HomeTips & TrickMountaineering3 Jenis Rock Climbing Descender, Ini Tips Memilihnya!

3 Jenis Rock Climbing Descender, Ini Tips Memilihnya!

Untuk kamu yang menggemari rock climbing, tentu tak asing dengan apa yang disebut dengan descender. Perlengkapan ini memiliki peran besar dalam kegiatan luar ruang tersebut, yang sifatnya krusial. Ini kenapa, pemahaman tentang apa itu rock climbing descender dan cara memilih gear yang tepat perlu dipahami, agar kegiatan yang kamu lakukan bisa berjalan lancar.

Rock climbing descender sendiri merupakan perangkat mekanis yang digunakan untuk membantu mengatur kecepatan penurunan seseorang yang terikat pada tali. Alat ini bekerja dengan menghasilkan gesekan di tali, yang mengubah energi kinetik menjadi energi panas. Penggunanya bisa mengatur kecepatan turun dengan lebih baik, dan mengurangi risiko jatuh serta melindungi keamanan aktivitas panjat tebing yang dilakukan.

Diperlukan pemahaman yang baik pada jenis-jenis descender yang digunakan, agar kamu bisa memilih jenis alat yang tepat sesuai kebutuhanmu. Beberapa faktor seperti gaya panjat tebing yang dilakukan, pengalaman, medan yang dihadapi, serta preferensi pribadi bisa menjadi acuan untuk memilih jenis yang tepat.

Baca Juga: 5 Manfaat & 4 Tips Olahraga Panjat Tebing, Pemula Merapat!

3 Jenis Utama Rock Climbing Descender

Sumber: firnthirith via freepik.com

Secara umum terdapat tiga jenis utama untuk descender. Pertama disebut dengan tipe tube, kemudian tipe auto-locking, dan ketiga disebut dengan tipe figure-8. Penjelasan singkat masing-masing jenis descender tersebut adalah sebagai berikut.

1. Descender Tipe Tube

Tipe ini banyak direkomendasikan untuk pemanjat pemula, pendakian multi-pitch dan rappelling. Cara kerjanya cukup sederhana yakni dengan mengandalkan gesekan tali pada tube yang menjadi bagian utama dari descender ini.

Keuntungannya adalah cenderung mudah digunakan, memiliki cara kerja yang sederhana, tahan lama, dan dapat digunakan pada berbagai kondisi. Namun tantangan yang hadir adalah ada potensi memanaskan tali, dan kontrol kecepatan yang ditawarkan terbatas jika dibandingkan dengan model descender lainnya.

2. Descender Tipe Auto-Locking

Jenis kedua adalah auto-locking yang banyak digunakan untuk pemanjat solo, pendakian tebing tinggi, dan situasi darurat. Cara kerjanya adalah menggunakan mekanisme penguncian otomatis, sehingga kontrol pada kecepatan dapat dimiliki semakin baik.

Keuntungan dari penggunaan jenis ini adalah didapatkannya keamanan ekstra, hands-free, dan cocok untuk upaya penyelamatan. Tapi tantangan yang hadir adalah pada penggunaannya yang lebih kompleks,  adanya risiko macet, hingga kurang intuitif saat digunakan.

3. Descender Tipe Figure-8

Descender tipe ini banyak ditemui pada kegiatan rappelling, pendakian sederhana, dan menjadi cadangan untuk  descender lainnya. Cara kerjanya menggunakan gesekan tali pada bentuk angka 8, sehingga cukup mudah digunakan.

Kelebihan dari descender ini adalah bobotnya yang ringan, mudah digunakan, dan memiliki harga relatif terjangkau. Tapi ada pula tantangan yang hadir pada kontrol kecepatan yang terbatas, dan bisa berisiko melilit tali yang kamu gunakan.

Tips Memilih Descender yang Tepat, Pertimbangkan Hal-Hal Ini

Rock climbing descender
Sumber: freepik via freepik.com

Setelah tahu tiga jenis utama rock climbing descender yang bisa digunakan maka kamu harus mempertimbangkan beberapa hal berikut ini jika ingin memilih jenis yang tepat. Pertimbangan utama ada pada gaya pendakian, pengalaman, medan pendakian, dan preferensi pribadi yang kamu punya.

  • Gaya pendakian, untuk kamu yang ingin menggunakan descender dalam rangka olahraga, maka model sederhana dan ringan akan menjadi rekomendasi terbaik. Untuk kegiatan pendakian rock climbing tradisional, model descender yang serbaguna dan tahan lama akan lebih diutamakan, dan untuk pendakian multi-pitch model auto-locking akan lebih tepat demi menunjang keamanan
  • Pengalaman yang dimiliki, jika kamu masih berada di fase pemula atau baru memulai kegiatan rock climbing, maka kamu bisa memilih descender tube yang relatif mudah digunakan. Sedangkan pada pemanjat berpengalaman, descender yang lebih canggih dan sesuai dengan preferensi bisa dipakai
  • Medan pendakian yang dilalui, jika medan pendakian atau panjat tebing yang kamu lalui benar-benar curam, maka descender yang memiliki fokus pada kontrol kecepatan idealnya jadi opsi utama. Sedangkan pada tebing panjang, descender yang ringan dan efisien akan lebih baik untuk digunakan
  • Preferensi pribadi, pada poin pertimbangan keempat ini mungkin akan lebih relevan untuk kamu yang sudah berpengalaman. Sebab akhirnya pemilihan rock climbing descender yang tepat akan menyesuaikan dengan kenyamanan penggunaan, kemudahan pemasangan, dan kemampuan descender untuk mengontrol kecepatan turun

Agar Lebih Aman, Terapkan 4 Poin Berikut

Rock climbing descender
Sumber: pressfoto via freepik.com

Kegiatan rock climbing termasuk salah satu kegiatan ekstrim yang memiliki risiko besar. Penggunaan perlengkapan yang berkualitas dan pemahaman pada teknik dasar panjat tebing menjadi faktor utama, agar kamu bisa tetap menikmati keseruannya tapi tetap terjamin dari bahaya yang ada.

Setidaknya ada empat tips sederhana agar kegiatan yang kamu lakukan lebih aman dengan penggunaan rock climbing descender ini. Keempatnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, lakukan latihan penggunaan descender sebelum pendakian dimulai. Hal ini dilakukan untuk memahami benar cara kerja dan teknik yang tepat untuk menggunakan descender sehingga dapat berfungsi optimal
  • Kedua, selalu periksa kondisi descender secara teratur. Pastikan kondisinya ideal sehingga ketika digunakan nanti tidak ada kesalahan teknis yang terjadi karena descender rusak atau aus
  • Ketiga, gunakan tali yang kompatibel dengan descender supaya kekuatan dan kontrol yang diberikan descender benar-benar bisa bermanfaat
  • Keempat, selalu gunakan simpul pengaman di ujung tali sebagai langkah antisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan

Baca Juga:  Kuatkan Otot, 6 Latihan Fisik Panjat Tebing yang Efektif

Peran rock climbing descender dalam kegiatan panjat tebing yang krusial mengharuskan kamu memahami benar jenis apa yang dipilih dan bagaimana cara penggunaannya. Semata ditujukan agar kegiatan panjat tebingmu berjalan seru, lancar, dan tetap terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain paham tentang pentingnya peran dan penggunaan rock climbing descender, kamu juga perlu memilih produk perlengkapan panjat tebing yang telah terbukti memiliki kualitas solid. EIGER Adventure siap memberikan dukungan penuh pada kegiatan panjat tebing yang kamu lakukan, dengan berbagai gear yang ditawarkannya. Tidak perlu cemas, karena kamu dengan mudah bisa langsung mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu. Agar lebih praktis dan mudah, kamu juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang sudah bisa kamu unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya lebih lengkap dan dijamin ori. Dapatkan juga promo dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru