HomeTips & TrickTraveling5 Teknik Packing Baju Efektif, Optimalkan Ruang yang Ada!

5 Teknik Packing Baju Efektif, Optimalkan Ruang yang Ada!

Keinginan menjalani liburan yang seru selalu memiliki tantangan, bahkan sebelum kamu berangkat atau sampai ke tempat tujuan. Jarang disadari, tapi tantangan dalam packing baju yang efektif bisa berujung pada berbagai masalah serius yang tentu tidak kamu perlukan selama liburan berlangsung.

Beberapa masalah yang mungkin muncul mulai dari kelebihan bagasi, kemudian koper atau tas menjadi rusak karena kapasitasnya terlalu dipaksakan, biaya dan tenaga yang lebih besar dalam membawanya, sampai pada tidak adanya ruang untuk membawa pulang oleh-oleh dari tempat liburanmu.

Well, tidak ada yang ingin dipandang miring ketika pulang dari liburan tanpa oleh-oleh ‘kan?

Maka dari itu, mari cermati penjelasan yang ada di artikel ini untuk tahu tips dan trik packing baju hemat ruang yang bisa segera kamu terapkan, dalam menyambut agenda liburanmu yang paling dekat!

Baca Juga: 9 Tips Liburan Hemat dan Mengesankan, Tentukan Destinasimu!

Pertama, Persiapan Sebelum Packing Baju

Packing baju
Sumber: benzoix via freepik.com

Asal-asalan memasukkan baju atau pakaian yang ingin dibawa adalah akar masalah dari tidak cukupnya koper atau tas yang kamu gunakan. Pertanyaan besarnya, pakaian yang kamu pegang sekarang diperlukan atau diinginkan?

Pada tahap persiapan sendiri kamu bisa memulainya dengan membuat daftar barang bawaan. Daftar ini meliputi pakaian dan semua perlengkapan yang diperlukan, disesuaikan dengan tujuan, lama waktu liburan, dan cuaca atau kondisi yang ada di tempat tujuanmu nanti.

Lalu selanjutnya pilih pakaian yang tepat, yang memiliki beberapa fungsi sekaligus. Pakaian yang mudah dipadupadankan akan menghemat banyak tempat, karena kamu tidak perlu membawa semua yang ingin kamu gunakan nanti. Akan lebih baik jika kamu memilih pakaian dengan bahan yang tidak mudah kusut sehingga bisa langsung digunakan ketika diperlukan.

Terakhir di tahap persiapan, cuci dulu pakaian yang akan kamu gunakan sebelum berangkat. Dengan begini ruang yang ada dapat dimaksimalkan membawa pakaian bersih dan siap pakai.

Kedua, Teknik Packing Baju Hemat Ruang

Packing baju
Sumber: kostikova via freepik.com

Bagian kedua ini akan memberikan beberapa tips dan trik packing baju hemat ruang supaya kamu bisa membawa semua yang kamu perlukan tanpa harus melibatkan terlalu banyak koper atau tas tambahan. Detailnya sebagai berikut.

1. Menggulung Pakaian

Salah satu cara paling klasik yang bisa coba kamu gunakan adalah menggulungnya. Lipat pakaian dalam ukuran yang relatif sama, dan gulung pakaian tersebut. Cara ini bisa digunakan pada kaos, celana jeans, dan pakaian santai. Ini kenapa tadi disarankan agar kamu membawa pakaian dengan bahan yang tidak mudah kusut, sebab cara ini akan membuat pakaian cukup dimampatkan dengan menggulungnya menjadi roll kecil.

2. Bundling

Seperti salah satu model pemasaran produk, bundling pada dasarnya menerapkan teknik menggulung pakaian tapi dengan melibatkan beberapa pakaian sekaligus. Dengan begini kamu memiliki beberapa setelah yang dapat diakses dengan cepat, dan menghemat ruang yang cukup besar sekaligus mengurangi risiko kusut.

3. Packing Cube

Teknik packing baju berikutnya disebut dengan packing cube. Teknik ini dilakukan dengan membagi pakaian ke dalam kategori terpisah, dan menempatkannya secara berurutan. Cara ini memungkinkan kamu menyimpan pakaian dengan rapi di dalam koper, dan menyederhanakan urusan pencarian barang yang diletakkan di sana.

4. Vacuum Bag

Cara ini melibatkan alat penyedot debu atau alat dengan fungsi serupa. Pada dasarnya, kamu bisa memasukkan beberapa pakaian ke dalam kantong plastik, kemudian menyedot keluar udara yang ada di dalamnya. Ukuran masing-masing pack akan menjadi jauh lebih kecil dan ringkas, sehingga penataan ruang bisa dilakukan lebih efektif.

5. Memanfaatkan Ruang Kosong

Cara terakhir adalah dengan memanfaatkan ruang kosong yang ada di berbagai barang dan pakaian yang kamu bawa. Kamu bisa memanfaatkan ruang kosong di dalam sepatu, ruang kosong di dalam topi, tas, atau bahkan botol dan wadah yang kamu bawa. Isi dengan barang atau pakaian yang bisa dimampatkan sehingga semua ruang yang ada benar-benar dimaksimalkan untuk membawa barang yang diperlukan.

Baca Juga: 6+ Tips Aman Liburan ke Luar Negeri, Fun dan Anti Ribet

Ketiga, Tips Berguna dan Efektif untuk Packing Lebih Efisien

Packing baju
Sumber: benzoix via freepik.com

Dengan lima tips packing baju di atas, kini kamu bisa memaksimalkan semua ruang yang ada untuk membawa barang dan pakaian yang diperlukan. Agar proses packing menjadi lebih efektif, beberapa tips tambahan ini juga bisa membantumu dalam urusan tersebut.

  • Pertama, bawa pakaian multifungsi. Penghematan ruang bisa dilakukan dengan membawa pakaian yang bisa digunakan untuk berbagai kesempatan, jadi jumlah total yang kamu bawa akan dapat dikurangi
  • Kedua, bawa perlengkapan mandi travel size sehingga lebih menghemat ruang
  • Ketiga, gunakan aksesoris untuk variasi. Cara ini bisa membantumu menunjang OOTD yang diperlukan tanpa membawa terlalu banyak pakaian
  • Keempat, batasi jumlah sepatu. Karena bentuknya yang solid, sepatu tidak bisa dilipat atau diringkas. Maka dari itu, bawa sepatu yang diperlukan saja, selain yang kamu gunakan untuk perjalanan
  • Kelima, pertimbangkan laundry di tempat tujuan nanti. Dengan jumlah pakaian multifungsi yang tidak terlalu banyak, kamu bisa mencuci di tempat liburan selama kamu menghabiskan waktu. Kamu tidak perlu membawa pakaian dalam jumlah besar karena kamu bisa menggunakan pakaian kembali setelah dicuci nanti

Baca Juga: Opsi Menarik 7 Pantai Pasir Putih di Indonesia 

Perencanaan yang matang untuk liburan akan bisa memastikan semua berjalan lancar, sehingga kamu bisa menikmati waktu bersantai dengan optimal. Dimulai dari packing baju yang benar, kamu bisa mempersiapkan agendamu dengan lebih baik untuk pengalaman yang berkesan.

Tentu saja, semua rencana liburan ini juga akan lebih baik jika ditunjang dengan perlengkapan yang berkualitas solid, tampak keren, dan nyaman digunakan. Tanpa perlu berpanjang lebar lagi, kamu bisa menemukan banyak sekali produk menarik di laman produk EIGER Adventure. Dengan tampilan yang modis dan bahan yang nyaman digunakan, dijamin semua foto OOTD-mu akan membuat banyak orang berdecak kagum. Tanpa mengesampingkan kenyamanan saat digunakan, kamu bisa mendapatkan banyak sekali opsi produk EIGER Adventure dengan harga yang tetap terjangkau. Kamu bisa bisa langsung mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu. Agar lebih praktis dan mudah, kamu juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang sudah bisa kamu unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya lebih lengkap dan dijamin ori. Dapatkan juga promo dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru