HomeTips & TrickMountaineeringJangan Sembarangan, Begini Cara Tepat Mencuci dan Menyimpan Carrier

Jangan Sembarangan, Begini Cara Tepat Mencuci dan Menyimpan Carrier

Salah satu peralatan mendaki yang perlu mendapat perhatian khusus adalah carrier. Oleh karena itu, setelah digunakan, sebaiknya Eigerian selalu membersihkan carrier dan menyimpannya dengan benar agar tetap awet. Yuk cek cara mencuci carrier di bawah ini!

Nah, sebelum membahas tentang bagaimana cara mencuci carrier yang tepat, Eigerian perlu tahu bahwa terdapat dua metode pencucian yang bisa kamu lakukan sesuai dengan kondisi carrier-mu.

Pertama adalah metode light cleaning yang bisa kamu lakukan apabila carrier dalam kondisi yang tidak terlalu kotor. Pada metode ini, kamu tidak melakukan pencucian secara menyeluruh. Namun, kamu hanya membersihkan tas di bagian-bagian tertentu yang kotor saja.

Kedua adalah deep cleaning yang bisa kamu lakukan apabila kondisi carrier sangat kotor, sehingga harus dicuci secara menyeluruh. Perlu diingat, mencuci carrier harus dilakukan dengan hati-hati. Tujuannya supaya tidak merusak material tas, lapisan khususnya, maupun bagian-bagian lain yang fungsinya krusial. 

Barang yang Harus Dipersiapkan Untuk Mencuci

Untuk menjaga keawetan material carrier, maka gunakan alat dan bahan yang tepat saat melakukan pencucian. Berikut ini beberapa barang yang harus Eigerian persiapkan!

1. Sikat gigi

Gunakan sikat gigi yang baru ataupun bekas yang Eigerian punya dengan bulu sikat yang lembut agar material dan lapisan khusus pada carrier tidak cepat rusak. Menggunakan sikat gigi juga akan memudahkan kamu untuk membersihkan bagian ristleting dan lipatan-lipatan lain yang sulit dijangkau.

2. Kuas kecil

Kuas kecil bisa kamu gunakan untuk membersihkan kotoran ringan di bagian lipatan-lipatan, seperti kotoran debu atau remahan makanan yang tak perlu dibasahi dengan air.

3. Sampo atau sabun bayi

Tahukah Eigerian, material carrier sangat sensitif dengan zat kimia. Eigerian bisa gunakan sampo bayi atau sabun bayi yang tidak mengandung zat kimia yang keras. Jangan gunakan sabun detergen karena akan merusak bahan dan warna carrier.

4. Lap kain

Lap kain berfungsi untuk membersihkan bagian dalam carrier. Biasanya bagian dalam carrier tidak sekotor bagian luar. Selain itu, lap kain juga bisa kamu gunakan untuk mengeringkan bagian carrier setelah dibasahi dan dicuci.

5. Baskom

Gunakan baskom untuk menampung air dan sabun yang akan digunakan untuk mencuci dan membasahi sikat gigi. Jika kondisi carrier kamu sangat kotor, maka gunakan baskom besar yang muat untuk merendam carrier.

6 Cara Mencuci Carrier Agar Tetap Awet

Mengingat pentingnya fungsi carrier untuk mendaki gunung, Eigerian pasti ingin carrier andalan kamu bisa awet walaupun sering digunakan. Oleh karena itu, kamu membutuhkan tips merawat carrier yang tepat. Ayo simak beberapa tips mencuci carrier di bawah ini!

1. Periksa kotoran yang ada di carrier

Ini merupakan langkah awal yang perlu Eigerian lakukan untuk mengetahui metode pencucian apa yang harus dilakukan setelah melihat kondisi kotoran yang ada di carrier. Ada beberapa jenis kotoran atau bercak yang biasa menempel di carrier.

Mulai dari kategori ringan, seperti serpihan kayu atau remahan makanan, kategori sedang, seperti tanah atau bekas tumpahan makanan, serta kategori berat, seperti lumpur atau getah tanaman yang berpotensi meninggalkan bekas di permukaan carrier.

2. Kosongkan semua kantong

Cek semua kantong, termasuk kompartemen kecilnya, dan pastikan tidak ada barang, sampah, dan serpihan yang tertinggal di dalam kantong. Posisikan carrier terbalik agar pasir dan kotoran lain dari dalam bisa keluar.

3. Lepaskan beberapa bagian carrier

Apabila kamu menggunakan metode deep cleaning, maka sebelum dicuci, longgarkan semua belt pada tas. Cara mencuci carrier yang satu ini tujuannya supaya proses pembersihan dapat maksimal ke seluruh bagian carrier. Apabila desain carrier memungkinkan, lepaskan hip belt, strap bahu, frame, dan rain cover untuk dibersihkan secara terpisah.

4. Bersihkan tas secara hati-hati

Sebelum mencuci, perhatikan lebih dulu petunjuk pencucian di label carrier. Kemudian, cucilah bagian paling kotor terlebih dahulu menggunakan sikat gigi pada kotoran yang susah hilang. Jangan gunakan deterjen dan pemutih.

Oleskan sampo atau sabun bayi di permukaan yang kotor dan sikat dengan lembut. Beri perhatian ekstra pada bagian bawah carrier, shoulder pad, dan buckle. Biasanya ketiga bagian ini paling sering kotor dan bau keringat.

5. Bilas tas dengan air mengalir

Setelah dicuci bersih, bilaslah tas dengan air mengalir. Pastikan tidak ada busa yang tertinggal. Lewati bagian ini jika Eigerian mencuci menggunakan metode light cleaning. Periksa kembali seluruh bagian carrier untuk melihat apakah masih ada kotoran yang tertinggal.

6. Keringkan dengan metode yang benar

Keringkan carrier dengan cara diangin-anginkan atau digantung di tempat yang teduh dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Gantung carrier dengan posisi terbalik dan buka semua kompartemennya agar air yang ada di dalam bisa keluar.

Hindari menjemur carrier di bawah sinar matahari langsung, karena warnanya akan lebih cepat pudar dan tekstur bahannya dapat berubah.

Baca Juga: Cara Asyik Menikmati Sunrise di Puncak Gunung

Tak Boleh Sembarangan, Menyimpan Carrier juga Ada Caranya

Tak hanya proses mencuci, menyimpan carrier juga perlu diperhatikan dengan baik, lho Eigerian. Hal inilah yang akan mempengaruhi keawetan dari peralatan mendakimu. Lalu, bagaimana caranya?

1. Simpan di tempat yang sejuk dan tidak lembap

Setelah carrier dicuci dan kering, sebaiknya Eigerian simpan carrier di tempat yang sejuk dan tidak lembap. Hindari tempat penyimpanan yang terkena sinar matahari langsung agar warna tas tidak cepat rusak.

2. Jangan menumpuk carrier dengan barang-barang lain

Hindari pula menumpuk carrier dengan barang-barang lain, terutama yang bobotnya berat. Tindakan ini untuk mencegah agar bentuk carrier atau frame tidak berubah karena terlalu lama tertindih beban berat.

Perubahan bentuk carrier dapat berpengaruh pada kenyamanan saat pendakian, lho. Jadi, berikan space khusus untuk menyimpan carrier-mu.

3. Gunakan silica gel untuk menghindari jamur

Untuk mengantisipasi munculnya jamur pada carrier, Eigerian juga bisa gunakan silica gel yang disimpan di dalam dan di luar sekitar carrier.

So, itulah cara-cara yang bisa Eigerian lakukan dalam merawat carrier kamu. Jangan lupa lengkapi peralatan mendaki kamu dengan produk EIGER Mountaineering hanya di eigeradventure.com dan EIGER Adventure Store!

1 COMMENT

  1. @hermawangunawan726_https://blog.eigeradventure.com/cara-tepat-mencuci-dan-menyimpan-carrier/ setelah membaca artikel. Ini saya menjadi mengetahui cara maintenance yang tepat dan efisien untuk tas carrier saya yang berguna menambah umur pemakaian dan juga ketahanan tas saya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru