HomeNews & InfoEIGER EventWJSC EIGER, Mengajak Wanita Menjadi Sosok Petualang yang Mandiri

WJSC EIGER, Mengajak Wanita Menjadi Sosok Petualang yang Mandiri

Memilih hobi mendaki gunung bisa jadi salah satu keputusan yang cukup menantang, terutama bagi seorang wanita. Berbagai tahapan dilewati dan proses ini pun bisa jadi salah satu bentuk survival hingga menjadikan mereka sosok wanita petualang yang mandiri. Melalui WJSC EIGER, para wanita akan diajak untuk belajar, berlatih, dan mempraktikkan langsung ilmu survival di alam bebas.

Ayo, simak penjelasan seperti apa kegiatan WJSC EIGER di bawah ini!

Apa Itu WJSC?

Stigma bahwa wanita adalah makhluk yang lemah, terkadang membawa aura ketidakmandirian pada wanita itu sendiri. Namun nyatanya, stereotipe ini berhasil terpatahkan karena telah terbukti banyak wanita yang sukses menggapai mimpi-mimpinya untuk bertualang di alam bebas.

EIGER melalui EAST (EIGER Adventure Service Team) ingin mengajak para wanita untuk menembus batasan-batasan diri dengan belajar sekaligus berlatih langsung tentang ilmu survival atau bertahan hidup di alam bebas. Oleh karena itu, tercetuslah kegiatan Women Jungle Survival Course (WJSC) yang diselenggarakan setiap tahun dengan lokasi yang berbeda-beda.

Kegiatan WJSC ini diharapkan dapat menjadi sarana berbagi ilmu, wawasan, pengetahuan, dan keterampilan tentang teknik bertahan hidup di alam bebas, khususnya untuk para wanita petualang agar dapat berkegiatan dengan aman dan nyaman.

Pada tahun 2022 lalu, WJSC diselenggarakan di Gunung Cakrabuana pada 18-23 Juli. Para peserta mengaku kegiatan yang berlangsung selama seminggu ini sangat seru dan banyak momen tak terlupakan, mulai dari penyampaian materi hingga simulasi di lapangan.

Tahun ini, WJSC kembali diselenggarakan pada bulan November 2024. Narasumber yang hadir kali ini akan membawakan materi-materi menarik, tak hanya soal teknik bertahan hidup, tetapi juga mengupas lebih dalam tentang dampak bertualang di alam bebas bagi kesehatan fisik dan mental.

Baca Juga: Pendaki Wanita, Ini Cara Cegah Kulit Terbakar Matahari Saat Mendaki

Metode Pengajaran

1. Sharing Session

Kegiatan ini dilaksanakan di dalam kelas antara pemateri dengan peserta WJSC. Tujuannya untuk mentransfer ilmu sehingga peserta memiliki tambahan pemahaman.

2. Simulasi Lapangan

Peserta akan mempraktekan secara langsung materi-materi yang sudah diajarkan sehingga peserta dapat langsung berlatih sebelum masuk ke medan operasional.

4 Kemampuan Fundamental yang Dibutuhkan Pegiat Alam Bebas

Dalam berkegiatan di alam bebas, terdapat empat kemampuan fundamental yang wajib dimiliki oleh seorang petualang, di antaranya:

1. Kemampuan Fisik (Physical Skill)

Dalam berkegiatan di alam bebas, seseorang wajib memiliki kemampuan fisik untuk mendukung kebutuhan pergerakan dalam melakukan aktivitas dan saat penggunaan alat yang dibawa. Misalnya, saat melakukan packing, penggunaan senjata tajam, mendirikan tenda, dan melakukan kegiatan survival lainnya.

2. Keterampilan (Skill)

Hal ini berkaitan dengan keterampilan seseorang dalam menguasai dan melakukan teknik-teknik survival, seperti keterampilan dalam membuat bivak, api dan perapian, jebakan, dan lainnya.

3. Pengetahuan (Knowledge)

Seseorang juga wajib memiliki pengetahuan tentang bahaya yang timbul dari alam, baik cuaca maupun bahaya lingkungan lainnya, seperti binatang dan tumbuhan. Juga pengetahuan tentang flora dan fauna apa saja yang bisa dimanfaatkan sebagai asupan untuk bertahan hidup.

4. Sikap (Attitude)

Sikap juga menjadi hal yang penting untuk dimiliki seorang petualang. Hal ini berkaitan dengan mental dan sikap positif seseorang dalam mengambil keputusan, berpikir jernih, realistis, dan logis. Selain itu, juga tidak pantang menyerah dan bijak dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitar.

Baca Juga: 10 Fashion Item yang Wajib Dimiliki Wanita yang Mencintai Petualangan!

Nantikan WJSC 2024

Eigerian yang ingin bergabung dalam WJSC EIGER 2024, nantikan update beritanya hanya di Instagram @eigeradventure dan @eiger.east, ya!

Dokumentasi Kegiatan WJSC EIGER 2022

So, Eigerian yang penasaran seperti apa keseruan pelaksanaan kegiatan WJCS, ayo tonton kembali video WJSC 2022 di sini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru