bagi Kesehatan Mental yang Jarang Diketahui

Jarang diketahui, ternyata menulis memiliki segudang manfaat untuk kesehatan mental. Diketahui, para ahli kejiwaan telah menggunakan catatan harian, kuesioner, jurnal, dan bentuk tulisan lainnya untuk membantu seseorang sembuh dari stres dan trauma.

Bahkan pada tahun 80-an, seorang psikolog bernama James Pennebaker mengembangkan suatu metode penulisan yang dinamakan expressive writing, di mana dalam metode penulisan ini, objek yang dituliskan adalah mengenai pikiran atau perasaan kita tentang topik tertentu, seperti peristiwa traumatis atau kenangan indah.

Kebanyakan orang Indonesia mungkin menyebut expressive writing sebagai curahan hati alias curhat. Berdasarkan metode curhat Pennebaker tersebut, banyak peneliti yang akhirnya melakukan studi tentang manfaat menulis bagi kesehatan mental. Berdasarkan berbagai penelitian tersebut, apa saja sih manfaat menulis yang perlu kita ketahui?

1.  Melegakan Perasaan dan Meningkatkan Suasana Hati

manfaat menulis
Sumber: Freepik

Manfaat menulis yang pertama adalah dapat melegakan perasaan hati. Hal ini telah dibuktikan secara ilmiah dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Vrielynck dkk, bahwa semakin spesifik seseorang menuliskan tentang sesuatu, maka akan semakin lega juga perasaan yang dirasakan oleh seseorang tersebut.

Seseorang yang sering menuliskan tentang perasaan hatinya akan merasakan lega atas kejadian buruk yang dialaminya dan keluar dari pengalaman traumatis.

Penelitian lain karya Burton dan King mengembangkan sebuah penulisan ekspresif dengan menuliskan peristiwa positif yang membahagiakan. Hasilnya cukup mengejutkan, yaitu dengan menulis hal-hal positif di hidup selama 20 menit per harinya selama tiga hari berturut-turut, dapat meningkatkan suasana hati yang positif bahkan setelah tiga bulan berlalu.

Selain itu, kebiasaan menulis juga baik untuk meningkatkan daya ingat dan kita jadi terhindar dari penyakit pikun di masa tua nanti. Manfaat menulis yang luar biasa, bukan? 

Menulis ekspresif bisa dilakukan dalam bentuk yang bermacam-macam, salah satunya adalah dengan menuliskan rasa syukur terhadap sesuatu yang telah dialami dan dilewati. Kebersyukuran tersebut dapat berpengaruh dalam meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.

2. Meredakan Kecemasan

Manfaat menulis lainnya adalah dapat meredakan kecemasan. Sejak lama, menulis dipercaya dapat meredakan kecemasan dan menghilangkan stres, karena menulis secara ekspresif dapat mengurangi perasaan khawatir dan menjauhkan seseorang dari pikiran buruk yang berlebihan atau dalam istilah gaul saat ini dikenal dengan nama overthinking. Beberapa orang yang sering merasakan kecemasan bisa mulai menulis secara rutin untuk mendapatkan salah satu manfaat menulis ini.

Terutama bagi seseorang yang memiliki pekerjaan berat dan juga penuh tekanan. Dengan menulis ekspresif, kita bisa merasakan perasaan yang lebih baik, serta dapat berpikir dengan menggunakan kepala dingin dan perasaan yang lebih tenang. 

3. Meningkatkan Kreativitas

Penelitian karya Siegert mengungkapkan bahwa jika kita mencatat mimpi yang kita alami, ternyata hal tersebut dapat meningkatkan kreativitas. Selain pemikiran kreatif menjadi berkembang, menuliskan jurnal tentang mimpi juga dapat membuka wawasan kita tentang pikiran alam bawah sadar yang tidak jarang menjadi topik yang menarik. 

4. Membantu Mencapai Tujuan Hidup

Kemudian, sebuah studi dari Dominican University of California menunjukkan bahwa seseorang yang menuliskan tujuan hidup dalam bentuk tulisan ternyata berpeluang lebih besar untuk mewujudkannya dibandingkan dengan orang yang tidak menuliskannya.

Baca juga: Pahami Cara Tepat Belanja yang Eco Friendly

5. Membuat Tidur Menjadi Lebih Nyenyak

manfaat menulis

Suatu eksperimen yang dilakukan oleh Broadbent, seorang dosen senior di New Zealand, mengemukakan bahwa peserta penelitian yang menuliskan pengalaman traumatis mereka selama 20 menit dalam sehari memiliki waktu tidur yang lebih sehat, yaitu selama 7-8 jam dibandingkan dengan peserta yang tidak menulis. 

6. Membantu Kita Mudah Memaafkan

Memaafkan bukan merupakan suatu hal yang sederhana untuk dilakukan, apalagi jika kita sudah terlanjur terluka terlalu dalam. Nah, menulis ekspresif ternyata juga dapat berperan dalam proses memaafkan.

Sebuah studi menyebutkan bahwa dengan menuliskan pengalaman traumatis tentang luka di hati yang lengkap dengan detailnya, seperti emosi apa yang dialami dari peristiwa tersebut, hingga apa yang menghalangi untuk memaafkan orang yang terlibat di dalamnya, ternyata mampu untuk membantu seseorang dalam memproses luka yang dirasakan. Dan memudahkan membuka hati untuk memaafkan kejadian yang terjadi maupun pelaku yang ada di kejadian tersebut. 

7. Membantu Kita Terhindar dari Gejala Depresi

Gortner bersama Pennebaker meneliti tentang efek menulis ekspresif selama tiga hari pada sejumlah mahasiswa yang sering terjebak di situasi ruminasi. Dalam istilah psikologi, ruminasi dijelaskan sebagai sebuah situasi di mana penderitanya sulit untuk mengubur kenangan pahit yang dialaminya. Alih-alih melupakan, kenangan tersebut malah terus menerus terngiang di pikiran dan menimbulkan emosi negatif. Dan pada akhirnya, tubuh akan meresponsnya sebagai stres.

Ternyata, menulis ekspresif mampu menurunkan kecenderungan para mahasiswa tersebut dalam beruminasi. Setelah enam bulan, mahasiswa tersebut diteliti kembali dengan kuesioner tentang skala emosi. Dan hasilnya menunjukkan bahwa menulis ekspresif berhasil menurunkan gejala depresi mereka.

Baca juga: Berkebun: Cara Ampuh Usir Kejenuhan di Rumah

Begitu banyaknya manfaat menulis yang ternyata bisa kita dapatkan. Jadi, mulai sekarang biasakan menulis supaya dapat manfaatnya, yuk! Tidak perlu susah-susah untuk mulai menulis curahan hati, karena tidak ada aturan baku dalam penulisan ekspresif, kita juga tidak perlu memerhatikan ejaan atau tata bahasa layaknya menulis jurnal kok.

Hanya saja biasanya kita akan sedikit kesulitan untuk memulainya. Biasanya, ide tulisan akan lebih mudah muncul ketika kita berada dalam situasi dan kondisi yang nyaman.

Nah, koleksi comfort wearseries Eiger bisa jadi salah satu solusi terbaik nih! Pakaian yang tepat, tentu akan membuat si pemakainya lebih nyaman dalam melakukan berbagai aktifitas, termasuk menulis. Koleksi comfort wear series Eiger tersedia dalam berbagai model, warna, dan harga yang bervariasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru