HomeTips & TrickMountaineeringCara Asyik Menikmati Sunrise di Puncak Gunung

Cara Asyik Menikmati Sunrise di Puncak Gunung

Salah satu momen yang paling banyak diburu oleh para petualang, khususnya pendaki adalah kesempatan menyaksikan sunrise atau matahari terbit di puncak gunung.

Indahnya hamparan awan dengan pancaran cahaya matahari yang kekuningan perlahan menyapa muka bumi menjadikannya momen terindah bagi setiap orang yang melihatnya. 

Tapi tahukah kamu, untuk menikmati momen ini ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Selain persiapan yang matang, mental yang kuat, dan fisik yang memadai, tentu ada hal lain yang harus dipersiapkan agar kamu bisa menikmati sunrise dengan aman dan nyaman.

Baca Juga: Deretan 7 Gunung untuk Pemula yang Paling Direkomendasikan

Persiapan Untuk Menikmati Sunrise

Mau tahu apa saja persiapan yang harus kamu lakukan agar bisa menikmati momen sunrise di puncak gunung dengan aman dan nyaman? Yuk, cek penjelasannya di bawah!

Mencari informasi cuaca

Musim hujan tentu bukan waktu yang terbaik kalau kamu berencana pergi ke gunung untuk berburu sunrise.

Pasalnya, kabut bisa saja menjadi sangat tebal dan langit begitu mendung, sehingga eksotisme matahari terbit yang diharapkan pun cenderung gak maksimal. Ada baiknya Eigerian selalu update dengan perkiraan cuaca.

Memperkirakan waktu keberangkatan

Momen puncak matahari terbit tidaklah lama. Dalam hitungan yang sangat singkat, semua dapat berubah dengan cukup signifikan.

Jadi, Eigerian perlu punya perhitungan waktu yang tepat biar dapat kesempatan melihat matahari terbit sesuai harapanmu. Kalau track pendakian cukup menantang atau membutuhkan waktu yang lebih lama, sebaiknya kamu berangkat jauh lebih awal.

Menentukan titik terbaik

Sebetulnya, menikmati sunrise tidak harus selalu dilakukan di puncak tertinggi gunung yang didaki.

Ada beberapa spot lainnya di ketinggian yang dapat menjadi pemberhentian untuk menangkap momen munculnya matahari dari ufuk timur. Setiap gunung tentu mempunyai titi terbaiknya masing-masing. Eigerian dapat mencari banyak informasi soal ini dari berbagai pengalaman pendaki lainnya.

Menggunakan pakaian yang tebal dan hangat

Jangan sampai hanya karena ingin berburu sunrise kamu jadi lupa dengan kesehatan dan keselamatan sendiri.

Suhu udara di gunung yang rendah akan menjadi semakin rendah pada malam hingga dini hari. Karena itu, gunakan pakaian yang tebal dan menghangatkan ya, Eigerian. Selain jaket, gunakan pula pelindung kepala, syal, sarung tangan, kaus kaki, dan tentunya sepatu. Produk EIGER menyediakan banyak pilihan pakaian hangat untuk menemani kamu menikmati sunrise, loh. Cek disini.

Baca Juga: 5 Inspirasi Outfit ke Bromo, Hangat Sekaligus Fashionable!

7 Destinasi Menikmati Momen Sunrise Paling Indah di Indonesia

Pesona alam yang dimiliki Indonesia seolah tak ada habisnya membuat para petualang berdecak kagum. Salah satunya, destinasi yang dijadikan tempat untuk menikmati momen sunrise yang menyajikan pemandangan matahari terbit terindah di Indonesia.

Apakah kamu pernah mengunjungi 7 destinasi terbaik untuk menikmati sunrise di bawah ini? Yuk, kita bahas satu-satu di mana aja lokasinya!

Bukit Sikunir, Dieng

(Sunrise di Bukit Sikunir. Sumber: www.goodnewsfromindonesia.id/)

Bukit Sikunir terletak di Desa Sembungan, Dieng, Wonosobo, tepatnya di ketinggian 2.306 mdpl. Dengan lokasi tersebut, tak heran jika kawasan ini dinobatkan sebagai desa tertinggi di Pulau Jawa. Meski cukup tinggi, Bukit Sikunir sudah dilengkapi anak tangga untuk memudahkan pengunjung menuju puncak.

Dari atas bukit, kamu bisa menikmati indahnya golden sunrise dengan latar panorama dataran tinggi Dieng. Kalau Eigerian tertarik untuk melihat pesona sunrise Bukit Sikunir ini, kamu bisa datang saat musim kemarau di bulan Juli hingga Oktober. Dengan begitu, cahaya matahari tidak akan terhalang oleh kabut tebal ataupun mendung.

Gunung Prau, Dieng

(Sunrise di Gunung Prau. Sumber: EIGER Adventure)

Masih di kawasan Wonosobo, Gunung Prau juga tak boleh dilewatkan saat ingin menikmati momen sunrise. Berada di perbatasan tiga kabupaten, yaitu Banjarnegara, Wonosobo, dan Batang Kendal, Gunung Prau memiliki ketinggian 2.565 mdpl dengan jalur pendakian yang cukup landai.

Karena itu, lokasi ini cocok untuk dikunjungi pendaki pemula. Sunrise terbaik Gunung Prau bisa kamu saksikan sekitar bulan Desember atau Januari. Pada bulan tersebut, matahari tampak dengan garis tepi yang cukup jelas.

Cahaya merah kekuningan membaur indah dengan biru langit serta pemandangan puncak gunung Jawa lainnya, seperti Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan lainnya.

Savana Bekol, Situbondo

(Sunrise di Savana Bekol. Sumber: Pixabay)

Sebagai salah satu wisata andalan di Taman Nasional Baluran, Savana Bekol bisa menjadi destinasi tepat untuk menyaksikan matahari terbit. Sepintas, pemandangan alam yang disuguhkan padang rumput di sini mirip dengan pemandangan alam liar di daratan Afrika.

Tak hanya itu, kalau beruntung, Eigerian juga bisa bertemu dengan rombongan rusa, ayam hutan, dan beragam binatang liar lainnya. Pemandangan sunrise sendiri bisa kamu nikmati di dua lokasi berbeda. Selain di Savana Bekol, kamu juga bisa menyaksikan matahari terbit di gardu pandang yang disiapkan pengelola setempat.

Candi Borobudur, Magelang

(Sunrise di Candi Borobudur. Sumber: pegipegi.com)

Candi Borobudur merupakan kawasan yang wajib kamu kunjungi saat berada di kota Magelang, Jawa Tengah. Selain menikmati warisan budaya artefak, kamu juga bisa menyaksikan panorama sunrise di salah satu keajaiban dunia ini. Agar tidak ketinggalan momennya, kamu bisa datang pada pukul 04:30 hingga 06:00.

Baca Juga: 15 Destinasi Wisata Budaya Terpopuler di Indonesia, Wajib Dikunjungi!

Bukit Puthuk Setumbu, Magelang

(Sunrise di Bukit Puthuk Setumbu. Sumber: liputan6.com)

Bukit Puthuk Setumbu menjadi alternatif untuk menyaksikan sunrise di kawasan Candi Borobudur. Di sini, petualang bisa menyaksikan kemegahan Candi Borobudur dari ketinggian serta keindahan sinar matahari yang muncul di balik Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Pesona inilah yang membuat Puthuk Setumbu semakin populer di kalangan petualang, termasuk fotografer.

Kebun Buah Mangunan, Yogyakarta

(Sunrise di Kebun Buah Mangunan. Sumber: koranjogja/Bogordaily.net)

Yogyakarta memang tak pernah absen dari daftar destinasi alam terbaik di Indonesia, tak terkecuali menjadi lokasi untuk berburu sunrise. Lokasi lain yang bisa kamu kunjungi adalah Kebun Buah Mangunan di Dlingo, Bantul. Kebun buah yang dibangun pada tahun 2003 ini berada di ketinggian sekitar 200 mdpl, lokasi yang tepat untuk melihat pesona matahari terbit.

Kamu bisa menuju tempat teratas kebun untuk melihat sunrise dengan latar belakang kebun dan sungai yang berada di atas lahan sekitar 23 hektare ini.

Gunung Kerinci, Jambi

(Sunrise di Gunung Kerinci. Sumber: Vinchel Budihardjo, Flickr.com)

Dengan ketinggian 3.805 mdpl, Gunung Kerinci memiliki berbagai alasan untuk dikunjungi. Mulai dari pesona alam yang indah, seperti hutan lebat dan kawah berwarna biru kehijauan. Hal ini menjadikan Gunung Kerinci jadi salah satu lokasi ideal buat menikmati pemandangan sunrise terbaik di Indonesia.

Tentu Eigerian punya tempat favorit untuk menikmati keindahan matahari terbit di daerah kamu masing-masing. Jangan lupa persiapan yang matang agar momen ini bisa kamu nikmati dengan baik tanpa ada halangan. Lengkapi perlengkapan mendaki kamu dengan EIGER, yuk! Kunjungi website resmi EIGER atau EIGER Adventure Store terdekat di kotamu sekarang juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru