HomeNews & InfoEIGER EventEiger Memaknai Sumpah Pemuda Dengan Ekspedisi 28 Gunung

Eiger Memaknai Sumpah Pemuda Dengan Ekspedisi 28 Gunung

Memaknai Sumpah Pemuda tahun ini tentu memiliki nilai yang sangat besar untuk kita semua. Kondisi politik akhir-akhir ini membuat renggang perasaan kebangsaan di antara sesama warga Indonesia.

EIGER sebagai brand adventure terbesar di Indonesia mencoba memaknai Sumpah Pemuda dengan cara yang berbeda. Namun, tetap memiliki pesan yang sangat kuat, yaitu menumbuhkan kecintaan kepada tanah air Indonesia, sekaligus mempererat hubungan antar pemuda di seluruh kawasan Indonesia.

Cara yang dipilih unik, tapi tentunya penuh simbol yang memaknai Sumpah Pemuda. EIGER menyelenggarakan sebuah event bertajuk Ekspedisi 28 Gunung.

Sesuai dengan namanya, kegiatan pada event ini adalah menjelajah kemegahan 28 kawasan gunung di Indonesia. Uniknya, event ini pun yang dilakukan oleh 28 tim dari ujung Sumatera hingga Papua.

TENTANG EKSPEDISI 28 GUNUNG

Eiger Adventure Memaknai Sumpah Pemuda Dengan Ekspedisi 28 Gunung

Sebanyak 28 gunung yang akan dijelajahi pada event Ekspedisi 28 Gunung adalah:

  • Sumatera: Gunung Kemiri – Aceh, Gunung Sibuatan – Sumatera Utara, Gunung Talang – Sumatera Barat, Gunung Kerinci – Jambi, Gunung Masurai – Jambi, Gunung Dempo – Sumsel, Gunung Patah – Bengkulu, dan Gunung Pesagi – Lampung.
  • Jawa: Gunung Pulosari – Banten, Gunung Ciremai – Jawa Barat, Gunung Slamet – Jawa Tengah, Gunung Semeru – Jawa Timur, Gunung Merapi – Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • Kalimantan: Gunung Palung – Kalimantan Barat, Gunung Halau Halau – Kalimantan Selatan, dan Gunung Beriun – Kalimantan Timur.
  • Sulawesi: Gunung Klabat – Sulawesi Utara, Gunung Tambusisi – Sulawesi Tengah, Gunung Rore Katimbu – Sulawesi Tengah, Gunung Gandang Dewata – Sulawesi Barat, Gunung Mekongga – Sulawesi Tenggara, dan Gunung Latimojong – Sulawesi Selatan.
  • Nusa Tenggara: Gunung Rinjani – NTB, Gunung Tambora – NTB, Gunung Koya Koya – NTT, dan Gunung Kelimutu – NTT.
  • Maluku & Papua: Gunung Binaiya – Maluku, dan Gunung Carstensz – Papua.
Ekspedisi 28 Gunung Menjelajah Keanekaragaman Hayati Tropis Indonesia

“Pemilihan ke-28 gunung ini sendiri memiliki alasan khusus, karena mewakili keanekaragaman hayati medan tropis Indonesia, mulai dari wilayah barat, tengah, dan timur yang masing-masing berbeda karakteristiknya.jelas Bapak Galih Donikara selaku Ketua Tim Ekspedisi 28 Gunung.

“Hal ini penting buat catatan buku hasil akhir kegiatan ini. Nantinya buku tersebut akan dibagikan kepada masyarakat penggiat alam bebas, khususnya para pendaki gunung,” Bapak Galih menambahkan.

“Tim yang berangkat diharapkan sudah mencapai kawasan gunung yang dituju tepat tanggal 28 Oktober. Untuk kemudian mengadakan upacara bendera sekaligus pembacaan naskah Sumpah Pemuda,” lanjut Bapak Galih Donikara.

ACARA PUNCAK 28 OKTOBER

Acara Puncak Ekspedisi 28 Gunung, Pembacaan Sumpah Pemuda

Dukungan penuh juga dilakukan oleh tim pusat EIGER di Bandung. Di bawah komando EIGER Adventure Service Team (EAST), tanggal 28 Oktober tepat pukul 10.00 WIB dilakukan live report upacara bendera dan pembacaan naskah Sumpah Pemuda.

“Untuk beberapa gunung yang memungkinkan sinyal 4G, kami meminta live video suasana upacara. Sementara untuk beberapa gunung akan diadakan sambungan telepon via telepon satelit,” paparnya lebih lanjut.

Acara penayangan live video dipusatkan di EIGER Adventure Flagship Store Bandung Jalan Sumatera 23. Selain penayangan live video, terdapat pula segudang kegiatan yang tidak kalah menarik dalam memperingati Sumpah Pemuda tahun ini.

REKOR MURI

Eiger Memaknai Sumpah Pemuda 28 Oktober Dengan Ekspedisi 28 Gunung

Keberhasilan tim EIGER melakukan ekspedisi pendakian 28 gunung di Indonesia, menjadi catatan khusus untuk EIGER.

Sebuah kebanggan tersendiri pula, karena ekspedisi pendakian 28 gunung ini resmi dicatat di Museum Rekor Indonesia (MURI). Rekor tercatat adalah: “Pembacaan Teks Sumpah Pemuda secara Serentak di Kawasan Gunung Indonesia Terbanyak,” ungkap Jaya Suprana – CEO & Penggagas MURI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments