HomeTips & TrickMountaineeringSurvivalKit yang Wajib Dibawa Pendaki Gunung

SurvivalKit yang Wajib Dibawa Pendaki Gunung

Mendaki gunung memang jadi kegiatan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan sekaligus menantang karena tetap memiliki resiko Tentunya . Untuk itu bawalah Perlengkapan yang memadai dan sesuai dengan kondisi medan . Jangan lupa juga survivalkit untuk menghadapi kondisi tidak diharapkan (survival) . Nah, untuk Eigerian yang sudah berpengalaman mendaki gunung, mungkin peralatan ini sudah selalu masuk ke tas besar kamu. Namun untuk pendaki pemula, kamu wajib membaca seluruh konten ini.

Mengapa demikian?

Survivalkit  adalah sejumlah peralatan dan perlengkapan dasar yang dipersiapkan  dalam menghadapi situasi darurat( survival) sehingga kamu bisa mengatasi hal tersebut dan membantu bertahan pada kondisi darurat tersebut. sebagai langkah antisipasi, rasanya perangkat berikut harus selalu kamu bawa.

Ingat rule of three dalam survival : 

  • 3 menit tanpa udara (nafas)
  • 3 jam tanpa perlindungan
  • bertahan tanpa air minum selama 3 hari
  • tanpa makanan selama 3 minggu

Itu batasan maksimal orang normal bertahan di alam bebas (gunung), jadi survival kit menjadi perlengkapan tambahan ketika berkegiatan di alam bebas.

Apa saja perangkat survival ini?

Survivalkit

1.  Peralatan Navigasi

Sumber : Eiger Adventure

Kompas adalah alat untuk menunjukkan arah, jarum kompas yang berwarna merah selalu menunjuk arah utara sehingga kita selalu mengetahui arah.  Peralatan navigasi manual tetap harus dibawa sebagai antisipasi, signal smartphone, gps error.

2.  Alat Perlindungan dari Cuaca (Shelter)

Terik matahari,hujan, angin, dingin tanpa perlindungan adalah hal buruk ,terpapar udara dingin dalam waktu lama akan mengakibatkan hipotermia, kena panas bisa heatstroke dan lain-lain, dalam keadaan darurat shelter bisa membantu kita dalam  meningkatkan kesempatan untuk selamat.  jadi bawa alat kecil seperti flysheet, plastik besar yang bisa di packing kecil untuk perlindungan darurat.

3.  Peralatan Membuat Api

Peralatan seperti korek api, fire starter ,lilin,parafin adalah beberapa peralatan yang bisa digunakan menyalakan api  untuk menghangatkan tubuh, memasak, mengusir binatang, serta memberikan tanda pada orang-orang di lokasi yang jauh. Nyala api di kegelapan bisa menjadi tanda yang sangat jelas untuk regu penyelamat.

4.  Peralatan untuk Mendapatkan Air

Manusia mampu bertahan hidup tanpa air maksimal selama 3 hari, air menjadi hal yang krusial ketika naik gunung atau berkegiatan di alam bebas.kita tidak tahu di lokasi ada sumber air atau tidak, layak minum atau tidak, jadi dalam survival kit harus ada peralatan untuk mendapatkan air, mensterilkan air seperti plastik kecil atau tumbler lipat multifungsi, tablet pensteril air dan lain-lain.

5. Peralatan Untuk Mendapatkan Makanan

Membawa perbekalan yang terukur dan terencana bisa membuat perjalanan menjadi lebih ringan. Namun jangan ragu untuk membawa beberapa makanan cadangan, sebagai antisipasi kondisi tak terduga atau darurat yang mengharuskan perjalanan Eigerian sekalian lebih lama dari yang direncanakan. Ingat, gunakan makanan cadangan dengan efektif ketika diperlukan. Ketika makanan sudah habis mau ga mau kita harus mencari dengan cara mengumpulkan atau berburu. Nah dalam survivall kit ini peralatan kecil untuk berburu ini disiapkan, bisa berupa alat pancing atau alat untuk membuat jebakan atau busur berburu

6. Perangkat Pertolongan Pertama (P3K)

<a href=’https://www.freepik.com/photos/man’>Man photo created by freepik – www.freepik.com</a> 

Bisa mengatasi kondisi darurat dengan menggunakan peralatan pertolongan pertama dengan efektif harus dikuasai oleh penggiat alam bebas. Pengetahuan tentang obat-obatan, perlengkapan pertolongan pertama, serta teknik mengatasi luka atau cedera menjadi hal yang sangat penting. Pastikan perangkat ini dibungkus dalam tempat yang aman, kedap air, dan cukup lengkap sesuai dengan resiko kegiatan yang dilakukan.

7.  Pisau multifungsi 

Sumber : Eiger Adventure

Berguna untuk melakukan pertolongan pertama, menyiapkan makanan, perbaikan peralatan, serta keperluan lain dalam aktivitas pendakian, pisau harus ada dan dibawa oleh setiap pendakian/penggiat kegiatan outdoor. Ingat, pisau ini hanya digunakan untuk keperluan pendakian dan bukan melakukan perusakan. Jadi gunakan seperlunya, dan jaga agar tetap berada di dalam sarungnya selama tak digunakan.

8.  Peralatan kecil lainya sesuai dengan kegiatan yang dilakukan.

Sebuah senter kecil harus ada dalam survival kit ,bisa berfungsi sebagai alat penerangan, sebagai antisipasi senter utama habis batre atau rusak, alat jahit, peluit, dan lain-lain disesuaikan dengan kegiatan, situasi dan kondisi lapangan.

Survivalkit  sebaiknya selalu dibawa oleh Eigerian yang ingin melakukan pendakian atau kegiatan alam bebas lainya. Memang mungkin akan menambah beberapa gram berat bawaan, namun secara praktis setiap perlengkapan tersebut bisa mendukung kegiatan pendakian, hingga mengantisipasi kondisi tak terduga atau darurat(survival).

Survivalkit harus lengkap sesuai dengan kegiatan, seringkas mungkin dan seringan mungkin agar tidak terlalu jadi beban.Memiliki survival kit dan peralatan pendakian yang berkualitas akan jadi hal penting dalam mendukung kegiatan pendakian Eigerian. Tentu, dengan peralatan berkualitas, kegiatan pendakian bisa dijalani dengan lebih lancar karena semua peralatan kamu bisa diandalkan. Untuk mendapatkan produk terbaik untuk keperluan pendakian, kamu bisa langsung mengunjungi store atau situs resmi Eiger Adventure. Brand yang satu ini telah berpengalaman memproduksi peralatan pendakian berkualitas, sehingga bisa mendukung segala jenis kegiatan kamu di luar ruangan. Pastikan menggunakan produk Eiger, dan nikmati pendakian yang kamu lakukan!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments