HomeTips & TrickMountaineeringDeretan Gunung Berapi di Indonesia yang Jadi Favorit Para Pendaki

Deretan Gunung Berapi di Indonesia yang Jadi Favorit Para Pendaki

Berbicara soal gunung, Indonesia terkenal dengan sebutan Ring of Fire. Indonesia memang memiliki deretan gunung berapi yang berbaris memanjang dari ujung Sumatera hingga Papua sana. Dari sekian banyaknya gunung yang ada di Indonesia, ada beberapa di antaranya yang menjadi favorit para pendaki handal atau profesional. Berikut ini informasi seputar gunung berapi di Indonesia favorit para pendaki yang wajib kamu ketahui. Keep scrolling!

Gunung Berapi di Indonesia

1. Gunung Kerinci

gunung berapi di indonesia
sumber: pixabay

Gunung Kerinci adalah gunung berapi aktif tertinggi di Asia Tenggara. Memiliki ketinggian 3.805 mdpl, gunung ini masih begitu asri dan alami. Bahkan di puncak gunung ini, para pendaki akan disuguhi oleh pemandangan kawah dengan air berwarna kekuningan yang sungguh mempesona. Sementara di sebelah utara, terdapat danau cantik yang seakan belum terjamah manusia, yaitu Danau Bento. Tidak hanya keindahan alamnya saja yang menjadi magnet bagi wisatawan asing maupun lokal, namun keberadaan flora dan fauna yang begitu kaya dan unik juga menjadi daya tarik tersendiri. Sebut saja bunga Rafflesia Arnoldi, Suweg raksasa, Tapir, Kus-Kus, Monyet Ekor Panjang, hingga keberadaan manusia pendek yang hingga saat ini keberadaannya masih menjadi misteri.

2. Gunung Rinjani

gunung berapi di indonesia
sumber: pixabay

Gunung Rinjani adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia yang terletak di Pulau Lombok, NTB. Rinjani memiliki ketinggian mencapai 3.726 mdpl yang juga termasuk salah satu Seven Summits Indonesia. Gunung Rinjani sangat populer karena menjadi bagian dari Taman Nasional Rinjani yang dihuni oleh ribuan spesies flora dan fauna di Indonesia. Rinjani menjadi favorit para pendaki, tentu saja karena keindahan alam dan jalurnya yang sangat menantang. Selain itu, Rinjani juga masih berstatus sebagai gunung aktif yang sewaktu-waktu bisa erupsi. Menariknya, Rinjani memiliki beberapa mitos terkenal yang berhubungan dengan dunia mistis. Justru inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki. 

Bicara soal indah dan megah, Gunung Rinjani memang memiliki segalanya! Bagaimana tidak, Gunung Rinjani memiliki stalaktit Goa Susu dan Goa Payung Mas yang disebut-sebut hanya Gunung Rinjani yang memiliki Goa seperti ini. Bahkan kepopulerannya di mancanegara pun tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, Gunung Rinjani telah beberapa kali mendapatkan penghargaan Internasional, seperti:

  • World Legacy Award kategori Destination Stewardship
  • Menjadi 3 besar Tourism for Tomorrow Award kategori Destination Award dari World Travel & Tourism Council
  • Menjadi gunung dengan tata kelola terbaik di Asia Tenggara.

3. Gunung Semeru

gunung berapi di indonesia
sumber: pixabay

Siapa yang tidak kenal dengan Gunung Semeru. Gunung indah yang menjadi favorit para pendaki baik lokal maupun asing ini memang selalu menjadi gunung yang wajib didaki. Gunung Semeru merupakan Gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan ketinggian mencapai 3.676 mdpl. Banyak pendaki pemula yang memulai kecintaannya dalam mendaki ketika mengunjungi gunung yang terkenal akan keindahan danau Ranu Kumbolonya ini. Biasanya perjalanan para pendaki yang belum berpengalaman hanya dapat berakhir di danau ini, karena jalur pendakian selanjutnya hingga ke Puncak Mahameru bukanlah jalur yang mudah.

Tidak hanya medan yang sulit berupa pasir dan batu-batuan yang mudah longsor, perjalanan menuju Puncak tertinggi di Pulau Jawa ini juga memiliki tantangan berat lainnya. Yaitu tingkat kemiringan medan yang begitu curam, suhu yang sangat dingin, dan juga tantangan gas beracun. Bahkan terdapat peraturan bahwa para pendaki harus sudah turun dari puncak sebelum pukul sembilan pagi, karena dikhawatirkan akan adanya perubahan arah angin yang dapat membawa gas beracun dari kawah aktif mengarah ke arah jalur pendakian.

4. Gunung Slamet

gunung berapi di indonesia
sumber: steemit.com

Gunung Slamet adalah gunung aktif yang memiliki predikat sebagai atapnya Jawa Tengah, yang memiliki ketinggian 3.429 mdpl. Gunung Slamet ini menjadi favorit para pendaki karena memiliki jalur yang cukup sulit dan medan yang curam. Saat sampai di puncak gunung Slamet, para pendaki akan melihat kawah aktif. Kalau kamu tertarik untuk melakukan pendakian di gunung berapi di Indonesia yang satu ini, kamu wajib waspada. Pasalnya, sewaktu-waktu gunung Slamet bisa mengalami erupsi. 

5. Gunung Arjuno 

gunung berapi di indonesia
sumber: pixabay

Gunung Arjuno rupanya gunung berapi istirahat yang berada di kota Malang, Jawa Timur. Salah satu gunung berapi di Indonesia yang satu ini terletak di antara Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan. Taman Hutan Raya Raden adalah pengelola Gunung Arjuno yang memiliki ketinggian 3.339 mdpl ini. Gunung Arjuno menjadi salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa. Bagi para pendaki yang ingin melakukan pendakian, perlu diketahui bahwa Gunung Arjuno memiliki 4 jalur yang bisa dilalui, yaitu Jalur Lawang dari Arah Timur, Jalur Tretes dari Utara Gunung Arjuno, Jalur Batu Arah Barat, dan Jalur Purwosari dari Arah Selatan Gunung Arjuno.

Gunung Arjuno juga menjadi favorit para pendaki karena di sana terdapat objek wisata air terjun yang bernama Kakek Bodo. Menariknya lagi, Gunung Arjuno memiliki sumber mata air yaitu Sungai Brantas yang terletak di Desa Sumber Brantas.

Di antara kelima gunung berapi di Indonesia yang telah disebutkan di atas, gunung mana yang membuat hatimu bergejolak ingin bergegas melakukan pendakian? Tunggu dulu! Pastikan kamu telah membuat perencanaan yang matang, serta menyiapkan peralatan pendakian dengan lengkap. Dengan persiapan yang matang dan tepat, dijamin rencanamu naik gunung akan berjalan mulus bebas hambatan! Jika butuh peralatan mountaineering dan lainnya, kamu bisa langsung mengunjungi Eiger Adventure store terdekat atau klik di sini untuk belanja online dari mana dan kapan saja.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru