HomeTips & TrickTraveling8 Manfaat Short Escape, Alternatif Liburan Singkat Penghilang Stres!

8 Manfaat Short Escape, Alternatif Liburan Singkat Penghilang Stres!

Semua kesibukan yang sudah menjadi rutinitas nyatanya membawa dampak tidak terlalu baik pada kesehatan mental seseorang. Tidak sedikit yang kemudian merasakan stres, dan mencari ‘pelarian’ dengan melakukan short escape. Tapi sebenarnya short escape artinya apa?

Sebelum membahas lebih dalam tentang apa itu short escape, isu kesehatan mental dan kejenuhan belakangan menjadi bahasan banyak orang. Semakin terasa dampaknya karena tak jarang mengganggu pekerjaan dan aktivitas, nyatanya seseorang benar-benar perlu cara-cara efektif untuk mengendalikan tingkat stres, sehingga tetap dalam kondisi mental yang sehat dan stabil, serta dapat bekerja dengan optimal.

Baca Juga: 9 Tips Liburan Hemat dan Mengesankan, Tentukan Destinasimu!

Mari Cari Tahu Short Escape Artinya Apa

Short escape artinya
Sumber: EIGER Adventure

Istilah ini populer di kalangan kaum muda sebagai salah satu ‘metode’ untuk beristirahat. Seperti yang disebutkan sebelumnya, tumpukan stres dari kejenuhan, rasa lelah, dan kepenatan pada rutinitas pada akhirnya menuntut seseorang untuk sejenak mengambil waktu dan mendapatkan kembali keseimbangannya.

Seperti terjemahannya secara harfiah yakni ‘pelarian singkat’, short escape artinya adalah kegiatan liburan dalam tempo sebentar yang dilakukan untuk beristirahat. Karena waktunya yang singkat, maka kegiatan liburan yang menjadi opsi juga sejatinya tidak terlalu jauh dari tempat tinggal atau domisili seseorang.

Liburan singkat menjadi alternatif bagi orang yang ingin berlibur, bersantai, atau beristirahat, tapi tidak punya banyak waktu untuk dihabiskan. Walaupun demikian hal ini tetap harus direncanakan dengan matang, agar dampak yang dihasilkan benar-benar bisa membawa energi positif yang diharapkan sehingga bisa kembali beraktivitas dengan penuh semangat.

Beberapa Manfaat dari Short Escape

Short escape artinya
Sumber: EIGER Adventure

Jika berbicara manfaat, sebenarnya akan banyak berfokus pada pelepasan stres dan usaha mengembalikan kembali semangat yang habis karena rasa jenuh. Tapi lebih jauh mari bedah manfaat dari short escape yang bisa dirasakan ketika kamu melakukannya.

1. Liburan Tanpa Banyak Pengorbanan

Artinya kamu tidak perlu mengambil cuti, membolos kerja, atau bahkan keluar dari pekerjaan untuk melakukan liburan. Kamu bisa memanfaatkan waktu akhir pekan yang kamu punya untuk liburan mini, dengan berkunjung ke lokasi-lokasi menyegarkan dan seru yang aksesnya tidak memakan banyak waktu dari tempat kamu tinggal.

2. Mengembalikan Semangat

Short escape juga akan membantu kamu mengembalikan semangat dan gairah hidup yang terkikis akibat pekerjaan. Waktu rehat sejenak ini bahkan diklaim bisa mengembalikan makna hidup seseorang, yang terlalu jenuh dan mulai kehilangan arah. Menikmati angin pantai, melihat sunrise di puncak gunung, atau sekedar berkemah di tengah-tengah alam, bisa membantu kamu kembali terhubung dengan alam dan menyerap energi positifnya.

3. Melakukan Apa yang Kamu Mau

Tanpa mengorbankan waktu yang terlalu banyak, kamu bisa melakukan apa yang kamu mau. Kamu bisa diving, kamu bisa mendaki gunung, kamu bisa berbelanja makanan otentik, kamu bisa berkunjung ke tempat bersejarah, atau kamu bisa sekedar bersantai bangun siang tanpa mempedulikan jam kerja di tempat yang kamu inginkan.

4. Planning yang Sederhana

Karena waktu yang akan kamu habiskan tidak terlalu lama, jelas planning yang dibuat tidak akan terlalu membuat repot jika dibandingkan dengan liburan dengan waktu yang lama. Tanpa mengurangi ketelitian dalam perencanaan, kamu bisa liburan dengan waktu perencanaan yang singkat, atau bahkan secara instan.

5. Rehat dari Rutinitas

Short escape artinya kamu bisa mengambil waktu istirahat dan jarak dalam waktu singkat dari realitas yang dihadapi setiap hari. Alih-alih menghabiskan akhir pekan di kamar dengan bermalas-malasan, yang juga tidak salah, kamu akan memaksimalkan waktu singkat ini untuk recharge energi dengan optimal dan mengembalikan tingkat semangat ke titik yang tinggi.

6. Teaser untuk Liburan Mendatang

Short escape juga memungkinkan kamu untuk  melakukan survey singkat tentang tempat yang akan kamu datangi. Informasi dan pengalaman yang kamu dapatkan ini bisa jadi bahan pertimbangan untuk menjadikannya destinasi di waktu liburan lebih panjang yang akan datang.

7. Mengurangi Level Stres

Diklaim bahwa liburan singkat bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari menikmati waktu berkualitas tanpa gangguan pekerjaan, mendapatkan suasana baru yang menyegarkan, menurunkan tingkat stres, hingga memberikan waktu untuk tubuh dan pikiran bersantai, lepas dari sumber stres yang biasanya menghantui.

8. Tubuh Lebih Aktif

Pada konteks short escape yang lebih aktif, kamu bisa membantu tubuh mendapatkan gerakan dan latihan yang diperlukan. Hari-hari dimana kamu melakukan pekerjaan di depan layar secara statis akan sejenak digantikan dengan waktu berkualitas untuk tubuh bergerak secara aktif. Ide terbaik mungkin adalah trekking, mendaki gunung, berkemah, atau melakukan kegiatan lain yang melibatkan gerakan fisik. Jangan salah, meski terasa lelah setelah beraktivitas, kamu akan mendapatkan semangat dan energi baru ketika kembali ke rutinitas.

Baca Juga: Aturan Bea Cukai Barang dari Luar Negeri yang Harus Dipahami

Lalu Adakah Tips yang Bisa Digunakan?

Short escape artinya
Sumber: EIGER Adventure

Seperti semua liburan dan kegiatan yang akan kamu lakukan, sederet tips juga sebaiknya diindahkan dan kamu coba cermati. Tips ini bertujuan agar agenda short escape yang kamu lakukan menjadi lebih seru, dan pengalaman yang didapatkan lebih maksimal.

  • Pertama, tidak selalu harus luar kota. Banyak objek dan spot yang ada di kotamu menawarkan tempat liburan yang seru, jadi kamu bisa menikmati waktu berkualitas untuk dirimu sendiri tanpa harus jauh-jauh ke luar kota
  • Kedua, hindari mall dan pusat keramaian lain. Hal ini dengan asumsi kamu sering pergi ke mall untuk berbelanja dan melakukan banyak kegiatan yang terkait dengan rutinitas. Pada dasarnya short escape artinya lepas sejenak dari rutinitas, maka dari itu cari pengalaman yang jarang kamu lakukan
  • Ketiga, gunakan transportasi umum. Well meski transportasi yang ada mungkin terbatas, tapi short escape dengan kendaraan umum akan memberikan pengalaman seru tidak hanya di tujuanmu, tapi juga selama perjalanan
  • Keempat, buat agenda yang akan kamu lakukan. Tentu ini preferensi pribadi apakah agenda akan dibuat rinci atau sekedar melihat situasi dan kondisi, tapi setidaknya kamu punya gambaran umum apa yang ingin kamu tuju dari short escape ini
  • Kelima light travel. Artinya tidak perlu membawa barang terlalu banyak, cukup bawa hal-hal esensial saja. Seperti tas ringkas, pakaian ganti, uang, smartphone, perlengkapan perjalanan, dan beberapa perlengkapan lain. Ingat, kamu hanya akan liburan singkat, jadi koper atau ransel besar tidak menjadi kebutuhan utama
  • Keenam, jika bisa lakukan di hari kerja. Akan benar-benar menjadi short escape jika kamu bisa melakukannya di hari kerja, tapi tetap tanpa mengambil cuti. Well akan cukup melelahkan, tapi pengalaman yang didapatkan jelas akan lebih seru ketika sore hingga malam kamu berada di tengah alam untuk berkemah, dan paginya kamu sudah kembali di meja kerja

Baca Juga: Opsi Menarik 7 Pantai Pasir Putih di Indonesia 

Mencoba melakukan short escape sebenarnya bukan ide yang buruk, karena akan memberikan pengalaman seru di tengah pekerjaan yang padat dan terus meningkatkan rasa stres. Tapi yang harus dipastikan adalah bahwa cara istirahat ini juga sebaiknya tidak mengganggu ritme kerja yang tetap harus dijaga sebagai sebuah bentuk tanggung jawab.

Setelah tahu short escape artinya apa, kini kamu bisa mulai merencanakan liburan singkat ini. Banyak destinasi yang ada dan tersebar di setiap kota yang menawarkan pengalaman seru. Perencanaan matang dan terukur menjadikan semua sempurna, dan dukungan dari gear solid akan membantumu menikmati waktu berkualitas ini. EIGER Adventure kemudian menawarkan ragam produk berkualitas untuk menemani liburan singkat yang kamu jalani ini. Seperti misalnya X-Hillfronter Pack 25L yang menawarkan kapasitas lega untuk barang bawaan, kemudian WS Vanaseeker Warmer Jacket yang memberikan kehangatan sekaligus menjadi outfit keren, atau Volga Hats WS yang bisa membantumu menghindari terik Matahari saat siang hari. Tidak perlu cemas sulit mendapatkannya, kamu bisa langsung mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu. Agar lebih praktis dan mudah, kamu juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang sudah bisa kamu unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya lebih lengkap dan dijamin ori. Dapatkan juga promo dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru