HomeTips & TrickMountaineeringJangan Panik, Begini Cara Mengatasi Tenda Bocor Saat Camping di Gunung

Jangan Panik, Begini Cara Mengatasi Tenda Bocor Saat Camping di Gunung

Tenda memegang peranan penting dalam kegiatan pendakian, terutama untuk para pendaki yang menghadapi kondisi alam yang beragam dan berubah-ubah. Tenda akan memberikan perlindungan dari elemen cuaca seperti hujan, salju, hingga angin kencang. Tentunya, ini membantu para pendaki tetap kering dan nyaman selama perjalanan mereka. Tapi bagaimana jika ternyata tenda tersebut bocor, bagaimana cara mengatasi tenda bocor?

Tenda memang sangat diperlukan karena akan memberikan tempat yang aman dan nyaman untuk beristirahat dan tidur di alam terbuka. Hal ini sangat penting untuk memulihkan energi setelah seharian melakukan pendakian. Bisa dibayangkan betapa paniknya jika ternyata tenda yang diandalkan sebagai tempat berlindung itu bocor.

Cara Mengatasi Tenda Bocor

cara mengatasi tenda bocor
Sumber: Eiger Adventure

Jika tenda Eigerian bocor selama camping di gunung, langkah-langkah berikut ini dapat membantu mengatasi situasi itu dan memastikan kenyamanan serta keamanan selama pendakian. Simak, yuk!

1. Temukan Sumber Bocor

Langkah pertama, Eigerian perlu mengidentifikasi area atau titik di mana air masuk ke dalam tenda. Periksalah dinding tenda, lantai, dan sambungan-sambungan tempat yang mungkin menjadi tempat air masuk.

2. Perbaiki Tenda Bocor dengan Perbaikan Sementara

Jika bocornya kecil, itu artinya Eigerian dapat menggunakan perbaikan sementara seperti plester atau perekat tahan air untuk menutup sementara lubang atau retak.

3. Gunakan Perekat Tahan Air

Perekat tahan air atau perekat khusus untuk tenda juga bisa digunakan untuk menambal retak atau lubang pada kain tenda. Pastikan untuk membersihkan dan mengeringkan area sebelum menempelkan perekat, ya!

4. Gunakan Perbaikan Darurat

Banyak tenda yang dilengkapi dengan kit perbaikan darurat yang berisi perekat tahan air dan bahan perbaikan lainnya. Jadi, Eigerian dapat menggunakan kit ini untuk memperbaiki kerusakan pada tenda.

5. Tempatkan Pelapis Tambahan

Jika bocor terjadi pada lantai tenda, maka pertimbangkan untuk menambahkan pelapis tambahan di dalam tenda untuk menghindari air yang dapat meresap ke dalam.

6. Pertimbangkan Penggunaan Flysheet Tambahan

Flysheet tambahan atau rainfly akan membantu melindungi tenda dari air hujan. Tapi jangan lupa untuk memasangnya dengan benar, supaya Eigerian bisa memastikan perlindungan yang maksimal.

7. Gantilah Tenda Cadangan (Jika Tersedia)

Jika Eigerian membawa tenda cadangan, maka pertimbangkan untuk menggantikan tenda utama yang bocor dengan tenda cadangan yang dapat memberikan perlindungan yang lebih baik.

Itulah beberapa cara mengatasi tenda bocor yang bisa Eigerian praktikkan. Selalu ingat bahwa sebelum melakukan pendakian atau camping berikutnya, periksa kembali tenda untuk memastikan bahwa semua perbaikan telah dilakukan dengan baik dan bahwa tidak ada kebocoran tambahan. 

Baca juga: Tips Camping dan Rekomendasi Tenda Camping 4 Orang Terbaik

Tantangan Saat Mendirikan Tenda di Gunung

cara mengatasi tenda bocor
Sumber: Eiger Adventure

Mendirikan tenda di gunung memang bisa menjadi tantangan tersendiri karena kondisi lingkungan yang sering kali tidak bisa diprediksi dan berubah-ubah. Selain bocor, biasanya ada beberapa kendala yang mungkin Eigerian alami saat mendirikan tenda di gunung. Berikut ini adalah ulasan selengkapnya:

1. Resleting Tenda yang Macet

Mengatasi resleting yang macet sebenarnya tidak butuh cara khusus, karena Eigerian bisa memperbaikinya langsung saat tenda digunakan. Caranya adalah bersihkan pasir atau kotoran lain dari resleting. Setelah itu, kalau Eigerian membawa lilin, lumasi area resleting yang macet menggunakan lilin tersebut. Biarkan bekas lilin itu kering supaya tidak ada kotoran yang menempel lagi di resleting.

2. Rangka Tenda yang Rusak

Selain kain, rangka tenda juga rawan rusak, seperti tertekuk ataupun patah. Jangan buru-buru beli tenda yang baru, karena sebenarnya Eigerian bisa memperbaikinya dengan cara berikut ini:

  • Pertama, sejajarkan rangka yang patah. Kalau rangka tertekuk, tapi belum patah sepenuhnya, maka Eigerian perlu meluruskan pelan-pelan bagian yang tertekuk tersebut.
  • Setelah itu, geser selongsong melewati ujung tiang hingga berada di tengah-tengah bagian yang putus atau tertekuk. Eigerian mungkin harus menggunakan tang atau batu kalau selongsong sulit digeser.
  • Lalu, rekatkan selongsong dengan repair tape atau lakban tebal biasa.

3. Tanah yang Tidak Rata

Tanah di pegunungan sering kali tidak rata atau berbatu, jadi hal ini membuat sulit untuk mendirikan tenda dengan stabil. Tapi tak perlu khawatir, karena ada solusinya. Eigerian bisa mencari area yang lebih datar atau bawa peralatan tambahan seperti tikar atau alas tenda yang dapat membantu meratakan permukaan.

4. Angin Kencang

Angin kencang juga dapat membuat proses pemasangan tenda sulit dan dapat merusak tenda jika tidak dipasang dengan benar. Solusinya, pilih tempat yang sedikit terlindung dari angin, pasang tenda dengan mantap, dan pastikan semua paku tenda telah tertanam dengan baik.

Baca juga: Cara Melipat Tenda yang Benar dan Menyimpannya dalam Carrier 

Nah, sekarang Eigerian sudah tahu bagaimana cara mengatasi tenda bocor saat camping di gunung. Beberapa tantangan dan kendala yang mungkin terjadi saat mendirikan tenda di gunung juga sudah dijabarkan beserta solusinya. Sekarang saatnya bersiap!

Segala macam perlengkapan yang diperlukan untuk pendakian dan camping telah tersedia lengkap di website resmi EIGER Adventure. Eigerian bisa cek koleksi terbarunya, dan temukan produk mana yang Eigerian butuhkan. Belanja online di website resmi EIGER terjamin kualitasnya. Selain itu, ada banyak promo potongan harga, gratis ongkos kirim, hingga pilihan pembayaran yang beragam, lho. Yuk, belanja sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru