HomeTips & TrickRiding5 Destinasi Off-the-Beaten-Path untuk Solo Touring Motor Jalur Sumatera

5 Destinasi Off-the-Beaten-Path untuk Solo Touring Motor Jalur Sumatera

Sumatera merupakan pulau yang kaya akan keindahan alam serta budaya yang belum banyak dieksplorasi. Bagi Eigerian yang hobi menjelajah dengan motor, Sumatera punya banyak destinasi menarik yang cocok untuk petualangan solo touring, lho

Solo touring motor ini bisa menjadi cara yang ideal untuk menjelajahi destinasi tersembunyi di Sumatera, karena memberikan fleksibilitas dan kebebasan yang tidak bisa Eigerian dapatkan dengan metode perjalanan lain. Dengan solo touring, Eigerian bisa menentukan rute dan jadwal perjalanan sesuai keinginan tanpa harus terikat dengan waktu atau rute yang ditetapkan oleh agen perjalanan. Ini memungkinkan Eigerian untuk berhenti di tempat-tempat menarik yang mungkin tidak ada dalam peta wisata umum.

Nah, menjelajahi destinasi off-the-beaten-path di Sumatera tentunya akan menawarkan pemandangan alam yang luar biasa. Selain itu juga akan memberikan pengalaman unik yang sulit ditemukan di tempat-tempat wisata yang lebih umum. Semakin penasaran kan, mana saja destinasi off-the-beaten-path untuk solo touring jalur Sumatera?

Tips Solo Touring Motor di Sumatera

Solo Touring Motor Jalur Sumatera
Sumber: Eiger Adventure

Menjelajahi pulau Sumatera dengan motor memungkinkan Eigerian untuk menikmati keindahan alam dan keragaman budaya secara lebih mendalam. Tapi, pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik dan memeriksa kondisi jalan serta cuaca sebelum memulai perjalanan, ya!

1. Persiapan Motor

Pastikan Eigerian melakukan servis dan pengecekan secara menyeluruh sebelum perjalanan. Selain itu, bawa perlengkapan darurat dan peralatan perbaikan dasar, lalu pastikan juga kondisi ban dan rem dalam keadaan baik.

2. Perlengkapan Diri

Eigerian wajib menggunakan pakaian yang sesuai dengan cuaca dan medan. Mulai dari helm, jaket, sarung tangan, dan sepatu pelindung perlu dipilih yang berkualitas. Jangan lupa bawa perlengkapan tidur jika berencana untuk menginap atau berkemah. Obat-obatan pribadi dan P3K juga jangan sampai ketinggalan!

3. Navigasi dan Komunikasi

Gunakan peta offline atau aplikasi GPS, dan jangan lupa membawa power bank dan charger. Pastikan juga untuk menginformasikan rencana perjalanan kepada keluarga atau teman.

4. Keamanan

Selalu berhati-hati saat berkendara di jalan yang tidak dikenal. Patuhi rambu lalu lintas dan aturan berkendara, hindari berkendara di malam hari atau saat cuaca buruk, dan selalu jaga barang bawaan dengan baik.

Baca juga: Batas Kecepatan Normal Motor di Berbagai Situasi, Perhatikan!

Destinasi Off-the-Beaten-Path untuk Solo Touring di Sumatera

Solo Touring Motor Jalur Sumatera
Sumber: Eiger Adventure (Gambar Hanya Ilustrasi)

Memangnya, kenapa sih kita perlu memilih destinasi off-the-beaten-path untuk solo touring di jalur Sumatera? Destinasi off-the-beaten-path cenderung lebih sedikit dikunjungi oleh wisatawan, sehingga bisa memberikan pengalaman yang lebih autentik dan mendalam. Selain itu, destinasi yang tersembunyi juga cenderung lebih tenang dan alami, memungkinkan Eigerian untuk menikmati keindahan alam tanpa gangguan atau keramaian dari wisatawan lain. Tentunya, Eigerian dapat merasakan kedamaian dan keindahan alam yang lebih intim dan mendalam.

Nah, berikut adalah lima destinasi off-the-beaten-path yang cocok untuk solo touring di Sumatera:

1. Danau Maninjau

Terletak di Kabupaten Agam, Danau Maninjau menawarkan pemandangan alam yang spektakuler dengan airnya yang tenang diapit oleh pegunungan. Jalan menuju ke Danau Maninjau ini melewati jalanan berkelok dengan pemandangan yang memukau, sempurna untuk solo touring

2. Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai juga menjadi salah satu destinasi off-the-beaten-path untuk solo touring jalur Sumatera yang direkomendasikan. Terletak di lereng Bukit Barisan dekat kota Padang Panjang, Eigerian bisa mengunjungi air terjun ini untuk mendapatkan pengalaman menyegarkan dengan suara gemericik air yang menenangkan dan suasana alam yang masih alami.

3. Lembah Harau

Berikutnya, Eigerian juga bisa berkendara melalui Lembah Harau menawarkan pemandangan tebing granit yang megah, sawah yang subur, serta air terjun yang menawan. Jangan lewatkan untuk berinteraksi dengan penduduk lokal yang ramah dan memahami kehidupan pedesaan Minangkabau, ya!

4. Pulau Cubadak

Pulau Cubadak yang terletak di lepas pantai Padang menawarkan pantai yang indah, air laut yang jernih, dan kehidupan bawah laut yang menakjubkan. Meskipun tidak terlalu jauh dari Padang, pulau ini relatif sepi dan cocok untuk solo touring.

5. Danau Kembar, Sumatera Utara

Danau yang terletak di Toba Samosir ini memiliki dua danau yang terpisah oleh jalan raya. Bisa ditempuh sekitar dua jam perjalanan dari Danau Toba, Eigerian bisa melakukan solo touring di jalur ini dengan menikmati pemandangan yang indah serta udara segar di sekitar danau.

Baca juga: 8+ Gear yang Harus Dibawa saat Touring Motor

Sumatera memang memiliki banyak potensi wisata tersembunyi yang menunggu untuk dijelajahi. Destinasi yang disebutkan di atas menawarkan pengalaman solo touring yang unik dan berbeda, memungkinkan Eigerian untuk menikmati keindahan alam Sumatera dengan lebih mendalam.

Yuk, rencanakan solo touring motor di jalur Sumatera dan temukan pengalaman petualangan yang tak terlupakan. Untuk segala macam perlengkapan solo touring, Eigerian bisa memilih riding gear lengkap dan berkualitas dari EIGER. Langsung saja kunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu, atau bisa juga belanja online lewat mobile apps EIGER Adventure. Silakan unduh aplikasinya secara gratis di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Tak hanya riding gear, produk EIGER tersedia lengkap, ada banyak promo menarik, dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia. Cek sekarang, dan selamat menjelajahi destinasi off-the-beaten-path untuk solo touring jalur Sumatera!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru