HomeTips & TrickMountaineering5 Manfaat & 4 Tips Olahraga Panjat Tebing, Pemula Merapat!

5 Manfaat & 4 Tips Olahraga Panjat Tebing, Pemula Merapat!

Siapa di antara kamu yang membaca artikel ini penasaran dengan olahraga panjat tebing? Termasuk salah satu olahraga ekstrim yang perlu kemampuan khusus dalam menjalankannya, ternyata cukup banyak manfaat yang bisa didapatkan dari olahraga ini lho!

Siapa tahu setelah mengetahui manfaatnya lebih jauh, kamu semakin berminat untuk mencoba olahraga ini. Selain bisa tahu tentang manfaat yang diberikan panjat tebing, kamu juga akan mendapatkan informasi tentang tips berlatih untuk pemula, lengkap dengan gear yang bisa kamu andalkan untuk mencobanya!

Manfaat Olahraga Panjat Tebing

Sumber: freepik.com

Karena akan melibatkan setiap bagian dari tubuh untuk bergerak maka jelas manfaat pertama adalah melatih kekuatan otot secara menyeluruh. Tidak berhenti disitu saja, berikut pembahasan lengkapnya untuk kamu baca.

1. Melatih Otot Tubuh

Ketika kamu mencoba panjat tebing, kamu akan langsung merasakan bahwa setiap otot di dalam tubuh harus berusaha keras untuk bergerak ke atas. Setiap gerakan dan manuver yang dilakukan akan menuntut kekuatan yang cukup besar dari setiap otot ini.

Olahraga ini secara praktis akan jadi latihan yang sangat tepat untuk setiap bagian tubuh. Otot bagian atas dan bawah harus dapat berkoordinasi dengan baik, sehingga menghasilkan tenaga yang diperlukan untuk bergerak.

2. Fleksibilitas dan Keseimbangan Tubuh

Tidak sekedar kekuatan yang diperlukan, tapi kamu juga akan menjadi lebih fleksibel. Dengan track yang berbeda-beda, kamu bisa mencoba sejauh mana kelenturan badanmu untuk menaklukkan tebing atau tembok yang ada.

Distribusi beban tubuh yang baik juga akan terlatih karena tanpanya tenaga yang kamu punya akan lekas habis. Well, secara umum olahraga ini benar-benar latihan yang bagus untuk melatih kelenturan gerak dan jangkauan, serta keseimbangan tubuh atas dan bawah.

3. Menyehatkan Jantung dan Paru-Paru

Adanya usaha keras yang dilakukan tubuhmu saat panjat tebing akan membutuhkan dukungan yang besar dari jantung dan paru-paru. Pengaturan nafas diperlukan agar kamu bisa terus bergerak tanpa merasakan kelelahan yang membuatmu gagal.

Latihan kekuatan jantung dan paru-paru ini akan terus terjadi selama kamu melakukan panjat tebing. Kamu semakin tahu batas kekuatanmu, dan bisa mendorongnya sedikit lebih jauh dari waktu ke waktu.

4. Koordinasi Gerakan Anggota Tubuh

Manfaat keempat yang bisa kamu dapatkan adalah berlatih koordinasi gerak tangan, kaki, dan gerakan bagian tengah tubuh. Ketika kamu sudah mulai terbiasa, kamu akan mulai mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berpindah dari satu titik ke titik lain, dan gerakan apa yang harus dilakukan.

Tidak perlu buru-buru, semua selalu mulai dari nol untuk urusan ini. Semakin sering kamu berlatih, maka akan semakin cepat mahir juga skill yang kamu punya. Sabar, konsisten, dan pantang menyerah, akan jadi kunci agar kamu bisa menyelesaikan track yang ada.

5. Hobi dan Teman Baru

Jarang sekali ditemui orang yang berlatih panjat tebing tanpa teman atau komunitas. Bukannya tidak ada, namun olahraga ini cenderung dilakukan secara berkelompok karena banyak hal yang harus diperhatikan dan diurus.

Kamu akan lebih mudah mendapatkan teman yang memiliki minat serupa di dunia panjat tebing. Hal ini sangat menyehatkan secara mental, karena bisa melakukan sesuatu yang produktif bersama orang-orang baru.

Untuk Pemula, Tips Sederhana Ini Bisa Kamu Cermati

Sumber: freepik.com

Setidaknya ada lima tips yang bisa kamu gunakan untuk mulai berlatih dan menggeluti panjat tebing ini. Keempatnya adalah sebagai berikut.

1. Latih Kekuatan Fisik

Baik kekuatan fisik bagian atas atau kekuatan fisik bagian bawah dan tengah, kamu harus melatihnya terlebih dahulu. Latihan beban akan jadi latihan yang baik untuk meningkatkan kekuatan, dibarengi dengan latihan panjat tebing yang rutin.

2. Latih Kelenturan Tubuh

Latihan kedua adalah kelenturan tubuh. Hal ini diperlukan agar kamu tidak mudah mengalami cedera, dan jangkauanmu semakin panjang dalam menggapai setiap titik yang diinginkan.

3. Siapkan Mental

Jangan mudah menyerah dan terus gigih dalam mencoba. Tidak masalah jika kamu gagal berkali-kali, selama kamu mau bangkit, berlatih, dan mencobanya lagi. Kesempurnaan datang dari latihan yang konsisten.

4. Tahu Jenis Pijakan dan Pegangan

Karena setiap jenis pijakan dan pegangan akan memiliki tekniknya masing-masing untuk digunakan dengan optimal. Untuk tahu lebih jauh, kamu bisa langsung klik di artikel ini secara lebih lengkap dan detail!

Untuk bisa melakukan olahraga panjat tebing akan diperlukan beberapa peralatan yang esensial. Tidak perlu cemas, peralatan ini biasanya sudah disediakan oleh komunitas atau penyelenggara olahraga, sehingga kamu tinggal membawa apa yang menjadi kebutuhan pribadi saja.

Beberapa peralatan yang dibutuhkan antara lain tali karmantel, harness, carabiner, ascender, descender, webbing, piton, palu, chock and friend, hanger, chalk bag, dan sepatu. Banyak diantaranya bisa kamu temukan dengan mudah di toko Eiger Adventure, tepat di situs dimana artikel ini kamu baca. Soal kualitas kamu tidak perlu khawatir, karena Eiger Adventure selalu menyediakan berbagai peralatan seperti untuk olahraga panjat tebing dengan kualitas yang dapat diandalkan. Mulai aktivitas seru dan menyenangkan bersama Eiger Adventure! 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru