HomeTips & TrickMountaineering6 Tips Efektif agar Tidur di Gunung Makin Nyenyak dan Hangat

6 Tips Efektif agar Tidur di Gunung Makin Nyenyak dan Hangat

Aktivitas mendaki dan berkemah di gunung membutuhkan banyak energi yang dikeluarkan oleh para pendaki. Salah satu cara memulihkan stamina tubuh selama pendakian adalah dengan mendapatkan tidur nyenyak di gunung. Badan harus mendapatkan istirahat yang cukup serta memperoleh energi kembali untuk kegiatan berikutnya selama di alam bebas. Nah, Eigerian yang berencana mendaki gunung dan bermalam, hendaknya memperhatikan beberapa tips tidur di gunung agar tetap nyenyak dan tubuh hangat di tengah cuaca yang dingin.  

Tips agar Bisa Tidur Nyenyak dan Tidak Kedinginan di Gunung

Sembari mempersiapkan perlengkapan dan kondisi tubuh sebelum naik gunung, Eigerian perlu memahami pentingnya memiliki kondisi tubuh yang sehat dan bugar selama pendakian berlangsung. Sudah dibahas pada bagian awal, tidur di gunung dalam kondisi nyenyak, pulas, dan hangat meski cuaca dingin menerpa, adalah kunci utama mempertahankan stamina selama pendakian yang cukup melelahkan. 

Kamu bisa mengikuti beberapa kiat berikut ini untuk mendapatkan tidur yang berkualitas saat berkemah di gunung.

1. Selalu Ingat Bahwa Gunung Sudah Pasti Dingin

Sudah sejak dahulu gunung dikenal sebagai objek alam yang memiliki cuaca dingin karena berada di ketinggian. Eigerian jangan coba sekali-kali meremehkan cuaca gunung meski tidak memiliki ketinggian yang menjulang. Bahkan sebelum mencapai puncak gunung, kerap kali pendaki sudah merasakan hawa dingin saat masih berada di pos pendakian.

Bagi kamu yang terbiasa hidup di hawa panas perkotaan, kuatkan dalam pikiran bahwa di gunung pasti dingin, terutama di malam hari. Persiapkan mentalmu sekuat mungkin menghadapi cuaca di gunung supaya diri lebih siap setibanya di lokasi pendakian. 

2. Bawa Pakaian dan Perlengkapan Mountaineering yang Lengkap

Pakaian dan perlengkapan menjadi hal paling krusial yang harus Eigerian persiapkan selama melakukan pendakian di gunung. Tidak hanya menunjang aktivitas selama naik dan turun dari gunung, pakaian dan perlengkapan yang lengkap juga dibutuhkan saat tidur di gunung. 

Catat dan persiapkan pakaian selama mendaki, mulai dari celana, baju, jaket, baselayer, pakaian dalam, sarung tangan, hingga pelindung kepala seperti topi dan kupluk. Pilihlah jenis dan bahan pakaian gunung yang nyaman dan mudah menyerap keringat agar kamu bebas bergerak selama di alam bebas. Ingat ya, untuk pakaian tidur, sebaiknya kamu bedakan dengan pakaian yang digunakan saat mendaki.

Selain itu, ada tambahan perlengkapan agar tidurmu semakin nyenyak dan hangat selama di gunung, seperti bawa sleeping bag, matras, blanket atau selimut, dan juga pastinya tenda yang kokoh untuk bermalam. Bagaimana pun, pakaian yang proper untuk tidur di gunung dan perlengkapan mountaineering yang sudah disebutkan tadi, berperan penting supaya tidur bisa nyenyak. 

Tidak perlu bingung, kamu bisa dengan mudah menemukan dan membeli perlengkapan mendaki hanya di situs resmi Eiger Adventure Official, dan ulasan produknya sudah dicantumkan di bagian akhir artikel ini. 

3. Makan dan Minum yang Cukup Sebelum Tidur

Makanan adalah amunisi terpenting yang harus ada saat pendakian. Selain memasok energi yang cukup dan pastinya agar tidak kelaparan, makan sebelum tidur juga penting agar tubuh bisa tidur terlelap. Makan atau ngemil yang cukup dan tidak terlalu kenyang untuk membuat badan jadi lebih hangat karena terjadi proses pembakaran energi. Jangan biarkan perutmu kosong sebelum tidur, risikonya bisa terbangun karena kelaparan saat tengah malam.

Selain makan, jangan lupa penuhi kebutuhan minum menjelang tidur agar kebutuhan hidrasi terpenuhi. Buatlah minuman hangat untuk menghangatkan badan saat cuaca dingin menerpa. Usahakan minum air putih yang banyak agar tidak kebangun karena haus.

Sumber: eigeradventure.com

4. Pakai Pakaian Tidur Rangkap

Untuk menghangatkan tubuh agar tidak kedinginan saat tidur di gunung, pakailah pakaian yang tebal mulai dari baju, jaket, celana, kaos kaki, hingga sarung tangan. Jika kamu masih menggigil, pakai pakaian double agar kehangatannya maksimal. Dengan memakai produk jaket gunung dari Eiger, kamu tidak perlu merangkap jaket karena telah terbuat dari bahan yang tebal dan berkualitas.

Lindungi area kaki dengan menggunakan kaos kaki tebal, karena kaki adalah salah satu bagian tubuh yang rentan terkena hawa dingin. Selain memakai kaos kaki dan sarung tangan, sebaiknya Eigerian juga memakai kupluk seperti Eiger X-Invierno yang menjaga kepala tetap hangat berkat teknologi Tropical Warm-nya. 

5. Tidur dengan Cara Berhimpitan

Tips berikutnya agar kamu cepat nyenyak dan tidak kedinginan saat tidur di dalam tenda adalah dengan cara berhimpit-himpitan. Lakukan cara ini dengan merapatkan tubuh sesama teman untuk merasakan hangat yang keluar dari dalam tubuh masing-masing. Berhimpitan tentunya masing-masing memakai jaket tebal agar hangatnya maksimal.

6. Tenangkan Diri dan Pikiran Selama Tidur di Gunung

Tips efektif yang tidak kalah pentingnya buat EIgerian adalah menenangkan diri dan pikiran selama tidur di dalam renda. Buang pikiran aneh-aneh dan berbau mistis yang akan membuat diri tidak tenang. Penuhi pikiran dengan afirmasi positif dan hal-hal yang menyenangkan. 

Sebisa mungkin untuk mengontrol pikiran agar tubuh dapat beristirahat dengan cukup dan optimal. Jika kamu susah tidur di tenda, coba dengarkan musik favorit atau suara-suara alam yang bikin rileks, seperti aliran sungai, suara angin, deburan ombak, atau nyanyian burung. Dijamin tidurmu akan pulas dan bermimpi indah.

Produk EIGER yang Berfungsi Menjaga Kehangatan Tubuh saat Tidur di Gunung 

1. EIGER BALMY BLANKET

Sumber: eigeradventure.com

Balmy blanket dirancang untuk memenuhi kenyamanan EIgerian di tengah cuaca dingin atau camping atau traveling. Desain konvertibel pada Balmy Blanket memberikan kenyamanan dari kaki hingga kepala, atau bisa kamu ubah menjadi sleeping bag untuk beristirahat. Selain memberi kehangatan, Eiger Balmy Blanket terbuat dari material poly cotton yang lembut dan awet. Dijamin tidur selama di tenda akan semakin nyaman dan berkualitas.

2. EIGER MS FINDERS PRO INSULATE JACKET

Sumber: eigeradventure.com

Dapatkan kehangatan maksimal menggunakan MS Finders Pro Insulate Jacket yang terbuat dari bahan ringan selama kamu berpetualang. Berkat insulasi PrimaLoft Gold Insulation Down Blend yang ringan, breathable, dan water repellent, yang kehangatannya sebanding dengan 750 fill bulu angsa.

Bahan jaket Pertex Quantum ditenun dari benang daur ulang yang hasilnya lembut, windproof, dan downproof. Jangan ragu gunakan jaket dengan penutup kepala ini jadi partner andalan untuk mengeksplorasi alam.

3. EIGER WS HEATWAVE XT JACKET

Sumber: eigeradventure.com

Atasi udara dingin di gunung menggunakan WS Heatwave XT Jacket yang nyaman berkat insulasi padding dan bahan Pertex Quantum yang ringan dan windproof. Kehangatan dari jaket ini dihasilkan berkat teknologi EIGER warm. Jaket ini hadir dengan fitur saku di bagian luar dan dalam, yang bisa untuk menyimpan barang-barang yang sering kamu gunakan. 

4. EIGER SLEEP SACK 1000 SLEEPING BAG

sleeping bag
Sumber: eigeradventure.com

Kantong tidur atau sleeping bag adalah kebutuhan esensial yang tidak boleh ketinggalan saat naik gunung dan camping. Eiger menghadirkan produk Sleep Sack 1000 untuk kenyamanan dan keamanan saat tidur di alam terbuka. Sleeping bag ini dibuat dari bahan polyester dengan daya tahan kuat dan tetap ringan saat dibawa menggunakan tas praktis.

Teknologi Tropic Insulation menjaga tubuh tetap hangat ketika suhu dingin saat berada di alam terbuka. Sleep Sack sangat mudah digunakan karena memiliki resleting dua arah yang membuat makin nyaman dan nyenyak untuk tidur. Ukurannya 215 x 75 cm dengan tinggi badan maksimal 180 cm.

5. EIGER SENARU 2P TENTS

Sumber: eigeradventure.com

Salah satu tenda terbaik dari Eiger adalah Senaru 2P yang muat untuk kapasitas 2 orang. Tenda ini memiliki tiang rangka berbahan duraluminium yang mudah dipasangkan serta ada satu akses pintu masuk dan mesh sebagai ventilasi. Saat tidak pakai, kamu bisa menyimpan tenda ini kembali di carry bag. 

Jika Eigerian memiliki rencana untuk naik gunung, atau berkemah di alam terbuka bersama teman-teman, pastikan semua perlengkapan Mountaineering sudah kamu miliki dari Eiger Adventure! Produk lengkap dan terpercaya, kamu bisa berbelanja online dari rumah untuk mendapatkan perlengkapan pendakian yang kamu butuhkan. Dapatkan produk-produk terbaik Eiger yang selalu menawarkan harga promo menarik dengan kualitas terbaik! 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru