HomeTips & TrickTraveling6 Tips Backpacker Murah di Indonesia & Lokasi Terbaiknya!

6 Tips Backpacker Murah di Indonesia & Lokasi Terbaiknya!

Indonesia tidak hanya menjadi destinasi untuk melakukan luxurious trips, namun juga menjadi pilihan terbaik bagi siapapun yang menginginkan pengalaman backpacking. Selain dimanjakan dengan pemandangan alam yang menakjubkan dan kekayaan budaya, merencanakan backpacker murah di Indonesia bisa banget lho, Eigerian!

Menemukan tempat penginapan, tiket perjalanan, dan makanan lokal enak yang budget friendly juga mudah kamu kelola sendiri. Cek artikel berikut ini untuk mendapatkan rekomendasi lokasi backpacker murah di Indonesia dan tips untuk melakukan perjalanan yang aman dan nyaman!

Tips Backpacker yang Low-Budget tapi Tetap Aman dan Nyaman

1. Perketat Budgeting

Sebelum berangkat bertualang, rencanakan budgeting dengan tepat agar dapat menghemat lebih banyak anggaran. Rencanakan anggaran untuk setiap pos pengeluaran, seperti transportasi, penginapan, akomodasi, makan, dan lain sebagainya.

Usahakan untuk membatasi pengeluaran maksimal selama backpacking agar tidak terjadi biaya pengeluaran. Ingatlah bahwa inti dari backpacker adalah sampai dan menikmati banyak pengalaman baru di tempat yang seru.

2. Buat Itinerary yang Rapi 

Karena ada batasan budget yang sudah kamu tentukan, tentunya kamu harus membuat itinerary yang rapi agar tidak harus mengeluarkan biaya ekstra. Itinerary selama backpacker digunakan sebagai acuan liburan agar backpacking bisa berjalan waktu dan on-budget.

Pastikan lokasi mana saja yang akan dikunjungi, berapa harga tiket yang harus dibayar, hingga biaya akomodasi selama di lokasi yang dikunjungi. Nah kamu bisa mencari banyak itinerary yang tersebar di berbagai forum backpacker.

3. Homestay: Tempat Singgah Terbaik dan Paling Murah untuk Backpacker

Dibandingkan hostel, menginap di homestay menjadi pilihan bagus untuk dapat bersosialisasi dengan orang-orang lokal. Hampir di setiap daerah di Indonesia, bahkan di wilayah terpencil, homestay cenderung lebih mudah ditemui. Selain bisa mendapatkan biaya yang murah, dengan menginap di homestay, kamu bisa lebih dekat dengan orang-orang lokal dan mengenali budaya setempat. 

4. Untuk Mobilisasi Pilih Transportasi Umum dan Berjalan Kaki

Lakukan riset tentang transportasi umum dan kemudahan untuk menjelajahi destinasi dengan berjalan kaki. Tidak hanya menekan anggaran transportasi seperti taksi yang cukup mahal, berjalan kaki bisa membawamu mendapatkan pengalaman baru.

Selama berjalan-jalan, kamu bisa mampir menikmati hidden gem yang tak disangka-sangka dan berbaur dengan penduduk lokal.

5. Memakai Tas Backpack 

Selama backpacker, bawalah barang dan perlengkapan secukupnya agar tidak merepotkan. Eigerian bisa cukup gunakan satu ransel dan satu tas lain untuk mengangkut barang bawaan pribadi. Tentunya, pastikan tas backpacker yang kamu bawa berkualitas agar minim kerusakan.

Semua barang bawaan harus dapat dimuat dalam tas backpack yang kamu bawa. Satu hal lagi, pastikan, tas yang dibawa tetap nyaman dibawa selama bepergian agar perjalananmu lancar.

Untuk produk tas backpack, kamu bisa memilih EIGER Wanderfurther Backpack selama bertualang. Hadir dengan kapasitas 22 liter yang cukup memuat perbekalan dan perlengkapan backpack-mu. 

Wanderfurther Backpack juga telah dilengkapi dengan finishing water repellent C6 yang lebih ramah lingkungan. Tersedia dua warna, yaitu olive dan navy yang bisa kamu pilih. 

6. Membawa Botol Minum untuk Mengurangi Pengeluaran

Tips backpacker murah berikutnya adalah dengan membawa botol minum sendiri untuk menghemat pengeluaran dan tentu mengurangi sampah plastik. Dengan membawa botol minum sendiri, kamu bisa mengisi ulang botol saat berada di penginapan yang biasanya menyediakan air minum gratis.

Jangan meremehkan hal ini karena kebutuhan air minum selama perjalanan cukup banyak. Kamu tidak perlu kerepotan membawa botol minum karena bisa dimasukkan ke dalam tas. 

Produk botol minum yang bisa dipilih seperti EIGER Z-Sutherland Water Bottle yang cocok untuk menemanimu selama traveling. Dibuat dari bahan ecozen, botol minum simpel dan ringan ini juga dilengkapi dengan loop top.

Daerah yang Cocok untuk Backpacker Murah di Indonesia

1. Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur

Flores adalah salah satu pulau favorit yang sering dikunjungi para backpacker di Indonesia. Daerah yang merupakan bagian dari Taman Nasional Komodo ini memiliki segala daya tarik alam yang menakjubkan. Mulai dari menyelam di Kepulauan Komodo, menyaksikan komodo (hewan reptil terbesar), mengeksplor pantai dan perbukitan di Labuan Bajo, hingga mendaki ke Danau Kelimutu.

2. Lombok, Nusa Tenggara Barat

Bergeser ke Lombok yang terkenal sebagai adventure island yang memiliki deretan pantai paling menakjubkan. Selain keindahan pantainya, Lombok juga memiliki banyak destinasi air terjun yang mengagumkan dan jalur pendakian gunung berapi terindah, Gunung Raung. Karena dekat dengan Bali, banyak backpacker yang memilih Lombok sebagai destinasi lanjutan yang sangat direkomendasikan. 

3. Malang, Jawa Timur

Malang adalah pilihan lokasi terbaik buat kamu yang ingin mendapatkan pengalaman backpacking, terlebih Malang mudah dijangkau oleh berbagai moda transportasi umum. Kamu bisa menjelajah banyak destinasi alam yang memiliki pemandangan indah dan cuaca yang sejuk hingga berkeliling di kota Malang pada malam hari.

Salah satu destinasi paling terkenal yang sering dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara adalah Gunung Bromo. Pemandangan Gunung Bromo yang diselimuti kabut bersamaan matahari terbit sungguh menakjubkan. Selain Bromo, ada juga Air Terjun Coban Sewu yang tidak boleh untuk dilewatkan.

4. Bandung, Jawa Barat

Berikutnya adalah Bandung yang menjadi kota tujuan backpacker murah di Indonesia paling populer. Ada banyak hotel dan penginapan murah yang bisa dipilih buat kamu dengan budget yang pas-pasan. Akses transportasinya sangat mudah ditemukan untuk berkeliling ke berbagai sudut kota ini. 

Bandung memiliki kondisi cuaca yang cukup sejuk, sehingga dengan berjalan-jalan di wilayah kotanya menjadi hal yang menyenangkan. Kamu bisa berjalan kaki menikmati sore yang indah di Jalan Asia-Afrika, Alun-Alun Kota Bandung, hingga menyusuri Jalan Braga yang ikonik. 

Di sini Eigerian juga bisa sekaligus berwisata sejarah dengan mengunjungi museum Asia Afrika. Tak puas menjelajahi kota, kamu juga dapat jalan-jalan ke Lembang yang memiliki banyak tempat wisata yang unik.

5. Yogyakarta

Destinasi backpacker-friendly dan super hemat selanjutnya adalah Yogyakarta. Di samping menyuguhkan keindahan alam yang terkenal seperti Pantai Parangtritis dan Gunung Merapi, kota ini terkenal akan kekayaan budayanya.

Kamu dapat mengunjungi Candi Borobudur yang merupakan situs bersejarah umat Buddha yang letaknya di Magelang, hanya sekitar 1 jam perjalanan dari Yogyakarta. Selain itu, kamu bisa berwisata ke Candi Prambanan yang menyimpan banyak sejarah umat Hindu selama masa kerajaan Hindu di Indonesia.

Untuk berkeliling kota, jangan lupa jalan-jalan di Malioboro untuk berburu pernak-pernik dan mencicipi local food. Coba sebutkan apa lagi daya tarik kota ini?

Baca juga: 10 Tips Backpacker ke Luar Negeri untuk Pemula, Pasti Bisa!

Siapkan Rencana Backpacking-mu dan Belanja Nyaman di EIGER

Dengan banyak destinasi menakjubkan dan pengalaman luar biasa, bukan hal yang meragukan lagi jika Indonesia adalah tujuan favorit para backpacker. Setelah membaca artikel di atas, kini kamu sudah memiliki banyak ide backpacker murah di Indonesia hingga tips perjalanan yang aman. 

Untuk mewujudkan pengalaman backpacking yang luar biasa, kamu bisa mengandalkan Eiger Adventure untuk semua urusan perlengkapan yang dibutuhkan. Semua produk di Eiger Adventure dijamin original dan dalam kualitas terbaik untuk menemani perjalananmu.

Apalagi di segmen Eiger Adventure Travel Series, tersedia banyak pilihan tas, travel pouch, pakaian, celana, handuk, sepatu, sandal, topi, jaket, dan lainnya yang keren dan memberi fungsi maksimal.

Tunggu apalagi? Segera dapatkan produk Eiger di situs resmi Eiger Adventure Official atau marketplace pilihan dengan banyak pilihan metode pembayaran dan gratis ongkir seluruh Indonesia. 

Mari kemasi perlengkapan backpacker-mu dan siapkan perjalanan yang menyenangkan di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru