HomeNews & InfoEIGER FriendsProfil Nana Herdiana: Berbicara Soal Ketinggian, Tebing, dan Program EAST

Profil Nana Herdiana: Berbicara Soal Ketinggian, Tebing, dan Program EAST

Profil Nana Herdiana

Berkenalan lebih dekat dengan Nana Herdiana atau yang lebih akrab disapa Kang Nana sebagai Climbing Instructor ECC (EIGER Climbing Center) sekaligus Ketua Pelaksana EISCC (EIGER Independence Sport Climbing Competition) 2024. Berikut adalah profil Nana Herdiana:

  • Nama lengkap: Nana Herdiana
  • Tempat & tanggal lahir: Ciamis, 19 April 1981
  • Tempat tinggal: Komp GBA Barat, Kab. Bandung
  • Almamater: Teknik Industri Tekstil, Universitas Bandung Raya
  • Hobi: Memanjat, mendaki gunung, dan minum kopi

Q&A Bersama Nana Herdiana

Nana

Sejak kapan menggeluti kegiatan panjat tebing?

Saya menyukai kegiatan panjat tebing ini sejak tahun 2001. Saat itu saya masih berusia 20 tahun dan mulai rutin latihan. Tapi, saya baru serius menggeluti kegiatan ini sekitar dua tahun setelahnya, yaitu di tahun 2003.

Apa yang membuat Kang Nana menyukai panjat tebing?

Ini merupakan salah satu olahraga yang menurut saya tidak membosankan. Karena tidak ada jalur yang sama di setiap tebingnya. Jadi, selalu ada tantangan dan pastinya bisa terus melatih kreativitas. Bisa dibilang kegiatan ini juga sangat aman dilakukan. Tapi, tentunya ketika kita mengikuti peraturan dan etika pemanjatan, serta dilengkapi dengan skill yang mumpuni.

Prestasi yang berhasil diraih?

Saya pernah mengikuti beberapa kejuaraan sejak tahun 2003. Tapi, di antara kejuaraan yang saya ikuti, ada yang paling berkesan. Di antaranya Juara 1 Piala Gubernur Jawa Barat, Bandung 2010, Juara 2 Siung Climbing Addict Yogyakarta, dan Juara 3 Krabi Rock & Fire International Contest Thailand 2014.

Tantangan dan kesulitan terbesar yang pernah dihadapi selama menggeluti dunia panjat tebing?

Untuk tantangan yang dihadapi mungkin lebih ke diri sendiri. Bagaimana saya melawan rasa malas untuk terus berlatih. Namun, untuk kesulitan biasanya di luar dari kegiatan panjat tebing itu sendiri. Seperti kesulitan mencari sponsor yang mau memberikan dana pengembangan dalam hal sarana, atlet, dan pelatih.

Bagaimana cara Kang Nana mengatasi rasa takut ketinggian?

Rasa takut itu sebetulnya harus ada, karena kalau tidak ada rasa takut maka akan cenderung jadi ceroboh. Nah, cara mengatasi takut itu sendiri, kita harus pastikan bahwa peralatan yang kita pakai dalam kondisi baik dan terpasang dengan seharusnya. Jadi, percayakan pada alat dan partner memanjat, maka rasa takut itu pun akan berkurang.

Tebing alam favorit Kang Nana?

Sebetulnya tebing di Indonesia sangat beragam dan banyak juga yang favorit saya. Tapi, kalau ditanya yang “paling favorit” itu Tebing Tonsai di Thailand. Saya pernah coba memanjat tebing ini di tahun 2014. Tempat ini jadi salah satu destinasi wisata dan letaknya juga di pinggir pantai. Jadi pemandangan dan suasanya sangat luar biasa mengagumkan.

Selain panjat tebing, ada kegiatan outdoor lainnya yang rutin dilakukan?

Selain panjat tebing, saya juga suka mendaki gunung. Pertama kali nyobain ke Gunung Merbabu saat ikut event dari EIGER di tahun 2015. Saya baru ngerasain serunya naik gunung dan mulai rutin melakukan kegiatan ini setiap ada event dari EAST (EIGER Adventure Service Team).

Nana Herdiana Berbicara Soal Memanjat dan Tekniknya

profil nana herdiana

Apa saja teknik-teknik yang harus dikuasai oleh seorang pemanjat?

Sebelum mencoba panjat tebing, kita perlu menguasai teknik dasarnya. Setiap teknik membutuhkan koordinasi tangan dan kaki. Menguasai teknik-teknik dasar panjat tebing sangat penting.

Saat kita fokus pada teknik, gerakan mulai masuk ke tempatnya dan kita bisa memanjat dengan lebih mudah. Beberapa teknik yang harus dikuasai di antaranya adalah teknik gerak, agility (kelincahan), balance (keseimbangan), dan coordination (koordinasi).

Apa saja latihan yang harus dilakukan oleh seorang pemanjat?

Dalam kegiatan panjat tebing yang tidak kalah penting adalah latihan. Latihan panjat tebing bertujuan untuk menghindari kecelakaan yang tidak diinginkan. Pasalnya panjat tebing yang sering dilihat itu sama sekali tidak mudah dilakukan. Latihan yang wajib dilakukan tentunya adalah fisik, mental, sikap, dan improvisasi.

Selain itu, sebagai seorang pemanjat juga harus punya tujuan untuk mengasah skill, seperti ikut kompetisi, di mana kita akan banyak melihat sejauh mana hasil dari program latihan yang kita tekuni. Kita juga harus memutuskan kategori yang ingin dikuasai apa, mau itu speed, lead, atau boulder agar bisa menguasai teknik yang lebih spesifik.

Menurut Kang Nana, apa perbedaan kegiatan panjat tebing yang dulu dengan sekarang?

Menurut saya, dulu sangat jarang ada sarana latihan. Jadi, dulu pemanjat lebih banyak latihan di tebing alam sebagai acuan. Dulu juga susah mencari peralatan dan minim perlombaan, baik untuk pemula apalagi tingkat anak-anak. Beda dengan sekarang. Saat ini semuanya sudah jauh lebih baik. Sudah serba ada dan tentunya memudahkan dalam semua hal.

Baca Juga: Mengenal Kegiatan Panjat Tebing di Indonesia: Jenis, Tempat, Teknik, dan Perkembangannya

Tentang Program EAST dan Kejuaraan EISCC

profil nana herdiana

Bergabung bersama EAST sejak kapan?

Saya bergabung dengan EAST mulai tahun 2011. Saat ini saya menjabat sebagai Climbing Instructor ECC dan sekarang lagi disibukkan dengan event EISCC 2024 sebagai Ketua Pelaksana.

Apa saja program panjat tebing yang pernah diadakan oleh EAST?

Sejauh ini, program yang sudah diadakan EAST adalah Spiderkids Series, Junior Sport Climbing Competition, Hanging Camp, EIGER Climbing Center (Club), ECC Rocktrip, EIGER Climbing Series, dan EISCC.

Apa kegiatan yang akan diadakan EAST dalam waktu dekat ini?

Menjelang akhir tahun ini, EIGER melalui EAST bakal mengadakan EISCC 2024 di bulan Agustus dan EIGER Climbing Series 3 yang diselenggarakan di bulan September 2024.

Apa harapan ke depannya untuk pertandingan EISCC 2024 ini?

Saya berharap kegiatan EISCC 2024 ini lebih tertata, terkelola, dan tentunya sebagai agenda tahunan yang rutin serta sudah dipublikasikan di awal tahun, sehingga akan memudahkan dan meringankan dalam berbagai hal.

Bagaimana cara bergabung di kegiatan panjat tebing yang diadakan EAST?

Program ECC ini terbuka untuk umum mulai dari usia tujuh tahun ke atas. Buat yang berada di empat kota ini, Eigerian bisa bergabung ke ECC dengan mengunjungi toko EIGER terdekat.

Untuk yang berada di daerah Bandung bisa kunjungi EIGER Adventure Flagship Store Jl. Sumatera No. 23, sementara Makassar di EIGER Adventure Flagship Store Jl. Andi Djemma No.82, Banta-Bantaeng, Bali di EIGER Adventure Flagship Store Jl. Sunset Road No.104, Seminyak, dan terakhir di Surabaya bisa kunjungi EIGER Adventure Flagship Store Jl. Basuki Rahmat No.64-66, Tegalsari.

Bagi yang berada di luar empat kota yang disebutkan di atas, kamu bisa konsultasi dengan instruktur di daerah setempat dan mengurus administrasi tentunya. Sementara, untuk kegiatan panjat tebing EAST itu biasanya kita selalu publish di media sosial @eiger.east, kemudian bisa ikuti cara pendaftarannya.

Baca Juga: EISCC: Kompetisi Panjat Tebing Tahunan EIGER Lahirkan Atlet Berprestasi

Mimpi dan Harapan

profil nana herdiana

Apa ada rencana yang belum terlaksana di tahun ini?

Berekspedisi di tebing ekstrem secara ketinggian dan cuaca. Contohnya di Trango Tower di Pakistan. Itu salah satu impian saya yang ingin dicapai di tahun ini. Saya juga punya mimpi untuk mewujudkan ECC Climbing Camp dari empat kota, Bandung, Makassar, Surabaya, dan Bali sambil latihan dan kumpul bareng.

Apa harapan Kang Nana untuk dunia panjat tebing nantinya?

Saya punya harapan panjat tebing ini bisa menjadi bagian dari kurikulum Dinas Pendidikan dan menjadi mata pelajaran reguler di sekolah.

Apa tips menjaga kesehatan untuk seorang pemanjat?

Asupan makan dan minum yang bagus serta alami. Kalau bisa jangan makan seblak atau makanan pedas hahaha. Lalu, jaga pola istirahat terutama tidur, tidak begadang apalagi sambil main game online. Dampingi juga dengan olahraga penunjang kebugaran, ya.

Sebutkan outfit favorit Kang Nana!

Pakaian favorit saya buat berkegiatan ataupun sehari-hari biasanya kaus yang bahannya quick dry dan tentunya model sleeveless. Kalau buat celana, pastinya celana pendek yang bahannya nyaman dan punya saku samping. Saya juga suka pakai sepatu high-cut dan jaket windproof yang tahan angin dan hujan ringan.

“Mulai dari sekarang, lakukan dengan sungguh-sungguh, didampingi dengan instruktur terpercaya, dan buat goal pribadi dalam setiap latihan.”

Nana Herdiana
RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru