HomeTips & TrickMountaineeringKriteria Baju Adventure Ideal dan 5 Rekomendasi Produknya

Kriteria Baju Adventure Ideal dan 5 Rekomendasi Produknya

Semua orang yang ingin berpetualang wajib paham benar baju adventure yang ideal, sehingga dapat menunjang kegiatan, terasa nyaman, aman, dan tetap keren saat masuk dalam frame gambar atau video.

Tapi sebenarnya bagaimana sih baju adventure yang ideal, nyaman, dan aman digunakan itu?

Sebenarnya ada beberapa kriteria umum yang bisa jadi acuan ketika kamu ingin berpetualang, baik itu ke area pantai, penjelajahan hutan, naik gunung, atau kegiatan lain. Kriteria ini menjadi pengetahuan umum, dan digunakan oleh banyak orang sebagai patokan agar dapat menggunakan pakaian yang tepat dalam setiap agendanya.

Baca Juga: Begini Cara Mengatasi Tenda Bocor Saat Camping di Gunung

Menilik Kejadian Naas Turis di Kawah Ijen

baju adventure
Sumber: pandooin.com

Masih segar dalam ingatan semua kabar duka yang datang dari Kawah Ijen, Banyuwangi pada akhir April 2024 lalu. Seorang turis dari China dikabarkan jatuh karena tersandung roknya sendiri ketika berfoto.

Tentu tanpa mengesampingkan semua kealpaan yang ada pada kejadian tersebut, ungkapan duka cita tetap disampaikan. Hal ini sekaligus menjadi pembelajaran untuk Eigerian semua, bahwa ketika berada di puncak gunung wajib memiliki kewaspadaan yang tinggi, berhati-hati, dan menggunakan pakaian yang ideal untuk mendaki gunung.

Rok, seperti yang digunakan oleh korban, tidak menjadi salah satu pakaian yang direkomendasikan dalam pendakian. Banyak alasan teknis yang melatarbelakangi hal ini, sehingga penggunaan jenis pakaian yang lebih praktis disarankan untuk pendaki.

Kriteria Baju Adventure untuk Menjelajah

baju adventure
Sumber: EIGER Adventure

Nah untuk tahu baju adventure apa yang kira-kira cocok pada kegiatan penjelajahan seperti naik gunung, beberapa kriteria ini bisa kamu perhatikan dengan cermat.

1. Pakaian yang Tertutup

Pakaian yang tertutup akan melindungi Eigerian dari paparan panas Matahari, angin dingin di pegunungan, hingga berbagai jenis flora dan fauna berbahaya yang dapat dengan mudah menempel ke permukaan kulit.

Sederhana, tapi jenis baju seperti ini bisa sangat membantu untuk kegiatan yang kamu lakukan.

2. Baju Berwarna Terang

Baju dengan warna terang akan meningkatkan visibilitasmu selama berada di alam terbuka. Warna yang mencolok seperti kuning, merah, orange, hijau toska, atau warna yang kontras dengan lingkungan sangat disarankan sehingga memudahkan orang lain melihat lokasimu.

Warna terang akan sangat berguna dalam perjalanan dan kegiatan di alam terbuka, sebab kamu dengan mudah bisa dilihat orang lain meski dalam jarak yang jauh atau tertutup semak.

3. Pakaian dengan Bahan Kuat

Pastikan pakaian yang digunakan juga memiliki bahan yang kuat. Beberapa bahan lebih direkomendasikan daripada bahan yang lain, seperti misalnya wool, polyester, acrylic, polyvinyl chloride, dan sejenisnya.

Bahan yang kuat akan membantumu tetap nyaman dan tidak mudah robek ketika tergesek atau tersangkut di ranting atau sejenisnya.

4. Gunakan Sistem Layering

Layering atau sistem lapisan baju outdoor akan sangat berguna untuk membantumu tetap nyaman dan terhindar dari suhu ekstrim. Mulai dari base layer, mid layer, dan shell atau outer layer dapat disesuaikan dengan kebutuhan sehingga tetap terasa nyaman selama kegiatan berlangsung.

5. Baju Adventure yang Ukurannya Pas

Bukan berarti terlalu ketat, tapi pastikan tidak terlalu lebar sehingga justru bisa mengganggu perjalanan. Cari baju atau pakaian yang tidak banyak memiliki dekorasi atau volume, sehingga secara umum dapat menempel pada tubuh dan menyesuaikan bentuk tubuh tanpa ada bahan yang menjuntai bebas seperti rok.

Poin ini penting, sebab akan mengurangi risiko baju tersangkut, tersandung karena pakaian terlalu panjang, atau beban yang bertambah ketika pakaian basah karena air atau keringat. Hal ini berlaku untuk semua pakaian yang kamu pakai, mulai dari atasan, bawahan, pelindung kepala, sepatu, tas, dan sebagainya.

Adakah Rekomendasi Baju Adventure yang Tepat?

EIGER Adventure sebagai salah satu brand terkemuka dalam produk perlengkapan luar ruang jelas siap memberikan deretan rekomendasi produk handal yang dimiliki. Beberapa bisa kamu lihat di sini, sementara sisanya bisa kamu eksplorasi di laman produk.

1. WS Cadence LS Tees

baju adventure
Sumber: EIGER Adventure

Pertama adalah produk yang cocok untuk digunakan selama di tenda atau perjalanan. Kaos lengan panjang ini terbuat dari bahan cepat kering yang dilengkapi teknologi HeiQ Mint untuk mencegah bau tak sedap, dan bahan mesh sehingga sirkulasinya lebih baik. Harganya sendiri mulai dari Rp224,100.

2. Mens Zenith Baselayer Bottom

baju adventure
Sumber: EIGER Adventure

Bisa kamu dapatkan mulai dari Rp827,100 saja, bawahan ini bisa kamu andalkan untuk bertualang di tengah udara dingin dan tetap merasa nyaman. Memberikan kehangatan, celana ini juga menyerap kelembaban sehingga bagian bawah tubuh tetap kering selama berkegiatan.

3. Cordial Anorak Warmer

baju adventure
Sumber: EIGER Adventure

Selanjutnya ada produk jaket yang cocok untuk petualangan di tempat dingin. Dengan bahan fleece yang lembut, dilengkapi penutup kepala, dan saku kangguru, membuatnya terasa praktis dan nyaman untuk penjelajahan. Harganya sendiri mulai dari Rp494,100.

4. WS Lorentz XG 3L Jacket

baju adventure
Sumber: EIGER Adventure

Salah satu segmen jaket EIGER Adventure premium yang dapat Anda peroleh ini menggunakan bahan Pertex Shield, yang memastikan kamu terlindung dari paparan angin dan sinar Matahari, sekaligus tetap terasa breathable dan windproof. Harganya mulai dari Rp2,564,100.

5. Vipera

baju adventure
Sumber: EIGER Adventure

Untuk alas kaki, kamu bisa mengandalkan sepatu yang satu ini. Desain mid-cut dirancang khusus untuk penggiat hiking di alam terbuka dengan konstruksi Flexeleton di bagian atas untuk menguatkannya tanpa ada jahitan. Harganya mulai dari Rp1,286,100.

Baca Juga : 4 Cara Bangun Tempat Berlindung Sementara di Hutan yang Aman

Siap Memberikan Opsi Outdoor Gear Solid, EIGER Adventure Jadi Partner Handal

Itu tadi sekilas tentang kriteria baju adventure yang direkomendasikan, dan beberapa rekomendasi produk yang bisa jadi inspirasi. Tentu kamu bisa dengan mudah menjelajahi banyak produk lain di situs resmi EIGER Adventure. Atau kamu juga bisa langsung mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu. Agar lebih praktis dan mudah, kamu juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang sudah bisa kamu unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya lebih lengkap dan dijamin ori. Dapatkan juga promo dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru