HomeNews & InfoEIGER EventEIGER Riding Kembali Ramaikan Ajang Akbar BBQ RIDE 2024

EIGER Riding Kembali Ramaikan Ajang Akbar BBQ RIDE 2024

Bukan sekadar berkendara menuju berbagai destinasi, event BBQ RIDE juga telah menjadi ajang berbagi pengalaman dan cerita di setiap perjalanannya. Diselenggarakan pada 8-9 Juni 2024 di Bandung, inilah rangkaian keseruan selama acara berlangsung!

Sejarah BBQ RIDE

Seiring dengan perkembangan zaman, gaya hidup pun mulai berkembang pesat, begitu pula dalam dunia otomotif. Di Indonesia sendiri, otomotif muncul dengan berbagai aliran, mulai dari gaya modifikasi dari kendaraan hingga kultur pelakunya itu sendiri.

Oleh karena itu, BBQ RIDE hadir sebagai wadah bagi para pelaku custom dan vintage enthusiast untuk mengekspresikan kreativitas mereka. Ajang ini digelar setiap setahun sekali di Kota Bandung dengan rangkaian pre-event dan konten acara yang berbeda setiap tahunnya.

Event Pertama yang Dihelat

Berangkat dari kegemaran terhadap dunia custom culture, event BBQ RIDE digelar pertama kali pada tahun 2013 dengan nama TWO WHEELS GARAGE CRUISIN. Nama BBQ RIDE sendiri dipilih untuk lebih menekankan bahwa acara ini merupakan sebuah event ekshibisi otomotif yang dapat dinikmati oleh semua kalangan, bernuansa penuh kehangatan dan kekeluargaan, tanpa adanya gap atau kesenjangan baik dari antarkomunitas mana pun. 

Pada awalnya, event ini hanya sebagai sarana ajang berkumpul, bertukar pikiran, bercerita, dan memajang kendaraan custom dan vintage, hingga pada akhirnya kegiatan ini berubah menjadi acara tahunan yang selalu ditunggu banyak orang, khususnya para pencinta roda dua.

Terhitung mulai tahun 2014, para pengunjung mancanegara pun mulai berdatangan ke Bandung untuk menghadiri acara, seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Australia, Thailand, dan Jepang. Setelah melalui perjalanan selama 10 tahun di dunia custom culture ini, BBQ RIDE pun berkembang menjadi gelaran yang semakin besar dan konsisten menyajikan kemeriahan dengan kegiatan-kegiatan yang seru dan berbeda setiap tahunnya.

Gelaran Tahun ke-11 “BBQ RIDE: UNSTOPPABLE”

Tahun 2024 menjadi tahun ke-11 untuk BBQ RIDE dengan tema UNSTOPPABLE. Tema ini mengandung arti “tak terhentikan, dan akan terus bergerak maju dan menginspirasi.” Gelaran tahun ini merupakan sebuah movement yang menjadi komitmen untuk selalu mendukung perkembangan custom culture, baik skala nasional maupun internasional.

Tahun lalu, event ini mengambil lokasi di Summarrecon Gedebage, sementara di tahun ini berlokasi di Laswi Heritage. Pemilihan venue ini sendiri dikarenakan area yang lebih luas pasca adanya renovasi besar oleh pengelola. Hal ini membuat space ekshibisi lebih leluasa untuk memajang hasil karya, baik bagi para owner, builder, serta bengkelnya, termasuk para artist painting

Pre-Event: BBQ RIDE Trip dari Jawa ke Sumatra

BBQ RIDE Trip adalah satu dari rangkaian pre-event yang dilakukan sebelum acara utamanya berlangsung. Tahun ini, trip dilakukan menuju titik 0 Kilometer Indonesia yang berlokasi di Kota Sabang, Aceh oleh 10 riders selama 10 hari perjalanan.

Kegiatan ini bertujuan untuk berkunjung, berbagi cerita, sekaligus mengundang para builder dan pelaku custom culture di setiap kota serta memperkenalkan produk lokal yang berhubungan dengan dunia custom culture.

Selain trip antarkota, diadakan pula Mini Event di beberapa titik kota, yaitu Palembang dan Medan. Mini Event ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dengan komunitas dan pelaku di kota sekitar.

Perjalanan BBQ RIDE Trip kali ini juga dikemas menjadi sebuah film dokumenter. Semua aktivitas mulai dari persiapan sampai akhir perjalanan di Kota Sabang akan didokumentasikan secara khusus oleh BBQ RIDE Team.

Baca Juga: RK Series EIGER: Tawarkan Gaya Riding Kasual Ala Ridwan Kamil

Tema Ekshibisi dan Rangkaian Kegiatan

Setiap tahunnya, BBQ RIDE menyuguhkan berbagai konten yang baru dan tak kalah seru, di mana tahun ini ekshibisi digarap lebih serius lagi dengan menggunakan tema di setiap kendaraan yang dipajang. Tidak hanya memajang kendaraan, tetapi setiap kendaraan yang dipajang harus memiliki tema dekoratif yang menarik sehingga menambah daya tarik dari eksibisi tersebut.

Sementara itu, terdapat banyak sekali rangkaian kegiatan yang digelar selama acara, seperti:

Speedlane Show

Merupakan kegiatan terbaru yang diangkat dalam gelaran tahun ini. Adapun yang ditampilkan adalah semua hal yang berkaitan dengan Speed, Racing, dan Legendary Vehicles.

Minibike Attack

Selain speedlane, di ajang ini juga mengangkat MINIBIKE yang sedang tren di Indonesia, mulai dari kendaraan 50 cc keluaran lama hingga kendaraan 110 cc produksi terbaru dengan konsep ekshibisi yang menarik.

Art Exhibition

Merupakan kegiatan yang selalu ada di setiap gelaran BBQ RIDE dengan artist undangan yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, media dan hasil karya yang hadir berbeda setiap tahunnya, serta terdapat lelang karya untuk donasi.

Marketplace

Marketplace merupakan sarana untuk mengangkat dan memperkenalkan industri lokal yang bergerak di dunia otomotif. Mulai dari industri apparel, riding gears, hingga spare part kendaraan. EIGER Riding turut meramaikan acara dengan menghadirkan produk unggulannya untuk mendukung kegiatan daily riding maupun touring.

City Rolling

City Rolling merupakan salah satu tradisi BBQ RIDE yang pasti dilakukan setiap tahunnya. Start kali ini dilakukan dari titik Pickers Store, Jalan Pelajar Pejuang No. 100 dengan rute mengelilingi kota hingga finish di venue BBQ RIDE 2024, Laswi Heritage.

Fun Race

Fun Race juga merupakan salah satu kegiatan yang selalu hadir di BBQ RIDE. Kegiatan ini terbagi dalam beberapa kategori kompetisi, seperti obstacle race, slow race, dan lainnya.

Food Festival

Food Festival juga tak ketinggalan hadir dalam acara BBQ RIDE ini. Di sini, para pengunjung bisa mencicipi makanan dan minuman yang dihadirkan sembari menikmati berjalannya acara.

Stage Performance

Tak hanya menikmati acara dan ekshibisi, para pengunjung yang hadir juga bisa menikmati penampilan musik band yang tampil secara live di atas panggung. Untuk pemilihan konsep di area stage di setiap tahunnya selalu mengusung genre yang easy listening. Beberapa artis yang dihadirkan di antaranya, Perunggu, Leipzig, Shaggy Dog, El karmoya, The Summer, dan The Paps.

Tent of Goodtimes Collective Club

BBQ RIDE Collective Club adalah movement yang diusung oleh BBQ RIDE untuk memperkenalkan brand-brand lokal yang saling mendukung di dunia custom culture. Tent of Goodtimes merupakan area raffle untuk mendapatkan berbagai hadiah mulai dari apparel, riding gears & parts, hingga satu unit motor sebagai Grand Prize.

Baca Juga: 7 Jaket Riding EIGER untuk Berkendara Aman dan Nyaman

EIGER Riding di BBQ RIDE

EIGER Riding pun tak pernah absen dalam perhelatan akbar yang diselenggarakan setiap tahunnya di Bandung ini. 

Tak hanya menyediakan berbagai koleksi produk EIGER Riding yang dikhususkan untuk berkendara, ada pula berbagai doorprize, games di wall climbing, kopi dan camilan gratis, berbagai diskon menarik, juga koleksi limited edition untuk berkendara harian dan jarak jauh dari EIGER Riding.

EIGER Riding merupakan salah satu lini produk dari EIGER yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan sekaligus menunjang petualangan berkendara yang aman dan nyaman.

Tampak pada hari Minggu (9/6) kemarin, antrean pengunjung memadati area booth EIGER Riding. Mereka bergantian ingin mencoba wall climbing yang telah disiapkan khusus oleh EIGER. Setiap pengunjung yang berhasil sampai ke puncak papan panjat akan berhak mendapat doorprize menarik dari EIGER Riding.

So, sampai ketemu BBQ RIDE tahun depan, Eigerian!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru