HomeTips & Trick7 Cara Melindungi Kulit dari Sinar Matahari Agar Tidak Gelap

7 Cara Melindungi Kulit dari Sinar Matahari Agar Tidak Gelap

Hobi beraktivitas outdoor? Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan kulit mu ya Eigerian. Kegiatan di luar ruangan akan tingkatkan resiko kemungkinan kulitmu terbakar sinar matahari loh Eigerian. Maka dari itu perlu banget persiapan khusus sebelum terlambat. Cari tahu yuk lewat artikel ini, cara melindungi kulit dari sinar matahari agar kulit tidak gelap dan kusam! 

Sinar Matahari, Sumber Energi Manusia! 

Sinar matahari merupakan salah satu energi paling besar yang digunakan berbagai makhluk hidup di bumi. Baik manusia, binatang, dan organisme lainya membutuhkan sinar matahari. Cahaya Matahari adalah faktor abiotik yang sangat penting bagi ekosistem di bumi. Banyak manfaat cahaya matahari yang memainkan peran penting dalam kehidupan kita sehari hari. 

Berbagai Manfaat Cahaya Matahari 

Seperti yang kita tahu cahaya matahari memiliki banyak manfaat, apalagi di pagi hari. Berikut ini adalah beragam manfaat matahari pagi yang bisa Eigerian peroleh:

1. Cegah Depresi 

Tahukah kamu, hormon serotonin dalam tubuh? Hormon ini membuat suasana hatimu jadi membaik, meningkatkan tubuh jadi lebih energi, dan membantu kamu jadi lebih fokus. Tanpa paparan sinar matahari yang cukup, kadar hormon ini akan menurun. Jika hormon serotonin menurun, risiko terjadinya depresi pun akan meningkat. 

2. Tingkatkan Produksi Vitamin D

Paparan sinar matahari dapat merangsang produksi vitamin D dalam tubuh. Vitamin D diperlukan untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor di usus, sehingga mampu memperkuat tulang, gigi, serta otot mu loh Eigerian.

3. Yuk Tingkatkan Imunitas Tubuh!

Sinar matahari juga bantu Eigerian punya imunitas tubuh lebih baik. Ketika imunitas kita meningkat, berbagai penyakit ataupun infeksi kuman bisa tubuh kamu hindari dengan mudah. Sinar matahari merangsang peningkatan produksi vitamin D dalam tubuh mu yang berfungsi untuk memperbaiki sistem imun tubuh.

4. Turunkan Risiko Penyakit Kanker 

Betul adanya jika terpapar sinar matahari berlebihan bisa picu kanker kulit, namun dalam porsi yang tepat sinar matahari bisa cegah berbagai penyakit kanker. Untuk memperoleh manfaat ini, kamu perlu berjemur sebelum jam 10 pagi ya Eigerian. 

Cara Melindungki Kulit dari Sinar Matahari!

Untuk kamu yang hobi berkegiatan di bawah sinar matahari tak perlu takut. Ada serangkaian cara untuk melindungi kulit dari sinar matahari diantaranya adalah. 

1. Gunakan Tabir Surya dengan Kandungan yang Sesuai

Jangan asal saat menggunakan tabir surya, kamu perlu memastikan kandungannya. Gunakan tabir surya dengan kandungan minimal 30 SPF dengan perlindungan broad spectrum yang berarti bisa lindungi tubuh dari paparan UVA dan UVB. Gunakan tabir surya beberapa menit sebelum mulai berolahraga atau kegiatan outdoor lainya. Jangan lupa untuk selalu memastikan tanggal kadaluarsa tabir surya mu ya Eigerian. 

2. Konsumsi Makanan yang Menyehatkan Kulit

Selalu perhatikan kesehatan kulitmu ya Eigerian. Makanan terbaik untuk kulitmu adalah sesuatu dengan kandungan air, antioksidan, asam lemak omega-3, beta karoten, serta vitamin dan mineral. Contohnya seperti semangka, teh hijau, blueberry, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, biji dan lainnya. Tabir surya hanya melindungi kulitmu dari luar, maka dari itu jangan lupakan juga ya untuk jaga kesehatan kulit dari dalam. 

3. Batasi Waktu Kegiatan Saat Matahari Sangat Terik

Untuk melindungi kesehatan kulitmu, durasi paparan sinar UV perlu dibatasi. Karena sebenarnya tanpa perlindungan sama sekali kulit bisa mengalami kerusakan loh. Efek yang ditimbulkan akan terlihat setelah 12 jam. Apalagi ketika Eigerian berkegiatan di pukul 10.00-14.00 WIB, perlu diperhatikan ya perlindungan kulitnya karena biasanya pada jam-jam tersebut matahari sedang terik-teriknya. 

4. Gunakan Baju Berlengan Panjang Jadi Cara Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Saat berkegiatan di luar ruangan ada baiknya kamu selalu menggunakan baju berlengan panjang. Pilihlah warna yang gelap, seperti hitam, hijau tua atau cokelat. Warna gelap dapat menghalangi lebih banyak sinar matahari daripada kain putih atau bahan pakaian yang longgar. Dapatkan berbagai pilihan kaos, jaket atau celana panjang untuk berkegiatan di luar ruangan di website resmi EIGER, klik disini sekarang dan dapatkan harga terbaik. 

5. Pakai Kacamata atau Topi Mu ya Eigerian! 

Jangan lupa untuk tambah perlindunganmu dengan topi atau kacamata berwarna gelap.  Kacamata hitam melindungi mata dari sinar UV dan mengurangi risiko katarak. Kulit lembut di sekitar mata juga dapat terlindungi dari paparan sinar matahari. Menggunakan topi yang lebar dan berwarna gelap juga jadi salah satu cara sederhana untuk melindungi kulitmu dari paparan sinar UV. 

6. Jangan Lupa Untuk Selalu Konsumsi Vitamin

Nah salah satu hal yang juga tidak kalah penting melindungi kulit dari paparan sinar matahari adalah dengan rutin mengkonsumsi vitamin yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Vitamin kulit akan bantu tubuhmu untuk merespon sinar UV dan bisa meminimalisir efek dan bahaya dari paparan sinar matahari secara langsung. 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Topi Pria yang Bagus Untuk Berbagai Kegiatan

7. Jangan Lupakan Perawatan Kulit Lainya! 

Selain tabir surya, selalu pastikan kulitmu terhidrasi ya! gunakan rangkaian produk perawatan kulit wajah yang selain bisa menutrisi juga bisa mengurangi efek dari paparan sinar ultraviolet. Dapatkan produk perawatan kulit yang sesuai dan cocok ya Eigerian untuk hindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Nah itu tadi, cara melindungi kulit dari sinar matahari yang bisa kamu coba. Tips diatas cocok untuk berbagai kegiatan, mulai dari; travelling, hiking, rock climbing atau aktivitas outdoor lainya. Lengkapi kebutuhan petualangan luar ruangmu hanya di website EIGER Adventure di eigeradventure.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments