HomeTips & TrickRiding8+ Gear yang Harus Dibawa saat Touring Motor

8+ Gear yang Harus Dibawa saat Touring Motor

Seperti banyak kegiatan luar ruang lain, touring wajib dipersiapkan dengan baik. Beberapa gear yang harus dibawa saat touring motor wajib disiapkan, supaya agenda yang kamu punya ini bisa berjalan dengan lancar dan minim hambatan. Tentu, hal ini juga dipadukan dengan planning yang matang ya!

Berbicara tentang perlengkapan yang harus dibawa saat touring motor mungkin akan terasa sangat personal, karena banyak berkaitan dengan perlengkapan riding diri sendiri. Tapi untuk sebuah rombongan, ada beberapa hal lain yang juga sebaiknya dibawa.

Lebih lengkap, berikut ulasan satu per satu tentang gear yang wajib dibawa saat berangkat touring.

Baca Juga: 5 Destinasi Touring Off-Road Seru, Berani Coba

1. Helm dan Jaket, Wajib!

Yang harus dibawa saat touring motor
Sumber: freepik.com

Jelas dua gear ini wajib dibawa dan digunakan selama perjalanan. Helm dan jaket, lengkap dengan gear personal seperti pakaian, sepatu, dan sarung tangan, sebaiknya selalu digunakan untuk perlindungan diri sendiri.

Riding gear yang solid dapat benar-benar mengurangi dampak buruk dari hal yang tidak diinginkan. Maka dari itu, jangan sampai salah pilih dan pastikan riding gear-mu berkualitas.

2. Jas Hujan

Atau sejenisnya yang bisa kamu pakai saat hujan terjadi di perjalanan. Memang lebih direkomendasikan untuk berteduh selama hujan turun, sebab kondisi jalanan akan lebih licin dan jarak pandang akan semakin terbatas.

Tapi jika kamu tetap ingin melanjutkan perjalanan maka menggunakan jas hujan adalah solusinya. Pastikan tidak bocor, dan gunakan jas hujan personal yang lebih ringkas dan aman.

3. Kotak P3K

Yang harus dibawa saat touring motor
Sumber: freepik.com

Kotak P3K menjadi perlengkapan yang harus dibawa saat touring motor, dan ukurannya akan disesuaikan dengan jumlah rombongan yang turut serta dalam touring yang kamu lakukan. P3K sendiri digunakan sebagai langkah antisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan, atau gangguan kesehatan ringan selama kamu touring.

Meski perlengkapan ini menjadi salah satu yang paling tidak ingin digunakan, tapi membawanya tetap penting agar kamu punya penanganan awal yang tepat jika terjadi sesuatu.

4. Senter dan Korek Api

Di kondisi darurat yang jelas tidak kamu inginkan, senter dan korek api akan membawa banyak fungsi. Sebagai sarana penerangan dan benda praktis untuk membuat api, kedua perlengkapan ini juga masuk dalam hal yang harus dibawa saat touring motor.

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi. Karena dua benda ini cenderung ringkas dan tidak memakan tempat, jadi sebaiknya masing-masing membawanya di tas mereka.

5. Tool Kit dan Pisau Lipat

Yang harus dibawa saat touring motor
Sumber: freepik.com

Selanjutnya ada tool kit dan pisau lipat. Tool kit diperlukan untuk mengatasi kerusakan ringan yang terjadi selama perjalanan, di motor yang kamu kendarai. Setidaknya hal ini bisa membantu kembali menyalakan motor agar bisa mencapai bengkel terdekat.

Pisau lipat, di sisi lain, diperlukan untuk memotong sesuatu saat diperlukan. Sama dengan senter dan korek yang bentuknya ringkas, kamu bisa membawanya di kantong atau tas.

6. Yang Harus DIbawa saat Touring Motor, Power Bank

Well, siapa yang tidak perlu power bank? Benda berguna ini seperti jadi kebutuhan utama manusia modern untuk mengisi daya peralatan listrik yang dibawa seperti TWS, smartphone, atau perangkat elektronik lainnya.

Power bank bisa berukuran personal atau komunal, tergantung dengan kebutuhan yang dimiliki oleh rombongan touring yang kamu bawa.

7. Flat Tire Repair Kit

Yang harus dibawa saat touring motor
Sumber: freepik.com

Penting tapi jarang dibawa oleh rombongan touring, flat tire repair kit sebenarnya akan sangat membantu ketika kamu atau anggota rombongan lain mengalami ban bocor. Alat ini dapat digunakan secara cepat menambal ban bocor dan ban kempes, sehingga perjalanan tidak terganggu.

Memang kit ini hanya dapat dipakai pada ban model tubeless. Tapi setidaknya bisa jadi solusi untuk kondisi darurat hingga sampai ke bengkel terdekat ‘kan? Lagipula di era modern seperti sekarang motor mana yang tidak memakai ban jenis tersebut?

8. Perlengkapan Lainnya

Seperti masker, kemudian knee pad, kemudian uang tunai, dokumen penting untuk berkendara, pakaian ganti, obat-obatan pribadi, GPS, dan seterusnya, you name it! Selain tujuh poin yang disebutkan sebelumnya, kamu juga wajib membawa perlengkapan lain yang diperlukan, dan tentu setiap rombongan akan berbeda-beda.

Temani Touring dengan Perlengkapan Solid dari EIGER Adventure

Setelah membawa barang dan perlengkapan apa saja yang harus dibawa saat touring motor di atas, kini saatnya kamu melihat riding gear solid yang disediakan oleh EIGER Adventure. Beberapa akan disebutkan di sini, dan sisanya dapat kamu lihat langsung di laman produk khusus riding dari EIGER Adventure.

HEX-EK Protector RD

Yang harus dibawa saat touring motor
Sumber: EIGER Adventure

Produk ini adalah pelindung siku atau lutut yang fleksibel, serta terverifikasi sesuai standar EN1621-1 yang solid. Terbuat dari bahan memory foam yang dapat menahan benturan, dengan bobot yang ringan. Bisa kamu dapatkan dengan harga Rp154,000 saja.

Eiger Vecchio FF Helmet

Yang harus dibawa saat touring motor
Sumber: EIGER Adventure

Selanjutnya untuk produk helm dari EIGER Adventure, kamu bisa memperoleh helm berstandar SNI dan memiliki PET tanpa visor yang bisa dilepas-pasang. Menggunakan material ABS High Impact Thermoplastic, harganya antara Rp1,016,100 hingga Rp1,129,000.

Raintour Jacket Hoodie

Yang harus dibawa saat touring motor
Sumber: EIGER Adventure

Jaket yang pas untuk momen riding, kamu bisa memperolehnya dengan harga Rp674,100-Rp749,000. Jaket ini juga dilengkapi dengan fitur Tropic Repellent dan Tropic Windblock, yang membuatnya semakin nyaman digunakan untuk touring jarak jauh.

Baca Juga: Ini Peraturan Naik Motor Tidak Tertulis yang Wajib Dipahami 

Jadi sekarang setelah kamu sudah tahu benar apa yang harus dibawa saat touring motor, sudah siapkah kamu melakukan perjalanan seru? Tentu setiap produk dari EIGER Adventure bisa kamu dapatkan dengan langsung mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu. Agar lebih praktis dan mudah, kamu juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang sudah bisa kamu unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya lebih lengkap dan dijamin ori. Dapatkan juga promo dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia! 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru