HomeTips & TrickMountaineeringLeader adalah Bagian Penting Pendakian, Ini 10 Kriterianya

Leader adalah Bagian Penting Pendakian, Ini 10 Kriterianya

Pendakian perdana selalu jadi saat yang mendebarkan sekaligus seru. Bersama rekan-rekan Eigerian lain, kamu bisa mulai mendaki gunung yang tidak terlalu tinggi. Pastikan kamu melakukan persiapan yang matang. Jangan lupa sertakan seorang leader, karena leader adalah bagian penting dari sebuah pendakian.

Tunggu dulu, tapi apa itu leader pendakian? Apa arti, peran, dan tugas yang dimilikinya? Apa pula yang bisa dijadikan acuan bahwa seorang pantas dijadikan leader dalam agenda pendakianmu?

Secara singkat, semua akan dijelaskan pada poin-poin berikut ini. Simak detailnya ya!

Arti dari Leader Pendakian

Sebenarnya secara umum arti dari leader adalah seorang yang ditunjuk untuk menjadi pemimpin rombongan. Biasanya pemimpin ini diperlukan ketika kamu mendaki dengan rombongan lebih dari 3 orang.

Nantinya, pemimpin yang ditunjuk dan disepakati ini akan memegang peranan besar dalam pendakian yang dilaksanakan. Tak sekedar titel saja, namun ada tanggung jawab yang diberikan secara langsung pada seorang yang telah ditunjuk.

Peran Besar dalam Kegiatan Pendakian dan Rombongan

leader adalah

Secara praktis, peran dan tugas seorang leader adalah sangat krusial dalam pendakian. Pertama ia harus bisa memberikan instruksi dan memilih jalur mana yang akan dilalui, dengan mempertimbangkan kemampuan rombongan dan perbekalan yang dimiliki.

Selanjutnya, seorang pemimpin juga harus mampu memberi dukungan moril pada setiap peserta pendakian agar tetap memiliki semangat juang tinggi, sehingga pendakian bisa dilakukan dengan penuh antusiasme dari awal hingga akhir saat turun gunung nantinya.

Peran penting lain adalah untuk membantu pendaki pemula, kamu atau rekan di salam satu rombongan yang belum pernah mendaki gunung, untuk bisa mendaki dengan baik. Mengedukasi teknik pendakian, tips dan trik, serta membimbing secara langsung.

Terakhir, dan mungkin paling penting, adalah mampu mengambil keputusan terbaik pada setiap kondisi yang dihadapi oleh rombongan. Baik itu kondisi pemilihan tempat mendirikan tenda, kondisi hujan atau badai, suhu dingin, hingga kondisi kritis yang perlu tindakan cepat dan tepat.

Tentu saja, dengan tanggung jawab dan peran sebesar ini seorang pemimpin tak bisa dipilih dengan acak. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi agar seorang layak dipilih.

Kriteria Leader Adalah Sebagai Berikut 

Untuk menentukan siapa yang layak menjadi seorang pemimpin dalam perjalanan kali ini maka kamu dan rombongan harus melihat beberapa faktor berikut ini.

Pertama, seorang yang dipilih harus memiliki kekuatan fisik dan mental yang tinggi sehingga bisa membantu dan memberikan semangat secara terus menerus.

Kedua, wajib memiliki pemahaman pada medan dan jalur yang ada di gunung yang akan kamu daki. Utamakan memilih seorang yang sudah pernah mendaki atau berpengalaman.

Ketiga, bisa berkomunikasi dengan baik. Pemilihan kata-kata yang tepat dalam berkomunikasi bisa berpengaruh pada mood dan kondisi mental seseorang, jadi wajib dipilih yang bisa berucap dengan baik.

Keempat, memiliki kesabaran yang ekstra untuk menghadapi berbagai kondisi.

Kelima, berpengalaman dalam urusan pendakian, penguasaan peralatan, penguasaan situasi dan kondisi, serta mampu menjadi panutan dan inspirasi.

Keenam, bias mencairkan suasana namun tetap menjaga konsentrasi selama pendakian dilakukan.

Ketujuh, bisa mengatasi keluhan setiap peserta dengan baik, sehingga tidak berpengaruh buruk pada anggota yang lain.

Kedelapan, bertanggung jawab pada rombongan dan dirinya sendiri.

Kesembilan, mengetahui, memahami, dan bisa melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan sebagai langkah awal jika terjadi hal yang tak diinginkan.

Kesepuluh, memahami navigasi, membaca arah mata angin, sehingga tidak mudah tersesat.

Peran Lain dalam Pendakian Umum

leader adalah

Mungkin kemudian kamu bertanya-tanya, jika ada peran leader dalam satu rombongan pendakian, apakah ada peran-peran lain yang sebenarnya bisa diberikan pada anggota pendakian?

Yap, pendakian yang ideal sebenarnya bisa dilakukan dengan beberapa orang dalam rombongan dengan peran yang berbeda-beda. Yang disebutkan di awal tadi adalah ukuran rombongan terkecil dengan anggota 3 orang.

Pada rombongan yang lebih besar, ada beberapa peran lain yang juga cukup penting. Misalnya seperti sweeper yang bertugas sebagai penjaga rombongan dari belakang, dan memastikan tak ada yang tertinggal. Kemudian bagian logistik, yang berperan sebagai pembawa bahan makanan dan barang habis pakai lain. Tak jarang seorang logistik juga memegang peran sebagai chef atau juru masak. Lalu ada juga navigator, yang berperan sebagai penunjuk jalan dan pemberi rekomendasi jalur. Sisanya akan berperan sebagai follower yang mengikuti arahan dari bagian depan dan tetap menjaga rombongan tidak terpisah-pisah.

Cukup seru bukan pendakian dengan jumlah peserta lebih banyak ini?

Menjadi seorang leader adalah satu kebanggaan, dan memang memerlukan pengalaman dan kedewasaan secara mental, sekaligus kesiapan fisik yang baik. Apalagi jika dilengkapi dengan perangkat yang benar-benar mumpuni, yang disediakan oleh Eiger Adventure, tentu pendakian yang kamu lakukan akan benar-benar optimal. Dalam rangka mempersiapkan pendakian perdana, pastikan kamu membawa semua perangkat dan pengetahuan yang diperlukan ya. Kunjungi bagian produk Eiger Adventure, dan dapatkan perlengkapan pendakian terbaik di sana!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments