HomeTips & TrickGreen & HealthyTidur yang Berkualitas, Dapat Meningkatkan Kualitas Hidup?

Tidur yang Berkualitas, Dapat Meningkatkan Kualitas Hidup?

Manfaat tidur gak cuma untuk mencegah rasa kantuk di siang hari. Ternyata, banyak khasiat lainnya bagi kesehatan yang bisa berdampak pada kualitas hidup seseorang. Tidur yang berkualitas memang baik untuk kesehatan loh.

Tapi sayangnya, masih banyak orang yang belum sadar betapa pentingnya waktu beristirahat bagi tubuh di malam hari. Tidur yang berkualitas adalah tidur yang bisa membuat kamu lebih sehat dan mendapatkan berbagai manfaat di bawah ini:

Tidur Yang Berkualitas

Terhindar dari Diabetes

Tahukah Eigerian, kalau manfaat tidur yang cukup berhubungan langsung dengan kadar gula darah di dalam tubuh kita? Ya, istirahat yang cukup bisa memperbaiki insulin, yaitu hormon yang mengatur kadar gula darah atau glukosa di dalam tubuh kita. Dengan istirahat yang cukup, kadar gula darah otomatis akan normal dan dapat terhindar dari penyakit diabetes.

Baca juga: Manfaat bersepeda ini bisa di dapatkan, kuncinya adalah rutin!

Baik untuk Pertumbuhan

Manfaat lainnya juga baik untuk anak-anak dan remaja yang sedang masa pertumbuhan. Saat tidur, tubuh melepaskan hormon yang membantu memperbaiki jaringan dan sel-sel di dalam tubuh. Hormon yang sama juga membantu membentuk masa otot dan mendukung kinerja otak.

Mencegah Penyakit Jantung

Jumlah waktu istirahat juga memiliki peran penting loh dalam menjaga kesehatan jantung. Setiap organ tubuh bekerja aktif untuk memperbarui jaringan dan sel-sel yang kelelahan saat kita tidur.

Hormon-hormon yang dikeluarkan ketika tidur dapat membantu melancarkan peredaran darah dan menurunkan risiko penyumbatan.

Baca juga: Tak cuma jalan, begini cara joging yang benar

Source: Pexels photo by Andres Ayrton

Selain itu, tidur dan beristirahat yang cukup setiap malam dapat menjaga berat badan tetap stabil, terutama bagi para remaja. Tidur yang nyenyak akan memicu hormon-hormon untuk membantu menyimpan serta memproses karbohidrat.

Prosesnya akan mengurangi hormon yang menyebabkan rasa lapar dan meningkatkan hormon penyebab rasa kenyang. Dengan kata lain, tidur yang cukup adalah salah satu tips melangsingkan tubuh secara alami.

Menjaga Kesegaran Otak di Siang Hari

Tidur yang berkualitas adalah jenis tidur yang mampu menjaga badan dan mental tetap aktif sepanjang hari. Menurut National Sleep Foundation, mengurangi jam beristirahat sebanyak 1-2 jam efek sampingnya sama dengan tidak tidur selama 2 hari.

Mereka yang jarang tidur cenderung lebih lemas dan susah produktif di siang hari. Alhasil, mereka bakal butuh waktu lebih lama untuk memproses informasi, sehingga pekerjaan pun banyak yang tertunda.

Menjaga Emosi Tetap Stabil

Selain kurang produktif sepanjang hari, orang-orang yang tidak mendapatkan waktu tidur cukup biasanya lebih sensitif. Mereka lebih mudah marah, tersinggung, bahkan menangis karena emosi yang bergejolak. Ini disebabkan oleh jaringan, organ, dan sel-sel tubuh yang belum diperbarui, menyebabkan badan terasa lelah dan lemas.

Memperkuat Imun

Seseorang yang beristirahat dengan cukup dapat menghasilkan daya tahan tubuh yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang kurang beristirahat. Mereka lebih rentan terhadap beragam virus dan penyakit, seperti flu dan sakit kepala.

Baca juga: Manfaat beraktivitas di alam bagi kesehatan

Mempertajam Ingatan

Manfaat tidur yang cukup lainnya adalah bisa mempertajam ingatan. Kurang tidur dapat membuat kita cepat pikun. Menurut para ahli medis, otak bekerja paling aktif saat kita sedang tertidur.

Otak lebih kuat dalam memproses dan menggabungkan ingatan sepanjang hari, melatih kinerjanya menjadi lebih kuat. Apabila kita kurang tidur, otak tidak akan bisa mengumpulkan ingatan. Hasilnya, tidak ada ingatan yang tersimpan di otak dan kita pun lebih cepat pikun.

So, jangan remehkan waktu tidurmu ya, Eigerian. Tidur yang berkualitas adalah memberi waktu istirahat yang cukup, dengan begitu kesehatan tubuh tetap terjaga dan kita terhindar dari berbagai macam penyakit. Stay safe and healthy.

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments