HomeTips & TrickGreen & Healthy7 Tips Tidur Berkualitas yang Luar Biasa untuk Kesehatan

7 Tips Tidur Berkualitas yang Luar Biasa untuk Kesehatan

Tips tidur berkualitas masih sering diabaikan oleh banyak orang di tengah kesibukan dan tuntutan kehidupan modern. Padahal, tidur yang baik berpengaruh besar pada kesehatan fisik dan mental, produktivitas, dan kualitas hidup secara keseluruhan. Tanpa tidur yang cukup dan berkualitas, kamu bisa mengalami berbagai masalah kesehatan yang serius, seperti daya tahan tubuh menurun, gangguan konsentrasi, stres, serta peningkatan risiko penyakit kronis seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Namun, Eigerian tidak perlu khawatir. Artikel ini akan memberikan solusi beberapa kebiasaan sederhana untuk meningkatkan kualitas tidurmu. Dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan ini, kamu bisa merasakan perubahan positif dalam hidupmu, mulai dari kesehatan yang lebih baik hingga peningkatan produktivitas dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Manfaat Tidur Berkualitas Setiap Hari

Tidur yang berkualitas memang sangat berpengaruh baik terhadap kesehatan seseorang. Berikut ini beberapa manfaat tidur berkualitas yang akan kamu nikmati:

  1. Tidur yang cukup dapat memperbaiki insulin, yaitu hormon pengatur kadar gula darah dalam tubuh. Dengan tidur yang cukup, maka kadar gula darah akan normal dan menurunkan risiko penyakit diabetes.
  2. Tidur juga baik untuk anak-anak maupun remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan. Saat tertidur pulas, tubuh melepaskan hormon untuk perbaiki jaringan dan sel-sel di dalam tubuh, membentuk massa otot, dan mengoptimalkan kinerja otak.
  3. Waktu istirahat yang cukup juga berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung karena peredaran darah lancar dan risiko penyumbatan menurun.
  4. Tidur berkualitas setiap malam juga menjaga berat badan tetap stabil secara alami. Hal ini karena bekerjanya hormon-hormon yang memproses karbohidrat dengan menekan rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang. 
  5. Orang yang kurang tidur bisa mengalami emosi yang tidak stabil seperti mudah tersinggung, marah, dan lebih sensitif. Hal ini disebabkan oleh organ, sel tubuh, dan jaringan yang belum diperbarui, sehingga badan terasa lelah. Oleh karena itu, tidur yang nyenyak penting untuk menjaga emosi tetap stabil.
  6. Istirahat yang cukup dapat meningkatkan imun dan daya tahan tubuh lebih tinggi dibandingkan mereka yang kurang tidur. 

Tips Tidur Berkualitas dengan Kebiasaan Sederhana Sehari-Hari

Tidur malam yang nyenyak dan berkualitas merupakan salah satu cara efektif yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan kesehatan. 

1. Menjaga Konsistensi Jadwal Tidur Harian

Menjaga konsistensi jadwal tidur sangat penting. Usahakan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk saat weekend. Tips Ini membantu mengatur ritme sirkadian tubuh berfungsi dalam putaran tertentu, sehingga dapat menyelaraskan dengan kapan malam hari dan pagi hari. Untuk mengatur jadwal tidur yang konsisten, coba tetapkan waktu tidur dan bangun yang realistis dan mudah kamu terapkan setiap hari.

2. Menciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman 

Faktor-faktor seperti suhu ruangan, pencahayaan, kebisingan, dan tempat tidur sangat mempengaruhi kenyamanan tidur. Maka, pastikan suasana kamar tidur kamu ketika akan beristirahat dalam kondisi sejuk, gelap, tenang, dan wangi. Menggunakan kasur dan bantal yang nyaman juga sangat penting agar tidurmu berkualitas karena mencegah nyeri punggung bawah yang bisa membuat tidur tidak nyenyak. 

3. Membatasi Paparan Cahaya Biru Sebelum Tidur 

Sumber: Freepik (gambar hanya ilustrasi)

Cahaya biru dari perangkat elektronik seperti ponsel dan komputer dapat mengganggu produksi melatonin, hormon yang mengatur tidur menjadi lebih nyenyak. Oleh karena itu, kurangi paparan cahaya biru setidaknya satu jam sebelum tidur dengan tidak mengoperasikan ponsel, tablet, dan komputer. Untuk meminimalisir paparan cahaya biru, Kamu juga bisa mengaktifkan mode malam pada perangkatmu atau menggunakan kacamata khusus yang memblokir cahaya biru.

4. Perhatikan Asupan Makanan dan Minuman sebelum Tidur

Makanan dan minuman tertentu dapat mengganggu tidur, seperti kafein, alkohol, dan makanan berat. Hindari mengonsumsi kafein dan alkohol beberapa jam sebelum tidur. Pilih makanan ringan yang dapat mendukung tidur menjadi lebih nyenyak seperti pisang, kacang almond, atau susu hangat sebelum tidur.

5. Rutin Berolahraga, Tapi Hindari Olahraga Menjelang Tidur 

Olahraga rutin dapat meningkatkan kualitas tidur, namun dengan catatan, jangan berolahraga menjelang waktu tidur karena dapat menyebabkan gangguan tidur. Kondisi ini disebabkan efek stimulasi dari olahraga yang meningkatkan kewaspadaan dan kadar hormon seperti epinefrin dan adrenalin, sehingga membuat sulit tidur. Sebaiknya lakukan olahraga 30 menit dalam sehari selain di waktu malam hari seperti berjalan kaki, yoga, atau berenang sangat baik untuk membantu tidur lebih nyenyak.

6. Tetap Santai dan Jernihkan Pikiran di Malam Hari 

Sumber: Eiger Adventure

Stres pikiran dapat menjadi pengganggu utama tidur. Mengelola stres dengan baik melalui meditasi, yoga, atau teknik relaksasi lainnya dapat membantu menenangkan pikiran sebelum tidur serta mencegah insomnia. Cobalah praktik pernapasan dalam, meditasi singkat, atau mendengarkan musik sebelum tidur untuk membantu tubuh dan pikiranmu menjadi lebih  rileks.

7. Menghindari Tidur Siang yang Terlalu Lama 

Meskipun tidur siang bermanfaat bagi tubuh untuk beristirahat sejenak, namun tidur siang yang terlalu lama dapat mengganggu tidur malam. Batasi tidur siang tidak lebih dari 20-30 menit dan hindari tidur siang terlalu sore. Tidur siang yang singkat dapat memberikan energi tanpa mengganggu tidur malam.

Baca juga: Tidur yang Berkualitas, Dapat Meningkatkan Kualitas Hidup?

Seperti halnya olahraga teratur dan pola makan bergizi, tidur yang cukup dan nyenyak sangat penting untuk menjaga kesehatan. Jika kamu memiliki gangguan tidur, coba terapkan 7 tips tidur berkualitas secara konsisten, maka hasilnya dapat membantumu mendapatkan tidur berkualitas. Ingat Eigerian, perubahan kecil dalam kebiasaan tidur dapat memberikan dampak besar pada kualitas hidupmu secara keseluruhan. Jangan ragu untuk memulai sekarang dan rasakan perbedaannya dalam hidupmu!

Supaya lebih semangat menerapkan gaya hidup sehat yang mendukung tidur berkualitas dalam kehidupan sehari-hari, Eigerian bisa mengandalkan produk-produk yang nyaman dan high quality dari EIGER. Mulai dari outfit olahraga, berbagai aksesoris, hingga perlengkapan pendukung aktivitas harian menjadi lebih produktif bisa ditemukan di website resmi EIGER Adventure atau kunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu.

Jika ingin belanja lebih mudah dan praktis, Eigerian juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure. Langsung saja unduh aplikasinya di Play Store atau App Store. Produknya tersedia lebih lengkap, original, banyak promo menarik, dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia. Cek koleksi selengkapnya, yuk!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru