HomeTips & Trick9 Wisata Jawa Barat Ini Bisa Dikunjungi Selama PPKM

9 Wisata Jawa Barat Ini Bisa Dikunjungi Selama PPKM

Hingga saat ini, pemerintah masih terus memperpanjang masa PPKM di beberapa daerah. Meskipun PPKM masih diberlakukan, namun beberapa tempat wisata Jawa Barat ini sudah bisa dikunjungi. Tentunya dengan aturan khusus dan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Sebanyak sembilan tempat wisata Jawa Barat akan dibuka kembali melalui tahap uji coba dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini ulasan tempat wisata di Jawa Barat yang akan dibuka kembali selama PPKM. Keep scrolling

1. Taman Safari Indonesia di Kabupaten Bogor

wisata jawa barat
Sumber: tamansafaribogor.com

Tempat wisata Jawa Barat pertama yang bisa dikunjungi selama PPKM adalah Taman Safari Indonesia. Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor mengatakan bahwa Taman Safari Indonesia dibuka karena tergolong tempat konservasi satwa. Namun, Taman Safari Indonesia hanya membuka wahana Safari Journey dan tempat makan pengunjung saja selama PPKM. 

Taman Safari Indonesia ini menempati kawasan seluas 55 hektar di atas lahan setinggi 800 meter dpl, dengan iklim yang nyaman. Di taman ini, berbagai satwa hidup secara bebas di dalam lingkungan yang mendekati habitat alaminya. Kita bisa menyaksikan dari dekat seluruh perilaku satwa liar dan jinak yang jumlahnya mencapai 2.500 ekor. Mulai dari Singa, Harimau, Cheetah, Beruang Hitam Amerika, Beruang Cokelat, Zebra, Bison, Watusi, Lamma, Panda Merah, Beruang Es, Gajah, dan masih banyak lagi binatang langka lainnya. 

2. Taman Bunga Nusantara di Kabupaten Cianjur

Terletak di Jalan Mariwati KM 7 Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi Cianjur, Taman Bunga Nusantara memiliki luas mencapai 35 hektar. Seluas 23 hektar diisi oleh bunga dan berbagai pohon berbunga, 7 hektar untuk taman bermain anak yaitu ALAM IMAJINASI, 2 hektar untuk lahan pembibitan, dan 3 hektar untuk villa saung Nini dan saung Aki, yaitu sebuah restoran serta ruang pertemuan. Taman Bunga Nusantara ini adalah salah satu taman bunga yang paling banyak dikunjungi di Bogor.  Kalau ingin berkunjung ke Taman Bunga Nusantara, sebaiknya kita datang pada hari biasa atau weekdays. Pasalnya, pada weekend taman bunga ini cukup ramai sehingga penuh dengan pengunjung lainnya. 

3. The Lodge Maribaya di Kabupaten Bandung Barat

Kalau sudah bosan berfoto dengan latar dan gaya yang itu-itu saja, kenapa tidak mencoba menguji adrenalin sambil menikmati keasrian hutan pinus sebagai latar belakangnya? Di The Lodge Maribaya, kita akan menemukan inovasi baru cara mengambil foto yang tidak biasa. Terdapat tiga wahana utama yang disajikan oleh The Lodge Maribaya untuk berfoto, yaitu, sky tree, mountain swing, dan zip bike. Pada wahana sky tree, kita bisa berfoto di atas ketinggian dan mengambil pose di sebuah platform atau rumah pohon. Sementara wahana mountain swing, kita akan duduk di sebuah ayunan yang sebenarnya jaraknya dengan tanah tidak begitu tinggi, namun karena ayunan tersebut diputar ke arah lembah, maka akan nampak hasil seperti kita sedang berayun di atas ketinggian. Sedangkan pada wahana zip bike, kita akan mengendarai sebuah sepeda yang diletakkan di seutas kabel panjang yang menyeberangi lembah. Tentu saja ketiga wahana tersebut dilengkapi dengan pengaman dan diawasi oleh seorang penjaga. Jadi, dijamin aman! 

The Lodge Maribaya di Kabupaten Bandung Barat ini memang termasuk salah satu tempat wisata Jawa Barat yang bisa dikunjungi selama PPKM. Pihak pengelola objek wisata yang terletak di Desa Cibodas ini memberlakukan sejumlah syarat dan aturan bagi pengunjung yang hendak berwisata di area The Lodge Maribaya. Sebagai pengunjung, kita wajib melakukan check in pada aplikasi PeduliLindungi, kemudian kita akan diarahkan untuk membeli tiket masuk ke objek wisata. 

4. Glamping Lakeside Rancabali di Kabupaten Bandung

Tahu tidak? Kalau di Kabupaten Bandung ada sebuah rumah makan dengan konsep unik yang memungkinkan kita untuk menikmati udara sejuk dan keindahan danau Situ Patenggang. Rumah makan tersebut berbeda dengan rumah makan lainnya, karena bentuknya yang menyerupai perahu pinisi yang terbuat dari kayu. Namanya Glamping Lakeside yang letaknya tepat di pinggir Situ Patenggang. Pintu masuk Glamping Lakeside ini berada tepat bersebelahan dengan pintu masuk wana wisata Situ Patenggang. 

Selain konsep bentuk perahu pinisi yang unik, Glamping Lakeside juga menggunakan sistem deposit untuk dapat masuk dan menikmati menu makanan di rumah makan tersebut. Sangat menarik, bukan? Kawasan ini juga bisa dikunjungi selama PPKM, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

5. Kawah Putih di Kabupaten Bandung

Sesuai dengan namanya, Kawah Putih adalah sebuah danau Kawah yang terbentuk secara alami akibat letusan dahsyat gunung Patuha. Kawasan ini dulu dianggap angker, karena setiap burung yang terbang melewati kawasan ini akan mati. Hingga pada tahun 1837, seorang ilmuwan bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn mendatangi kawasan ini dan menemukan sebuah danau dengan bau belerang yang sangat menyengat, dan mitos pun terpatahkan. Kawasan Kawah Putih mulai dikembangkan menjadi kawasan wisata alam pada tahun 1987. Konon, sebelum menjadi kawasan wisata Jawa Barat, Kawah Putih ini juga pernah dijadikan sebagai pabrik belerang karena kandungan belerang yang terkandung dalam air danau ini cukup pekat.

Area wisata alam ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat berfoto. Baik foto untuk dokumentasi pribadi, maupun untuk keperluan lain seperti prewedding, atau lainnya.

6. Bandung Zoological Garden atau Kebun Binatang Bandung di Kota Bandung

wisata jawa barat
Sumber: www.bandung-zoo.com

Bandung Zoological Garden atau Kebun Binatang Bandung ini adalah tempat wisata yang memiliki beragam koleksi flora dan fauna. Total satwa di Kebun Binatang Bandung ini mencapai 800 organisme dari kelas aves, reptil, mamalia, dan juga ikan. Selain menjadi tempat wisata dan penangkaran hewan yang dilindungi, Kebun Binatang Bandung juga sering menjadi sarana pendidikan dan penelitian.

Luas area Kebun Binatang Bandung hampir mencapai 14 hektar dengan lingkungan asri dan nyaman. Pepohonan yang ada di sana tidak hanya untuk melindungi satwa dari terpaan angin dan hujan saja. Namun juga berguna untuk melindungi tanah dari air hujan serta sebagai paru-paru Kota Bandung. Berkunjung ke Kebun Binatang Bandung, kita bisa berinteraksi dengan koleksi satwa pada area yang telah ditentukan. Selain itu, kita juga bisa merasakan sensasi menunggang satwa seperti unta, gajah, dan kuda. 

7. Saung Angklung Mang Udjo di Kota Bandung

Saung Angklung Udjo juga menjadi satu tempat wisata Jawa Barat yang diperbolehkan buka selama PPKM oleh Kemenparekraf. Mulai berdiri tahun 1966, Saung Angklung Udjo ini adalah tempat wisata dan edukasi mengenai budaya Sunda. Lengkap dengan bale pertunjukan, aneka kerajinan bambu, dan juga workshop tentang alat musik yang terbuat dari bambu. Menghadirkan nuansa segar dan asri di kawasan Bandung Timur, tempat ini sangat tepat untuk dinikmati bersama keluarga. Tempat wisata yang satu ini memiliki keunikan elemen interior yang didominasi oleh bambu, dengan pemandangan dan dekorasi yang memesona. Serta bunyi gemerincing suara alat musik dari bambu yang menggambarkan keharmonisan di antara budaya dan alam.

Saung ini didirikan oleh tokoh yang dikenal sebagai Udjo Ngalagena (Mang Udjo) bersama dengan istrinya. Tujuan diciptakan tempat ini adalah untuk melestarikan budaya dan seni tradisional khas Sunda. Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke Saung Angklung Mang Udjo? 

8. JBound di Kota Bogor

Jbound menjadi salah satu icon di Kota Bogor yang menawarkan kegiatan wisata meliputi kegiatan yang bernuansa alam, edukasi, dan aktivitas fun game. Juga dilengkapi dengan fasilitas wahana permainan seperti Panahan, Paintball, Bola air, Bola Silinder, Flying Fox dan High Rope, Animal Feeding, Photo Spot, dan masih banyak lagi lainnya.

Jbound telah bersertifikat CHSE dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif karena memenuhi kebersihan (cleanliness), kesehatan (health), keselamatan (safety), dan kelestarian lingkungan (environmental sustainability). Jadi, kita tidak perlu ragu untuk berkunjung ke tempat wisata Jawa Barat yang satu ini. 

9. Kiara Artha Park di Kota Bandung

Rekomendasi tempat wisata Jawa Barat yang bisa dikunjungi selama PPKM selanjutnya adalah Kiara Artha Park. Kiara Artha Park menyajikan konsep taman modern, sebagai jawaban atas kebutuhan objek wisata yang kekinian. 

Pergi berlibur ke salah satu tempat wisata Jawa Barat seperti yang telah disebutkan di atas tentu boleh saja. Tapi harus yakin, bahwa kita akan patuh dan bisa menjalani protokol kesehatan sebaik mungkin. Ini tidak hanya untuk melindungi diri sendiri, tapi juga untuk orang lain yang ada di sekitar. Supaya lebih aman dan nyaman, ada baiknya kita membawa peralatan pribadi seperti tempat minum dan alat makan. Tujuannya adalah untuk mencegah kemungkinan penularan virus Corona dari barang-barang. Eiger punya rekomendasi tempat minum menarik dan berkualitas, yang bisa menyempurnakan momen liburanmu. Cek di Eiger Adventure Store, dan segera tentukan pilihan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru