HomeTips & TrickMountaineering6 Sabana Indonesia untuk Dijelajahi, Kapan Berangkat?

6 Sabana Indonesia untuk Dijelajahi, Kapan Berangkat?

Menjadi salah satu negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia dianugerahi dengan keindahan alam yang luar biasa. Tidak hanya pantai dan gunung yang menjulang, ternyata tidak sedikit lho sabana Indonesia yang bisa kamu masukkan ke itinerary perjalanan untuk liburan!

Sabana sendiri adalah padang rumput yang memiliki pepohonan, meski dominiasi vegetasinya adalah rumput dan ilalang. Di Indonesia, ada beberapa titik yang bisa dicoba jika kamu ingin merasakan sensasi berbeda wisata alam, yang bukan gunung, laut, atau sejenisnya.

Tanpa berpanjang lebar lagi, ini rekomendasi sabana Indonesia yang bisa kamu coba kunjungi!

Baca Juga: 6 Tips Efektif agar Tidur di Gunung Makin Nyenyak dan Hangat

1. Di Banyuwangi Ada Sabana Cikasur

Sabana Indonesia
Sumber: tuankembara.blogspot.com 

Letaknya ada di Taman Nasional Baluran, Jawa Timur. Sabana ini juga dikenal dengan nama lain Africa van Java, karena vibe yang Eigerian dapatkan mirip sekali dengan nuansa yang ada di sabana benua Afrika.

Beberapa hewan endemik juga tinggal dan berkembang biak di area tersebut, dan semakin membuat hawa Afrika terasa kental. Mulai dari banteng, rusa, hingga beberapa spesies burung hidup di sana. Jika Eigerian cukup beruntung, mungkin akan ditemui beberapa hewan saat berkunjung ke sana.

Tentu saja Sabana Cikasur menjadi salah satu sabana Indonesia yang layak masuk dalam daftar kunjungan saat kamu berlibur, dan ingin merasakan suasana Afrika tanpa harus jauh-jauh berpindah benua.

2. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur

Sabana Indonesia
Sumber: Chafidwahyu via Wikipedia

Masih di area Jawa Timur, sabana ini tepatnya ada di antara Gunung Bromo, Gunung Batok, dan Gunung Semeru. Sabana yang ada di sana menyuguhkan pemandangan yang indah dan mengesankan, dengan padang rumput luas yang terhampar sejauh mata memandang.

Lepas dari kabar kurang mengenakkan yang mungkin Eigerian sudah dengar beberapa waktu lalu tentang kebakaran yang melandanya, terbaru area ini sekarang sudah menjadi hijau, dan bahkan dinobatkan sebagai salah satu yang tercantik di dunia.

Kamu bisa berkunjung dan menikmati pemandangannya. Tapi tetap perhatikan tata tertib yang berlaku di sana ya.

3. Sabana Sembalun, Kombinasi dengan Rinjani

Sabana Indonesia
Sumber: phinemo.com

Kalau yang satu ini terletak di dekat Gunung RInjani. Pemandangannya sangat indah dengan warna hijau dominan, serta look yang sangat segar dan bersih. Ditambah dengan pemandangan gagahnya Gunung Rinjani sebagai latar belakang, membuat sabana Indonesia ini layak dikunjungi.

Sabana Sembalun juga menjadi spot terkenal untuk hiking dan camping, dan rumah untuk beberapa satwa liar seperti sapi, kijang, rusa, hingga burung elang. Serupa dengan Sabana Cikasur, jika kamu beruntung kamu bisa berkesempatan melihat hewan liar ini langsung di habitat aslinya.

4. Sabana Komodo di NTT

Sabana Indonesia
Sumber: alurnews.com 

Sabana Komodo menjadi salah satu sabana yang mungkin tidak banyak diketahui, tapi menyimpan potensi keindahan yang luar biasa. Letaknya ada di Pulau Rinca, Nusa Tenggara Timur, dan menawarkan pemandangan eksotis dengan pantai yang indah.

Sebagai bonus, kamu juga berkesempatan melihat naga legendaris yang memiliki habitat di sabana ini, yakni Komodo. Meski demikian, kamu tetap harus berhati-hati ketika melihat hewan purba ini ya. Tetap jaga jarak aman, sehingga risiko yang muncul bisa ditekan sebab pada dasarnya komodo adalah hewan predator.

5. Sabana Sumba, Masih di NTT

Sabana Indonesia
Sumber: goodnewsfromindonesia.id

Menjadi salah satu sabana Indonesia yang paling terkenal, Sabana Sumba terletak di daerah Nusa Tenggara Timur. Pemandangan yang ditawarkan adalah padang rumput yang luas dengan perbukitan megah di sekelilingnya.

Keindahan yang diberikan di area ini tidak hanya pemberian dan anugerah alam saja, namun ada daya tarik budaya yang bisa kamu temui. Kamu bisa menemukan beberapa rumah adat Sumba yang otentik di area padang rumput ini.

Kombinasi keindahan alam dengan kearifan lokal dijamin membuatmu betah berlama-lama.

6. Sabana di Gunung Lawu, Bulak Peperangan

Sabana Indonesia
Sumber: exploringindonesia.com

Jika Eigerian ingin menikmati keindahan sabana sambil mendaki gunung, maka opsi ini bisa masuk dalam itinerary yang kamu punya. Pendakian di Gunung Lawu bisa sambil menikmati sabana Bulak Peperangan yang ada di jalurnya.

Untuk sampai di sabana ini sendiri Eigerian bisa mengambil jalur Candi Cetho. Padang rumput yang indah ini bisa ditemukan pada perjalanan dari pos 5 ke Pasar Dieng. Selain indah, area sabana ini juga dikenal sarat dengan cerita mistis yang melegenda, sisa-sisa pertempuran Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Demak.

Tidak Sabar Menjelajah Sabana Indonesia? Lengkapi dengan Gear Berkualitas dari Eiger Adventure!

Penjelajahan di sabana Indonesia jelas memerlukan persiapan yang matang, dari segi fisik dan perlengkapan. Untuk fisik, kamu bisa mulai berolahraga dengan rutin untuk memperbaiki stamina.

Untuk perlengkapan sendiri, jelas Eiger Adventure akan menjadi jawaban atas kebutuhanmu. Beberapa gear berkualitas ini bisa kamu masukkan ke wishlist, dan membelinya sebelum berangkat.

Eiger Volcan Villarica LS x Inkali T-Shirt

Sabana Indonesia
Sumber: Eiger Adventure

Produk ini tersedia dalam dua warna berbeda dan lima ukuran hingga XXL. Dengan harga Rp201,520 saja, kamu bisa membawa pulang kaos dengan bahan katun, dan berteknologi quick dry agent serta anti-bacterial agenti ini.

Eiger Trailhikers Exp Pants

Sumber: Eiger Adventure

Celana keren ini siap menemani kamu menjelajah kapanpun dan dimanapun. Dengan material nylon, kamu bisa merasa nyaman dan terlindung selama berpetualang. Harganya sendiri adalah Rp500,720.

Eiger Tomahawk Roll Strap P2 Sandals

Sabana Indonesia
Sumber: Eiger Adventure

Salah satu lini sandal gunung andalan Eiger Adventure, opsi ini tersedia hingga ukuran 45. Eigerian bisa mendapatkannya hanya dengan harga Rp236,720 saja.

Eiger Gyrfalcon Woman Shoes

Sabana Indonesia
Sumber: Eiger Adventure

Untuk Eigerian wanita, sepatu ini akan sangat cocok digunakan menjelajah. Nyaman, solid, dan memberikan kebebasan bergerak, harganya hanya Rp676,720 saja.

Baca Juga: Bertemu Singa Gunung, Apa yang Harus Dilakukan oleh Pendaki? 

Itu tadi beberapa opsi sabana Indonesia yang bisa menjadi pilihan menarik untuk menikmati liburan dengan sensasi unik dan tak terlupakan. Tentu saja, masih banyak sabana lain yang bisa dijelajahi bersama Eiger Adventure. Yang jelas, selalu beli produk Eiger Adventure di situs resminya, sebab kamu bisa mendapatkan harga terbaik, gratis ongkir, opsi metode pembayaran yang beragam, serta jaminan produk ori. Rencanakan dengan baik, dan maksimalkan pengalamanmu dalam menjelajah bersama Eiger Adventure!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru