HomeTips & TrickLifestyle5 Manfaat dan Kiat Ajak Anak Liburan ke Alam Bebas

5 Manfaat dan Kiat Ajak Anak Liburan ke Alam Bebas

Ajak anak liburan ke alam bebas memiliki banyak manfaat. Sebelum mengajak si kecil liburan ke alam, simak kiat-kiatnya di artikel ini, Eigerian!

Pilihan liburan ke alam bebas bersama si kecil beragam, kamu bisa mengajaknya ke kebun bunga, tepi danau, hiking, dan masih banyak lagi. Dengan berada di alam bebas, aktivitas indra si kecil akan meningkat, seperti pancaindra penglihatan, penciuman, pendengaran, peraba, bahkan pengecapan. 

Pancaindra penciuman si kecil akan terstimulasi karena ia memiliki kesempatan yang baik untuk menghirup udara segar dan mendapatkan vitamin D dari paparan sinar matahari. Vitamin D bermanfaat untuk kesehatan tulang dan menjaga daya tahan tubuh si kecil.

Manfaat Ajak Anak Liburan ke Alam Bebas

Ajak Anak Liburan ke Alam Bebas

Eigerian, pernah ajak si kecil liburan ke alam bebas? Nah, berikut manfaat yang bisa si kecil dapatkan saat ia pergi ke alam bebas untuk berlibur:

1. Anak lebih mencintai alam

Mengajak anak untuk beraktivitas di alam bebas, menjadi cara terbaik buat si kecil agar ia bisa menanamkan rasa cinta dan kepeduliannya terhadap lingkungan, Eigerian. 

Berlibur ke alam bebas, akan membuatnya mengenal tumbuhan yang beragam, fauna yang berbeda-beda, hingga cara bertahan hidup di alam. Kendati demikian, jangan lupa memberikan pengawasan kepada si kecil ketika mengajaknya liburan ke alam, ya Eigerian!

2. Kesehatan fisik dan mental si kecil akan meningkat

Bermain ke alam bebas, membuatnya bisa beraktivitas sesuka hati dengan ruang gerak yang tak terbatas. Selain itu, si kecil juga akan mendapatkan manfaat yang baik untuk kesehatan fisiknya, seperti:

  • Tingkat risiko terkena miopi atau rabun jauh lebih rendah
  • Menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular, tulang rapuh, bahkan depresi karena vitamin D yang cukup
  • Jam tidur lebih berkualitas 
  • Anak akan lebih berenergi
  • Tingkat serotonin yang seimbang sehingga bisa mengurangi gejala depresi dan meningkatkan kesehatan mental
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak karena udara hutan yang mengandung phytoncide 

Baca juga: 10+ Wisata Anak di Jawa Barat, Apa Saja?

3. Meningkatkan kemampuan kognitif anak

Bila si kecil sulit fokus dan berkonsentrasi, kamu bisa mengajaknya untuk beraktivitas di alam nih. Berdasarkan studi dari University of Michigan, beraktivitas di alam bisa memperkuat ingatan dan fokus anak sebanyak 20 persen. 

Nah, dengan begitu kemampuan kognitif anak bisa meningkat waktu kamu mengajak dia berlibur ke alam bebas.

4. Menurunkan tingkat stres anak

Terdapat sebuah penelitian yang dilakukan di California yang mengatakan bahwa anak yang secara rutin beraktivitas di alam bebas, akan memiliki kecerdasan praktis yang lebih tinggi.

Maka itu, tidak sedikit sekolah yang mengajak siswa-siswinya untuk berlibur ke alam bebas, Eigerian.

5. Meningkatkan kemampuan sosial

Tidak hanya kemampuan kognitif, kemampuan sosial juga dibutuhkan ketika si kecil menjalani hidup sehari-hari. Nah, si kecil akan lebih mudah bersosialisasi dan menjalin relasi saat beraktivitas di alam.

Pasalnya, si kecil bisa bersentuhan langsung dengan alam. Dengan begitu, kepercayaan dirinya juga akan meningkat karena bisa berhubungan dengan orang lain.

Kiat Ajak Anak Liburan ke Alam Bebas

Tidak selalu ke kota, kamu juga bisa ajak anak liburan ke alam bebas loh. Nah, berikut manfaat dan kiat ajak anak liburan ke alam bebas, Eigerian!

Mau momen berlibur bersama anak semakin bermanfaat dan menyenangkan? Kamu bisa mengikuti kiat-kiat berikut, Eigerian!

1. Survei lokasi liburan terlebih dahulu

Saat berlibur bersama si kecil, kamu perlu menyiapkan berbagai persiapan yang lengkap untuknya. Misalnya, jika tiba-tiba si kecil cedera, ingin buang air kecil, ingin buang air besar, dan sebagainya.

Nah, agar bisa memprediksi lokasi yang dikunjungi, kamu bisa survei langsung ke lokasi liburan, research dari unggahan terbaru lokasi liburan yang dikunjungi, atau bertanya langsung kepada orang yang pernah berkunjung ke sana. 

2. Pastikan cuaca cerah

Untuk memastikan cuaca sedang cerah saat berlibur ke alam bebas, kamu bisa memeriksa aplikasi pantauan cuaca terlebih dahulu, Eigerian. Meski belum tentu akurat tetapi setidaknya kamu sudah memiliki gambaran terkait cuaca di tempat liburan yang akan dikunjungi.

Selain itu, kamu juga bisa membuat persiapan yang matang sebelum berkunjung ke tempat liburan yang dituju.

3. Pastikan tubuh si kecil dalam kondisi prima

Saat liburan, pastikan ia dalam kondisi fisik yang prima, ya Eigerian! Langkah yang perlu dilakukan, yaitu memastikan si kecil tidur dalam waktu yang cukup. 

Pasalnya, liburan di alam tentu akan menguras energi. Jadi, sudah memastikan tubuh si kecil dalam kondisi prima, belum Eigerian?

4. Bawa obat-obatan, makanan, dan susu

Saat berlibur ke alam bebas, kamu perlu memastikan kalau si kecil sudah membawa obat-obatan, makanan, ataupun susu untuk mencukupi nutrisinya. 

Obat-obatan yang bisa kamu bawa, yaitu povidone iodine, kasa, dan plester harus selalu dibawa jika akan berlibur di alam terbuka. Makanan ringan juga dibutuhkan untuk mengganjal perut si kecil, Eigerian.

5. Pilih pakaian yang tepat

Saat berlibur ke alam bebas, pastikan si kecil memakai pakaian yang nyaman, Eigerian. Salah satunya dengan memakai Born to Roam Tees JS

Tees ini terbuat dari bahan katun combed 24 sehingga bisa menghangatkan tubuh dari udara dingin. Tidak hanya itu, Roam Tees juga hadir dengan lengan panjang dan kerah coring. 

6. Lindungi anak dari panas dan hujan

Cuaca panas ekstrem ataupun hujan deras dapat mengganggu aktivitas si kecil saat berlibur ke alam bebas. Nah, agar ia tetap nyaman, kamu perlu menyiapkan topi seperti EIGER Abstricko Bucket Hat JR.

Topi bergaya bucket ini, memiliki dua sisi yang bisa dibalik, loh Eigerian. Selain topi, kamu juga bisa menyiapkan tabir surya, payung, dan jas hujan untuk si kecil. 

Baca juga: Manfaat Hiking untuk Anak, Apa Saja?

Ajak Anak Liburan ke Alam Bebas Bersama EIGER!

Nah, itulah manfaat dan kiat ajak anak liburan ke alam bebas. EIGER Adventure menghadirkan berbagai koleksi untuk persiapan si kecil berlibur ke alam bebas. Beberapa rekomendasi produk lainnya yang bisa kamu bawa saat mengajak si kecil berlibur ke sana, yaitu:

1. EIGER Gencive JR Cap

Saat bertualang ke alam bebas, kamu perlu memastikan kalau si kecil merasa nyaman. Topi Gencive JR memiliki model snapback yang terbuat dari bahan katun twill dan detail sablon grafis high-density di bagian depan.

2. EIGER Caldera Kids 2.0 Roll STR

Sandal Caldera dilengkapi dengan fitur footbed yang dirancang memakai material phylon. Jadi, sandal ini memiliki bantalan yang empuk dan rubber outsole. Sandal Caldera juga memiliki fitur 

Sandal ini dilengkapi fitur footbed yang menggunakan material phylon yang empuk serta rubber  hook-and-loop yang memudahkan pengguna untuk menyesuaikan fitting kaki sesuai dengan kenyamanan.

3. JR Moorland Stripe SS Tees

Koleksi berikutnya ada JR Moorland Stripe, kaos katun yang nyaman dan hadir dengan motif bergaris. Kaos ini bisa dipadukan dengan bawahan atau aksesori lain kesukaan si kecil, Eigerian!


Kamu bisa membelinya di eigeradventure.com atau EIGER Adventure Store terdekat di kotamu! Gratis ongkir, produk original, pembayaran dengan banyak metode, dan punya harga terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru