HomeTips & TrickMountaineeringKomplit! Inilah Daftar Perlengkapan Naik Gunung yang Wajib Dibawa

Komplit! Inilah Daftar Perlengkapan Naik Gunung yang Wajib Dibawa

Aktivitas di alam terbuka baik hiking maupun trekking dapat memperkaya wawasan kita terhadap panorama alam yang indah juga merupakan salah satu media terbaik dalam menjalin persahabatan dan mempererat persaudaraan. Kesamaan hobi, kesamaan habit membuat pelakunya lebih mudah cair dalam berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain meski baru berjumpa.

Apakah Eigerian juga mengalami? Sebelum melakukan pendakian, pendaki sudah seharusnya merencanakan dan mempersiapkan terlebih dahulu peralatan, perlengkapan naik gunung, merancang perbekalan dan segala sesuatunya jauh-jauh hari sebelum keberangkatannya.

Harus diingat bahwa “gagal dalam merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan”. Sambil mempersiapkan perlengkapan, alangkah baiknya kita belajar mengenali dan mempelajari terlebih dahulu peralatan dasar mendaki gunung.

Dengannya kita dapat mengetahui karakter masing-masing peralatan, sehingga dapat memilih dan memilah perlengkapan naik gunung yang akan dibawa dan siap menghadapi dan mensiasatinya berbagai perubahan kondisi di lapangan bilamana terjadi.

Perlengkapan naik gunung

1. Sepatu Hiking dan Gaiter

perlengkapan naik gunung

Fungsi utama sepatu hiking adalah melindungi kaki dari cedera, luka dan cacat saat berjalan melewati beragam kondisi medan. Mengingat kondisi jalan di alam bebas berbeda dengan kondisi jalan di perkotaan yang sehari hari dilalui, maka sepatu hiking dirancang khusus, diantaranya kuat, memiliki alas empuk, grip tebal dan anti slip, tahan air untuk menjajal medan pendakian di alam bebas.

Eigerian dapat mencari sepatu yang cocok sesuai kebutuhan dengan berbagai model di toko-toko Eiger, Marketplace Official Eigerindostore, dan website eigeradventure.com.

Selanjutnya, kita perlu menyiapkan gaiter untuk melindungi kaki dari lumpur, tanah, dan air saat mendaki. Dengan gaiter memungkinkan sepatu boot, kaus kaki, dan kaki kita relatif tetap kering dan hangat yang membuatnya menambah kenyamanan selama pergerakan di lapangan dalam waktu yang lama.

Tanpanya saat mendaki medan berat pada cuaca hujan Eigerian riskan mengalami lecet dan bagian kaki melepuh karena kerikil atau kotoran lainnya yang masuk ke dalam sepatu. Saat memasuki memasuki hutan tropis basah atau saat melewati daerah lembab, gaiter melindungi kaki dari gangguan binatang atau serangga lain seperti menempelnya binatang lintah atau pacet di kaki kita.

Begitupun saat mendaki gunung melewati padang rumput atau jalan setapak di hutan, gaiter membantu melindungi kulit kaki dari luka goresan semak belukar dan duri serta melindungi celana lapangan dari basah akibat butiran air menempel di rerumputan disepanjang jalan setapak.

2. Matras, Tenda Camping, dan Sleeping Bag

perlengkapan mendaki

Terkadang, orang-orang menghindari kegiatan mendaki gunung karena menganggap kegiatan itu hanya menyiksa diri. Misalnya, kualitas tidur yang menjadi tidak maksimal karena tidak beralas kasur empuk seperti di rumah.

Padahal, kualitas tidur saat camping di gunung juga bisa dimaksimalkan jika kamu punya matras camping yang tepat. Dengan beralaskan matras ini, permukaan tanah yang dingin dan tidak mulus tentunya bisa diatasi. Selain matras, tenda camping juga tak boleh dilewatkan. 

Selayaknya fungsi rumah, tenda camping berguna sebagai tempat berlindung dan beristirahat dengan nyaman tanpa perlu memikirkan apa yang terjadi di luarnya. Ada banyak ukuran, bentuk, serta jenis tenda camping yang beredar di pasaran.

Tapi kalau ingin kenyamanan maksimal, maka tenda yang ideal adalah yang dibuat dari bahan berkualitas. Yang bisa menahan panas, hujan, bahkan harus mampu tahan dari orang-orang yang tidurnya lasak.

Matras dan tenda camping sudah, selanjutnya perlengkapan naik gunung yang kamu perlukan adalah sleeping bag. Meskipun udara di gunung akan jadi sangat dingin ketika malam hari, tapi dengan bersarung sleeping bag kamu tetap bisa merasakan kehangatan seperti di dalam kamar sendiri.

Umumnya, sleeping bag dibuat dari bahan pengurung panas seperti material down dan chemical fiber yang punya sistem kerja menyerupai selimut. Tapi, sebaiknya kamu memilih kantong tidur yang berbobot ringan agar kamu tidak terbebani saat membawanya ke atas gunung.

3. Tas Carrier, Jaket Outdoor, dan Jas Hujan

perlengkapan mendaki

Tas carrier punya posisi yang sangat vital untuk pendakian gunung. Tanpa tas carrier ini, para pendaki tentu tidak bisa membawa segala macam kebutuhan dari mulai berangkat sampai pulang. Karena berfungsi sebagai media penyimpanan, maka durabilitas adalah aspek yang sangat krusial.

Idealnya, tas carrier harus punya kapasitas yang sesuai dengan jumlah barang yang akan dibawa. Memilih tas carrier yang berukuran kecil hanya akan membuat kamu repot, karena barang yang dibutuhkan nyatanya melebih kapasitas tas itu.

Cuaca yang tidak menentu di gunung juga wajib diperhatikan karena sedikit banyak dapat mengancam isi tas. Tapi beruntungnya, seiring kemajuan teknologi sekarang ini, tas carrier mendaki gunung hadir dengan pilihan waterproof. 

Jaket outdoor sangat penting dibawa saat mendaki gunung. Selain memberi kehangatan, jaket outdoor juga akan melindungi tubuh dari kondisi lingkungan sekitar yang cepat berubah.

Saat ini begitu banyak varian jaket untuk beragam aktivitas outdoor. Tentunya dengan desain menarik dan pilihan warna yang beragam pula. Mulai jaket hujan, jaket penghangat, dan jaket penahan angin. 

4. Bahan dan Peralatan Memasak

perlengkapan naik gunung

Selama melakukan pendakian, tentunya tubuh membutuhkan asupan gizi yang tepat. Tujuannya adalah sebagai penambah stamina dan merupakan salah satu langkah terbaik untuk menghindari serangan hipotermia yang biasanya terjadi secara tiba-tiba.

Oleh karena itu, setiap pendaki wajib membawa bahan makanan dan camilan sehat. Agar rasa lapar dan haus ketika mendaki gunung dapat teratasi. Jika bahan makanan yang kamu bawa ternyata masih dalam keadaan mentah, itu artinya kamu juga perlu membawa peralatan memasak seperti kompor portable, gas kaleng, cooking set, dan pisau. 

5. Pakaian Ganti

Meskipun kamu telah membawa jas hujan dan jaket sebagai perlengkapan naik gunung yang utama, namun penggunaan pakaian dengan bahan kering juga perlu kamu siapkan sebagai bagian dari antisipasi. Setidaknya bawalah beberapa baju berbahan dri-fit yang biasanya digunakan sebagai bahan jersey sepak bola.

Hal ini penting, karena baju dengan bahan ini dapat menyerap keringat dan mudah kering saat terkena air. Selain itu, kamu juga bisa membawa pakaian berbahan flannel untuk digunakan saat malam hari.

Sebab bahan flannel memiliki serat yang jauh lebih tebal sehingga mampu menghangatkan tubuh saat tidur. Jangan lupa, kombinasikan pula dengan sleeping bag atau jaket untuk mengunci udara dingin agar tidak bisa masuk.

Eigerian bisa beli perlengkapan naik gunung seperti yang telah disebutkan di atas secara online di Eiger Adventure. Pastikan kamu cek promo diskon dan gratis ongkir, supaya belanja menjadi lebih hemat.

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments