HomeTips & TrickLifestyleTak Cuma untuk Fisik, Inilah 8 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Mental

Tak Cuma untuk Fisik, Inilah 8 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Mental

Eigerian, apa yang membuatmu rutin berolahraga? Mungkin banyak orang melakukannya demi menjaga kesehatan fisik. Tapi, tahukah kamu kalau berolahraga juga memberikan manfaat bagi kesehatan mental? Penasaran apa hubungan antara olahraga dengan kesehatan mental? Berikut ini manfaat olahraga untuk kesehatan mental.

Bagaimana Olahraga Mempengaruhi Kesehatan Mental?

Manfaat olahraga bagi kesehatan mental diperoleh karena aktivitas fisik ini dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan mempengaruhi sumbu hypothalamic-pituitary-adrenal (HPA).

HPA sendiri berperan dalam mengatur beberapa area di otak, termasuk sistem limbik yang mengontrol motivasi dan suasana hati, amigdala yang memicu rasa takut sebagai respons terhadap stres, serta hipokampus yang penting untuk pembentukan memori, suasana hati, dan motivasi.

Ketika kita melakukan olahraga, tubuh akan melepaskan neurotransmitter dan hormon, seperti endorfin, dopamin, dan serotonin yang berpengaruh pada suasana hati dan meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

8 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Mental

Setelah tahu seperti apa hubungan kegiatan olahraga dengan kesehatan mental, mari kita simak apa saja manfaat yang bisa Eigerian rasakan pada kondisi mental jika rajin olahraga.

1. Memperbaiki suasana hati

Melakukan olahraga secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan mental karena seperti yang disebutkan di atas, kegiatan ini efektif dalam memperbaiki suasana hati yang kurang baik. Rutin berolahraga dapat membuat seseorang merasa lebih tenang, puas, dan bahagia, sehingga pikiran menjadi lebih positif.

Jika suasana hati tidak stabil, cobalah melakukan aktivitas ringan seperti jalan kaki. Jalan kaki dapat menjadi bentuk rekreasi yang menyenangkan sekaligus merupakan olahraga aerobik yang baik untuk kesehatan jantung.

2. Mengurangi stres

Saat berolahraga, tubuh tidak hanya menghasilkan hormon bahagia, tetapi juga mengurangi produksi hormon kortisol yang meningkat saat seseorang mengalami stres.

Selain itu, peningkatan detak jantung selama aktivitas fisik dapat mendorong tubuh untuk memproduksi lebih banyak hormon norepinefrin, yang berfungsi menstabilkan suasana hati. Dengan demikian, stres pun dapat berkurang.

3. Membantu mengatasi kecemasan

Hal ini terjadi karena olahraga dapat merangsang produksi hormon endorfin, yang berfungsi sebagai pereda rasa nyeri dan meningkatkan perasaan bahagia.

Peningkatan detak jantung saat berolahraga juga dapat meningkatkan kadar serotonin dan asam gamma aminobutirat (GABA), yang berfungsi mengendalikan hiperaktivitas sel yang berkaitan dengan kecemasan.

4. Mengurangi risiko depresi

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal JAMA Psychiatry mengungkapkan bahwa orang dewasa yang melakukan olahraga jalan cepat selama 2,5 jam dalam seminggu memiliki risiko depresi yang lebih rendah.

Saat berolahraga, tubuh akan menghasilkan endorfin yang bisa memperbaiki suasana hati. Sementara risiko depresi akan meningkat jika seseorang terjebak dalam emosi negatif. Di penelitian ini juga menyebutkan bahwa tidak perlu melakukan olahraga berat untuk mendapatkan manfaatnya. Kamu bisa mulai dengan jalan cepat, asalkan dilakukan dengan rutin.

Baca Juga: 10 Cara Menjaga Kesehatan Mental, Cegah Burnout!

5. Meningkatkan kualitas tidur

Kualitas tidur dan kesehatan mental sangat berkaitan erat. Sementara itu, salah satu manfaat bisa dirasakan dari berolahraga adalah meningkatkan kualitas tidur.

Menurut Hopkins Medicine, suasana hati yang lebih baik dan ketenangan yang diperoleh dari berolahraga sangat penting untuk mendukung proses transisi alami menuju tidur. Namun, sebaiknya hindari berolahraga mendekati waktu tidur, idealnya sekitar dua jam sebelum tidur. Karena peningkatan metabolisme tubuh setelah berolahraga justru bisa membuat kamu terjaga.

6. Meningkatkan rasa percaya diri

Olahraga secara teratur dapat memperbaiki kondisi fisik dan suasana hati, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kepercayaan diri. Dengan suasana hati yang lebih baik, kita akan memiliki penilaian yang lebih positif terhadap diri sendiri.

Selain itu, beberapa jenis olahraga, seperti basket, sepak bola, dan voli membutuhkan kerja sama tim yang baik di antara anggotanya. Hal ini tentunya dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam bersosialisasi dan berkolaborasi dengan orang lain.

7. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat olahraga secara teratur bagi peningkatan fungsi otak didapatkan dari produksi zat BDNF (brain-derived neurotrophic factor) yang meningkat selama olahraga aerobik.

BDNF adalah zat yang berfungsi untuk membentuk sel-sel otak baru sehingga dapat meningkatkan konsentrasi serta daya serap otak dalam mengolah informasi.

8. Membuat hidup jadi lebih bahagia

Hormon endorfin sering disebut sebagai “hormon bahagia”. Jika kamu berolahraga secara konsisten dalam jangka panjang, endorfin, bersama dengan dopamin dan serotonin, dapat memperbaiki fungsi otak secara keseluruhan.

Untuk merasakan manfaat ini, disarankan untuk berolahraga minimal tiga kali dalam seminggu. Dengan rutinitas tersebut, kamu tidak hanya meningkatkan kesejahteraan mental, tetapi juga mendukung kesehatan kognitif yang optimal.

Baca Juga: Harrier Shoes, Sepatu Lari yang Terbukti Tangguh di Segala Medan

Siap Mulai Olahraga bersama EIGER?

Setiap orang memiliki kemampuan berolahraga yang berbeda. Eigerian bisa memilih olahraga yang cocok untuk tubuhmu dan tidak perlu memaksakan diri. Selama dilakukan secara rutin, olahraga ringan pun tetap akan memberikan manfaat untuk kesehatan mental, lho!

So, sudah siap mulai olahraga, Eigerian? Lengkapi kebutuhan olahragamu, mulai dari baju, celana, sepatu, hingga aksesori lainnya dengan EIGER. Segera kunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu atau belanja secara online di eigeradventure.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru