HomeTips & TrickGreen & HealthyCara Motivasi Diri, Begini Tips untuk Rajin Berolahraga

Cara Motivasi Diri, Begini Tips untuk Rajin Berolahraga

Olahraga penting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan senantiasa bugar. Namun sayangnya, kegiatan yang satu ini menjadi terlupakan karena banyaknya kesibukan lain yang dikira lebih penting atau karena malas. Agar berjalan dengan lancar, kamu juga harus mengetahui cara motivasi diri untuk terus berolahraga.

Padahal, memiliki tubuh yang bugar menjadi salah satu alasan mengapa berbagai aktivitas lain bisa berjalan dengan mulus dan lebih baik. Yuk, ikuti tips di bawah biar kamu selalu semangat berolahraga:

Cara Motivasi Diri

Lakukan Olahraga Se-fleksibel Mungkin

Jangan terpaku dengan pikiran kalau olahraga harus dilakukan di tempat fitness dan hanya di pagi hari, karena gak ada aturan khusus untuk berolahraga, jadi bisa dilakukan dengan bervariasi sesuai kebutuhan atau disesuaikan waktu luang.

Bukan hanya jenis olahraga tertentu, berlari mengelilingi kompleks juga bisa disebut sebagai olahraga. Jika sedang malas keluar rumah, terlebih di masa pandemi ini, kamu juga bisa meluangkan waktu untuk jenis olahraga yang bisa dilakukan di dalam rumah.

Jika diperlukan, ada banyak aplikasi dan tips olahraga di rumah yang bisa ditemukan di berbagai media sosial.

Baca juga: Manfaat bangun pagi yang harus kamu ketahui

Ajak Teman-teman

Source: Pexels

Biasanya, berbagai kegiatan apapun termasuk olahraga jika dilakukan seorang diri memang kurang memotivasi. Namun jika dilakukan bersama, terlebih dengan seorang teman dekat maka akan memiliki feel yang berbeda;

Olahraga sendirian memang kurang semangat. Beda rasanya kalau kamu ajak teman-temanmu olahraga bareng. Tanpa disadari, olahraga bersama bisa memicu semangat seseorang untuk mencapai target yang lebih baik.

Cari Olahraga yang Kamu Sukai

Cara motivasi diri agar lebih semangat ketika melakukan kegiatan olahraga rutin, yakni dengan memilih jenis olahraga yang disukai atau sesuai dengan kemampuan diri.

Agar kegiatan olahraga semakin semangat, mengetahui jenis olahraga yang menurut kamu tidak terlalu sulit dan menarik untuk dilakukan sangatlah penting.

Selain itu, kamu bisa mencocokan jenis olahraganya dengan tujuan yang ingin kamu capai, entah untuk diet, olahraga jantung, atau sekedar menjaga kebugaran tubuh semata. Dengan begitu, kamu akan semakin terpicu untuk rutin berolahraga.

Baca juga: Manfaat beraktivitas di alam bagi kesehatan

Cari Alasan untuk Memotivasi Diri

Salah satu yang bikin seseorang jadi malas berolahraga adalah karena tidak punya motivasi. Jadi, pikirkanlah segala keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari berolahraga dan jadikan hal-hal tersebut sebagai motivasi diri.

Ada banyak alasan setiap orang ketika melakukan olahraga, mulai dari ingin mengurangi berat badan, agar tubuh tetap bugar, menurunkan kadar kolesterol, atau hal lainnya.

Baca juga: Tak cuma jalan, begini cara joging yang benar

Pasang Target

Untuk memacu diri agar terus semangat berolahraga, kamu bisa memasang target per minggu yang mesti kamu capai. Misalnya, kalau kamu berhasil lari sejauh 1 kilometer minggu ini, tentukanlah target 2 kilometer untuk minggu berikutnya.

Begitupun pada minggu selanjutnya, lakukan kegiatan ini secara konsisten sedikit demi sedikit. Dengan begitu, kamu tidak akan begitu berat melaksanakan olahraga dengan rutin ke depannya.

Jangan melakukan olahraga berat pada satu waktu, namun tidak lagi berolahraga pada waktu berikutnya. Konsistensi merupakan hal terbaik untuk mendapatkan hasil maksimal.

Baca juga: Manfaat bangun pagi yang perlu kamu tahu

Itulah beberapa tips yang dapat diterapkan untuk kamu agar terus konsisten dalam olahraga, cara motivasi diri tidak akan lengkap jika tidak disertai tekad yang kuat.

Biasanya orang yang memiliki tujuan tertentu –seperti diet dengan batas waktu tertentu, menurunkan kolesterol, disarankan dokter, dan lainnya– akan lebih termotivasi jika dibandingkan dengan yang tidak memiliki tujuan ketika memulai olahraga.

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments