HomeTips & TrickMountaineering6 Alat Masak Camping yang Wajib Dibawa, Bikin Makanan Enak!

6 Alat Masak Camping yang Wajib Dibawa, Bikin Makanan Enak!

Saat camping di gunung, memasak di sekitar api unggun memang terkesan romantis. Dengan derak api, kicauan jangkrik, menyeruput minuman hangat sambil menyiapkan santapan makan malam. Namun gambaran ini bisa tidak terwujud jika kamu tidak menggunakan alat masak camping yang tepat. 

Membawa dan menggunakan berbagai alat masak camping yang tepat dan lengkap menjadikan petualangan di alam terbuka menjadi menyenangkan dan dijamin aman dari rasa lapar. 

Kali ini Eiger akan memberikanmu rekomendasi berbagai jenis alat masak yang wajib dibawa saat camping. Perlu dicatat, alat memasak yang dibawa saat camping tentunya mudah dibawa dan mudah dikemas tanpa repot.

Jenis Alat Masak yang Wajib Dibawa saat Camping

Selain sleeping bag, tenda, matras, dan lampu, berbagai perlengkapan memasak saat camping harus kamu persiapkan dengan baik dan wajib dibawa. Oleh karena itu, Eigerian jangan sampai lupakan beberapa alat masak selama camping di alam bebas berikut ini.

1. Kompor Portabel

‘Saat menjelajah alam, tentunya kamu membawa banyak perlengkapan yang praktis untuk dibawa, termasuk kompor portabel. Jenis kompor ini paling banyak dipilih oleh pendaki karena harganya yang cukup terjangkau, ukurannya kecil, serta pemakaiannya praktis. 

Bahan bakar untuk menyalakan kompor portabel juga cukup mudah didapatkan di pasaran. Eigerian bisa mendapatkan bahan bakar gas kaleng untuk kompor portabel di swalayan pada bagian peralatan memasak. 

Kompor lipat Stove FMS-118 dari EIGER didesain secara sederhana, mudah digunakan, dan dirawat ini cocok dibawa saat berkemah atau mendaki ke gunung yang tinggi. Kompor ini dapat menahan angin kencang berkat penyekat di bagian burner.

Stove FMG-118 dilengkapi dengan teknologi pemanasan 2 arah yang unik untuk memastikan gas sudah cukup panas sebelum dibakar, sehingga menghemat bahan bakar. Selain itu, kompor ini bisa menampung berat hingga 7 kg dan punya preheat tube untuk melancarkan penyaluran gas ke kompor agar pembakaran berfungsi normal di cuaca dingin. 

2. Bahan Bakar Gas Kaleng

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, untuk menyalakan kompor portabel, kamu memerlukan gas kaleng. Dua peralatan ini menjadi satu kesatuan yang tidak dipisahkan untuk memasak di luar ruangan. Meskipun harga gas kaleng cukup terjangkau, namun akan boros jika setiap kali camping ke gunung harus membeli yang baru. Cara untuk mengakalinya adalah dengan mengisi ulang isinya. 

3. Nesting atau Cooking Set

Alat masak camping selanjutnya yang sangat wajib dibawa oleh pendaki adalah nesting atau cooking set. Sebelumnya, para pendaki banyak menggunakan nesting untuk memasak sayur, nasi, dan lauk saat bermalam di gunung.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi, nestiing mulai tergeser dengan cooking set yang terbuat dari bahan aluminium yang lebih ringan. Cooking set juga praktis karena satu paket berisi teflon, panci, mangkuk, hingga spatula.

Untuk mempersiapkan makanan lezat yang disantap saat berkemah di alam terbuka, Cooking Set 1.0 dari Eiger ini sangat ringkas, ringan, dan bisa jadi andalanmu. Miliki satu set lengkap Cooking Set 1.0 yang terdiri dari wajan dan panci. 

Materialnya terbuat dari aluminium anodized berkualitas, membuat cooking set ini memiliki ketahanan yang baik terhadap gores, tahan lengket, dan mudah dibersihkan.

4. Pisau Lipat Serbaguna

Daripada hanya membawa satu bilah pisau saat camping di gunung, Eigerian disarankan untuk membawa satu set pisau lipat serbaguna. Biasanya satu set berisi hanya satu jenis pisau dan juga ada yang berisi berbagai jenis pisau dengan kebutuhan berbeda. Tidak hanya digunakan untuk memasak, pisau lipat juga bisa digunakan untuk keperluan lainnya, seperti memotong tali dan lainnya.

Alphalight Knife terbuat dari bahan aluminium yang tahan lama dan dibentuk dengan ramping namun kuat. Dengan proses anodisasi pada aluminium, membuat peralatan menjadi lebih ramping dan ringan. Selain itu, pisau masak ini aman digunakan karena kecil risiko aluminium larut ke dalam makanan. 

5. Sendok dan Garpu

Selain pastinya digunakan untuk menyantap hidangan, sendok dan garpu juga akan membantu dalam proses memasak, lho. Kamu bisa membawa sendok dan garpu lipat supaya lebih mudah dan praktis dibawa. 

EIGER menghadirkan Cutlery Pack yang berisi set alat makan fungsional yang sangat nyaman digunakan untuk kebutuhan camping. Cutlery Pack terdiri dari sendok, garpu, sumpit, sedotan, dan sikat, kesemuanya terbuat dari material stainless steel yang kokoh.

Set alat makan ini juga dilengkapi dengan pouch polyester yang membantumu menyimpan peralatan makan dengan rapi.

6. Wastafel Portabel untuk Camping

Mungkin kamu pernah membayangkan keberadaan wastafel portabel yang sangat berguna untuk keperluan memasak. Dengan memakai wastafel portabel ini, kamu tak perlu bingung lagi untuk menampung air serta mencuci piring dan peralatan memasak yang kotor setelah digunakan. 

Kitchen Sink 10L dari Sea To Summit adalah wastafel khusus camping yang portabel dan dapat dilipat serta bisa berdiri sendiri saat terisi air. Kitchen Sink ini sangat pas untuk menampung dan membawa air untuk pembersihan, memasak, mencuci piring kotor bahkan untuk mandi. 

Terdapat fitur ring kaku berbahan stainless steel untuk mencegah wastafel roboh karena penuh terisi air. Bagian alasnya juga lebih lebar dari bagian atas sehingga tidak akan terbalik saat digunakan. Pegangan dengan webbing yang lebar sehingga nyaman digunakan. 

Baca juga: Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Masak di Alam Bebas?

Tips Memasak dan Menggunakan Alat Masak Camping

Memasak termasuk rencana pendakian yang harus Eigerian persiapkan sebelumnya. Berikut ini beberapa tips memasak dan menggunakan peralatan masak camping di alam terbuka.

  1. Lakukan perencanaan yang memadai dengan merencanakan makanan apa saja yang akan dimasak saat berkemah dan juga apa saja peralatan memasak yang cocok. 
  2. Sebelum membawa kompor, pastikan alat masak ini berfungsi dengan baik agar bisa digunakan untuk memasak nantinya. Bersihkan setiap sisi kompor serta semua komponennya dalam kondisi baik dan berfungsi. Jika sudah, kemas dengan hati-hati.
  3. Meski dilakukan di alam bebas, kamu wajib memperhatikan kebersihan dan higienitas dalam proses memasak. Selalu cuci tangan sebelum memegang bahan makanan dan menyantapnya saat sudah matang. 
  4. Saat berkemah, pilihlah resep makanan yang sederhana karena cukup memerlukan bahan-bahan dan persediaan yang mudah disiapkan. 
  5. Bersihkan dan kemasi kembali semua peralatan memasak setelah selesai digunakan untuk memasak.

Baca juga: Tips Penggunaan dan Penyimpanan Kompor Camping yang Tepat

Demikian daftar perlengkapan dan alat masak camping yang wajib dibawa serta tips menggunakannya saat memasak di alam bebas. Nah, untuk mendapatkan berbagai peralatan memasak, langsung kunjungi website resmi EIGER Adventure Official yang menyediakan perlengkapan mountaineering terlengkap dan diandalkan. Dapatkan produk original berkualitas, belanja mudah, banyak pilihan metode pembayaran (COD, transfer, kartu kredit, paylater, dll), serta keuntungan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru