HomeTips & TrickRiding10 Ciri Ciri Busi Motor Harus Diganti, Cek Disini Sekarang!

10 Ciri Ciri Busi Motor Harus Diganti, Cek Disini Sekarang!

Busi adalah salah satu bagian penting dari motor. Komponen  penting ini hadir dalam sistem perapian motor. Fakta menariknya, busi berasal dari bahasa Belanda loh Eigerian, yaitu bougie, yang punya arti suku cadang yang dipasangkan pada mesin pembakaran di ujung elektroda ruang pembakaran.  Tapi tahukah kamu ciri busi motor harus diganti?

Busi motor merupakan komponen yang pemakaiannya tidak bisa tahan lama. Waktu yang tepat untuk mengganti busi motor adalah 6ribu km. Sayangnya banyak yang belum tahu cara kerja busi. Sehingga sering kali diabaikan ketika ada kerusakan. Yuk cari tahu ciri-ciri busi motor harus diganti lewat artikel berikut ini! 

Ciri Ciri Busi Motor Harus Diganti! 

1. Mesin Motor Susah Menyala

Ketika busi motor sudah harus diganti kamu akan kesulitan menghidupkan mesin. Walaupun di starter, mesin akan susah hidup. Jika sudah mengalami hal ini segera periksakan motor kesayanganmu ke bengkel terdekat ya. Tapi sebelumnya kamu bisa cek juga apakah busi masih bagus atau memang sudah aus.  

Segera ganti dengan busi yang baru jika ingin motor mu kembali seperti normal. Mesin susah menyala dikarenakan busi yang sudah tidak sanggup lagi memberikan percikan api yang cukup untuk konsumsi ruang bakar. 

2. Busi Berubah Warna 

Eigerian, yuk segera ganti busimu saat kamu menemukan ujung busi atau pada bagian elektrodanya mengalami perubahan warna. Perubahan warna ini dikarenakan kinerja busi yang sudah menurun. Namun mesin motor akan tetap masih menyala. 

3. Mesin Berisik dan Bergetar

Selanjutnya tanda busi motor harus diganti adalah adanya suara mesin yang terdengar berisik. Selain berisik, mesin juga terasa bergetar. Jika kamu ingin melihat bagaimana perbedaanya, coba rasakan saat mesin pertama kali dihidupkan. 

4. Mesin Pincang

Kamu akan  merasakan mesin motor pincang jika busimu sudah tidak layak pakai. Jika motor mu punya dua silinder, kamu akan merasakan performa  busi mu menurun. Mesin motor tidak akan mampu menghidupkan dua silinder. Akibatnya hanya satu saja yang dapat melakukan proses pembakaran. Maka dari itu alasan inilah yang dinamai mesin pincang. Suara mesin pincang juga bisa mengganggu telinga. 

5. Motor Macet 

Ciri busi motor harus diganti selanjutnya adalah mesin motor yang macet. Mesin juga bisa tiba-tiba mati, namun tetap bisa dihidupkan kembali. Setelah menyala mesin motor akan kembali hidup namun kecepatan sudah menurun, dan mengganggu aktivitas dalam berkendara. Jangan sampai terlambat segera ganti busi motormu ya Eigerian. 

6. Muncul Surging Jadi Ciri-Ciri Busi Motor Harus Diganti

Gejala berikutnya yang bisa kamu temui saat busi sudah tidak layak adalah surging pada motor. Surging adalah kondisi dimana pasokan udara dalam ruang bakar terlalu besar dari yang seharusnya. Udara ini menjadi penyebab pembakaran yang terjadi di ruang bakar tidak selesai dilakukan. 

7. Bagian Ujung Busi Berubah Warna

Kamu bisa mengecek ciri busi motor yang harus diganti dengan melihatnya langsung. Jika saat pengecekan kamu melihat ujung busi berubah warna, maka jelas busi motormu perlu diganti. Perubahan warnanya biasanya kemerehan-merahan dan terlihat jelas dengan mata telanjang. 

8. Penurunan Akselarsi Motor 

Busi yang sudah berkualitas akan menurunkan performa akselerasi motor. Jelas penurunan ini mengganggu aktivitas berkendara. Penyebabnya karena busi motor tidak bisa menstimulasi ruang bakar. Gejalanya akan ditandai dari motor yang kurang merespon tarikan gas. Terkadang tarikan gas akan terasa kurang bahkan tidak bertenaga.

9. BBM Jadi Lebih Boros! 

Selanjutnya kamu akan merasakan bahan bakar minyak jadi lebih boros. Ketika busi motormu sudah rusak kamu akan membuat endapan kotoran pada ujung insulator busi. Penyebabnya berasal dari pembakaran mesin yang tidak sempurna. Endapan ini otomatis akan membuat bahan bakar yang digunakan pun semakin boros. Selain itu, percikan api yang dihasilkan untuk ruang bakar juga kecil sehingga mesin tidak bisa bekerja dengan maksimal. 

10. Hati-hati Busi Gosong

Jika kamu melihat tanda berupa gosongnya bagian ujung busi, ini berarti tandanya busi harus segera diganti. Ketika terjadi seperti ini, mesin motormu juga sudah pasti tidak bisa digunakan. Jangan ditunda, segera ganti busi baru. 

Lakukan Perawatan Pada Busi Motormu! 

Jangan tunggu rusak, saatnya rawat busi motormu Eigerian. Perawatan ini diperlukan agar tidak terjadi masalah saat digunakan. Nah berikut ini ada berbagai cara untuk melakukan perawatan pada busi motor. 

  1. Cek Ketebalan Kerak Pada Busi Motor

Pertama kamu perlu dengan rutin melakukan pengecekan pada bagian kerak yang ada pada busi motor. Bagian ini bisa kamu jadikan referensi apakah busi motor masih layak atau tidak. Jika keraknya sudah banyak, pasti busi tersebut kemampuanya sudah menurun. 

  1. Jangan Bersihkan Dengan Amplas

Setelah kamu mengetahui ketebalan kerak pada bagian busi, langkah selanjutnya kamu perlu membersihkan kerak tersebut. Tapi ada hal yang perlu diperhatikan yaitu kerak pada busi motor tersebut tidak boleh dibersihkan dengan amplas. Amplas bersifat abrasif loh Eigerian, sama dengan kepala busi yang juga bersifat abrasif. Ketika dua-duanya dipertemukan kepala busi jadi terkikis. 

  1. Cek Kerapatan Kepala Busi

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah melakukan pengecekan kerapatan kepala busi. Perhatikan kerapatan kepala busi ini saat kamu lakukan penggantian oli. Busi memiliki rentang waktu yang pemakian jadi jangan lupa untuk di cek berkala ya. 

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Soal Arti Riding Motor dan Pentingnya Safety Riding


Busi Terawat, Siap Jalan Lagi! 

Yuk kembali jalan-jalan bersama motor kesayanganmu. Solo touring atau seru-seruan sama teman pasti bisa hilangkan penat. Jangan lupa untuk selalu gunakan produk-produk terbaik dari EIGER Riding. Dapatkan perlengkapan riding mu hanya di eigeradventure.com Tersedia mulai dari rompi, jaket, celana, aksesoris hingga sepatu yang keren dan menunjang perjalananmu. 

Belanja hanya di EIGER Adventure sekarang dan dapatkan promo menariknya. Kini kamu bisa juga nikmati gratis ongkos kirim kemanapun seluruh Indonesia. EIGER juga berikan kamu kebebasan bayar pakai metode apapun. Cek yuk produknya sekarang! 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru