HomeTips & TrickGreen & Healthy9 Tips Diet Sehat, Tetap Jaga Stabilitas Fisik dan Mental

9 Tips Diet Sehat, Tetap Jaga Stabilitas Fisik dan Mental

Menjaga bentuk tubuh dan kondisinya tetap prima hingga usia senja, mungkin masuk ke wishlist banyak orang meski tidak semua berusaha menapaki jalan menuju kondisi ini. Padahal jika tidak menerapkan pola hidup yang benar, kondisi tubuh di masa depan bisa jadi taruhan. Tidak sedikit kemudian yang perlu membaca tips diet sehat berikut ini.

Tapi kenapa perlu membacanya?

Sebab jika diet yang dilakukan, yang mana adalah salah satu usaha nyata menjaga berat badan ideal dan kondisi tubuh sehat, tidak menggunakan panduan yang jelas, efeknya justru tidak akan optimal. Kamu bisa saja merasakan mood yang menjadi cranky karena kekurangan asupan nutrisi tertentu.

Baca Juga: 5 Contoh Kerusakan Lingkungan Akibat Manusia & Pencegahannya

Kesalahan Umum untuk ‘Pejuang’ Diet Sehat

tips diet sehat
Sumber: freepik.com

Hal paling umum yang ditemui sebagai masalah pada orang-orang yang ingin melakukan diet dan menjaga berat badan adalah konsistensi dalam menjalani proses. Iming-iming penurunan berat badan secara cepat sudah banyak memakan korban, dan justru berakhir buruk ketika dilakukan asal-asalan.

Ada beberapa kesalahan yang umumnya dilakukan orang yang ingin diet. Terkait dengan tips diet sehat, beberapa hal berikut ini sebaiknya jadi perhatianmu agar tidak melakukan kesalahan yang sama.

  • Tidak menyantap sarapan. Mengurangi asupan kalori banyak diartikan dengan skip pada sarapan. Padahal hal ini justru bisa jadi masalah, karena menjadi akar keinginan ngemil lebih besar saat siang hari. Tidak sarapan tapi ngemil asal-asalan, kalorinya jelas tidak jadi defisit.
  • Fokus pada angka. Angka timbangan berat badan memang jadi salah satu acuan untuk mengukur seberapa jauh progres diet yang dilakukan. Tapi kalau kamu hanya berfokus pada angka yang muncul saja, kamu bisa terkecoh dan justru menjadi kurang termotivasi. Pasalnya total berat badan akan dipengaruhi oleh fluktuasi cairan dan seberapa banyak makanan yang ada di sistem pencernaan, bukan semata pengurangan berat badan setelah proses diet.
  • Olahraga, tapi tidak ideal. Memang bukan hal yang mudah membuat menu olahraga yang ideal, jadi mungkin kamu perlu berkonsultasi dengan personal trainer. Secara alami selama diet kamu akan kehilangan sejumlah massa otot dan lemak sebagai efek dari proses yang terjadi.
  • Olahraga tetap penting untuk kembali membentuk massa otot dan membakar lemak, tapi kadarnya jelas harus diperhatikan. Tidak terlalu banyak dan terlalu sedikit, maka efeknya akan optimal.
  • Kurang asupan protein. Penting tapi terkadang dilupakan, adalah bahwa diet dan penurunan berat badan harus diimbangi dengan asupan protein yang cukup. Tidak sedikit orang yang sekedar mengurangi jumlah kalori intake yang mereka lakukan, tapi tidak memberikan cukup asupan protein dan serat bagi tubuh.
  • Minuman manis. Ingat kalau minuman manis tidak sekedar minuman dalam kemasan saja, tapi juga jus buah dengan tambahan gula. Jus buah dengan tambahan gula juga bisa menimbulkan risiko masalah kesehatan lain, dan menggagalkan program diet yang kamu jalankan.
  • Tidak disiplin. Konsistensi dan komitmen dalam menjalani diet jadi hal utama yang harus dipastikan lebih dulu. Jangan sampai dietmu masih banyak dipengaruhi mood, karena bisa dipastikan ketika kamu menjalani program diet ini akan terjadi mood swing yang lumayan hebat.

Tips Diet Sehat ala Kementerian Kesehatan

tips diet sehat
Sumber: EIGER Adventure

Mengacu pada salah satu artikel yang diunggah di situs yankes.kemkes.go.id oleh Tim Promkes RSST – RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten, ada 9 tips diet sehat yang bisa digunakan. Kamu bisa langsung membacanya di situs resmi, atau melihat rangkumannya di bawah ini.

1. Pastikan Kamu Sarapan

Sarapan sangat penting untuk memberikan energi bagi tubuh selama menjalani aktivitas hingga siang hari. Dengan menu yang tepat seperti makanan sehat yang mengandung protein, karbohidrat kompleks, dan serat, rasa kenyang bisa bertahan lama dan membantu menghindari keinginan ngemil di siang hari.

2. Hindai Minuman Manis

Minuman manis memiliki banyak gula dan kalori, sehingga bisa memicu kenaikan berat badan. Hindari, atau setidaknya kurangi minuman manis dengan kalori tinggi. Jika ingin minuman manis alami, buat jus buah sendiri di rumah tanpa tambahan gula.

3. Minum Air Putih Sebelum Makan

Coba minum air putih setidaknya 30 menit sebelum makan. Kamu bisa mengurangi porsi makan sehingga terkontrol dan tidak terlalu banyak dengan cara sederhana ini, karena rasa kenyang akan lebih cepat kamu dapatkan.

4. Makanan dengan Serat Larut

Jenis makanan yang dimaksud adalah kacang-kacangan, alpukat, ubi, brokoli, buah pir, apel, jambu biji, biji bunga matahari, dan sejenisnya. Kandungan serat larut ini bisa membuat kamu kenyang lebih lama

5. Kopi dan Teh Jadi Opsi

Nah untuk menyeimbangkan mood yang terkadang kacau saat menjalani diet, kopi dan teh bisa jadi opsi yang tepat. Selain memperbaiki mood, dua minuman ini mengandung kafein yang praktis bisa meningkatkan kadar hormon epinefrin di tubuh. Saat hormon ini meningkat, lemak di tubuh lebih mudah pecah sehingga berat badan lebih mudah turun. Ingat untuk tidak menambahkan gula atau krim dalam kopi dan teh yang kamu konsumsi ya!

6. Say No to Makanan Olahan

Makanan olahan akan jadi hal yang wajib dihindari. mulai dari makanan yang dibekukan, sereal sarapan, makanan cepat saji, roti, kue, biskuit, sayuran kering, dan daging olahan. Pilih makanan yang tidak terlalu diproses seperti buah, sayuran, ikan, dan ragam jenis kacang-kacangan.

7. Makan Pelan-Pelan

Cara makan perlahan bisa menjadi tips diet sehat yang efektif. Rasa kenyang tidak langsung terasa setelah kamu makan, tapi ada delay beberapa belas menit. Orang dengan cara makan cepat biasanya tidak bisa berhenti tepat waktu, dan makan terlalu banyak. Di waktu yang sama, makan perlahan juga meringankan kerja organ pencernaan, dan mengoptimalkan penyerapan nutrisi.

8. Olahraga secara Rutin

Olahraga secara rutin terbukti dapat memperkuat otot tubuh, membakar kalori, sekaligus menjaga mood dan suasana hati agar tetap stabil. Orang-orang yang rutin melakukan olahraga, baik kardio atau angkat beban, memiliki suasana hati yang lebih stabil dan cenderung bahagia. Otot yang terbentuk dari olahraga juga akan membakar kalori lebih cepat, bahkan saat kamu sedang tidak berolahraga.

9. Ingat untuk Tidur Cukup

Tubuh yang sudah beraktivitas seharian harus mendapat waktu istirahat yang cukup untuk bisa beregenerasi. Selain disiplin dalam olahraga dan memilih makanan, terapkan juga pola tidur yang tepat, setidaknya 6 hingga 8 jam atau sesuai dengan rekomendasi ahli nutrisi yang kamu punya.

Baca Juga: Keanekaragaman Hayati: Tingkatan, Contoh, dan Manfaatnya 

Rekomendasi Sepatu dari EIGER Adventure untuk Temani Program Dietmu, Shikra 

tips diet sehat
Sumber: EIGER Adventure

Untuk bisa mendukung agenda dan menjalankan tips diet sehat di atas, kamu juga sebaiknya mempertimbangkan produk yang tepat untuk mendampingimu. EIGER Adventure menyediakan jawaban atas kebutuhan running shoes dan perlengkapan lain, seperti produk Shikra. Desain low cut yang dirancang khusus untuk menunjang performa lari di area yang tidak rata membuatnya nyaman digunakan dan membantu kegiatanmu lebih maksimal.

Tidak perlu ragu, selain mendapatkan tips diet sehat di atas, kamu juga bisa langsung mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu untuk mendapatkan produk Shikra. Agar lebih praktis dan mudah, kamu juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang sudah bisa kamu unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya lebih lengkap dan dijamin ori. Dapatkan juga promo dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru