HomeTips & TrickMountaineering7 Gunung di Indonesia yang Aman dan Cocok untuk Kegiatan Wisata

7 Gunung di Indonesia yang Aman dan Cocok untuk Kegiatan Wisata

Wisata ke gunung bisa menjadi pengalaman yang memuaskan sekaligus mendebarkan. Nah, ada beberapa hal nih yang perlu dipertimbangkan jika Eigerian merencanakan wisata ke gunung.

Pertama, Eigerian perlu memilih gunung yang sesuai dengan tingkat keahlian dan kesiapan fisik. Beberapa gunung lebih cocok untuk pendaki pemula, sementara yang lainnya memerlukan pengalaman lebih. Kemudian, Eigerian juga perlu mengenali rute pendakian yang akan diambil. Pelajari tentang jalur pendakian, lokasi pos pendakian, serta estimasi waktu yang dibutuhkan untuk mencapai titik tujuan.

Jangan lupa juga untuk selalu periksa kondisi gunung sebelum melakukan pendakian, bawa peralatan yang sesuai untuk mendaki gunung, perhatikan dan jaga keselamatan, dan selalu jaga kebersihan lingkungan.

Saat berwisata ke gunung, baik untuk mendaki atau melakukan aktivitas outdoor lainnya, Eigerian bisa menikmati pemandangan alam yang menakjubkan dan menikmati momen-momen petualangan yang unik. Jangan lupa untuk mengambil foto-foto yang indah, ya!

Daftar Gunung di Indonesia untuk Kegiatan Wisata

gunung wisata
Sumber: Eiger Adventure

Nah, di bawah ini ada beberapa gunung terpopuler di Indonesia yang aman dan cocok untuk kegiatan wisata. Cek daftar selengkapnya, yuk!

1. Gunung Semeru, Jawa Timur

Gunung Semeru merupakan gunung yang paling tinggi di pulau Jawa dan gunung ini bisa dikatakan sebagai salah satu wisata gunung terpopuler. Pasalnya, keindahan alam di gunung sangat memukau. Di gunung ini, terdapat danau alami yang berada di ketinggian 2.400 mdpl dan dikenal dengan nama Ranu Kumbolo. Lalu, ada pula jalur Tanjakan Cinta dan Oro-oro Ombo yang ditumbuhi oleh bunga lavender yang terkenal di kalangan pendaki. 

2. Gunung Bromo, Jawa Timur

Gunung Bromo masih berlokasi dekat dengan Gunung Semeru, tepatnya berlokasi di empat wilayah berbeda, yaitu kabupaten Malang, Pasuruan, Lumajang dan Probolinggo. Gunung Bromo ini terkenal dengan pemandangan sunrise yang indah. Selain menikmati pemandangan matahari terbit, kegiatan lain yang dapat dilakukan di Gunung Bromo adalah pendakian untuk melihat kawah Bromo yang memiliki diameter sekitar 800 meter dari utara ke selatan dan 600 meter dari barat ke timur. Tidak hanya itu saja, Eigerian juga bisa mendapatkan hasil foto-foto terbaik di Bukit Teletubbies dan padang savana. Jangan lupa juga untuk menjelajah lautan pasir, ya!

3. Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat

Gunung yang cocok untuk kegiatan wisata lainnya adalah Gunung Rinjani yang sudah tersohor keindahannya. Gunung ini memiliki ketinggian 3.726 mdpl, dan disebut-sebut sebagai tempat wisata trekking terbaik di Asia Tenggara. Bagaimana tidak, gunung ini menawarkan berbagai pemandangan alam yang menakjubkan, mulai dari padang savana yang ditumbuhi bunga edelweiss, Danau Segara Anak, hingga pemandangan matahari terbit yang cantik.

4. Gunung Ijen, Jawa Timur

Gunung Ijen dengan ketinggian 2.443 mdpl ini berada di antara Kabupaten Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso. Terkenal dengan keindahan kawahnya, gunung ini tidak terlalu sulit didaki. Tak heran jika gunung ini menjadi salah satu destinasi wisata pendakian yang populer di Indonesia. Menariknya, ada pemandangan api biru yang menyala terang saat dini hari, di mana fenomena langka ini berasal dari cairan belerang yang ditambang oleh masyarakat sekitar. Pemandangan api biru juga akan semakin terlihat saat malam semakin larut karena cahayanya tidak akan terganggu dengan sumber cahaya lainnya. 

5. Gunung Prau, Dieng, Wonosobo

Gunung Prau merupakan gunung tertinggi dalam barisan dataran tinggi Dieng, di mana Eigerian bisa melihat juga pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing dari puncaknya. Trek yang tidak terlalu berat membuat siapa saja bisa mendaki gunung berketinggian 2.565 mdpl ini. Eigerian bisa menyaksikan pemandangan sunrise di atas puncak gunung ini sambal melihat lautan awan yang sangat indah.

6. Puncak Jaya Wijaya, Papua

Puncak Jaya Wijaya merupakan puncak yang sangat populer untuk para pendaki, karena ini merupakan pegunungan yang diselimuti oleh salju. Puncak Jaya Wijaya ini memiliki ketinggian mencapai 4.884 mdpl dan merupakan gunung tertinggi di Indonesia. Sebagai tambahan informasi, Carztens Pyramide merupakan nama lain dari Puncak Jaya Wijaya yang diambil dari nama seorang petualang dari Belanda yaitu Jan Carstenz, di mana ia adalah orang pertama yang melihat gunung bersalju di daerah tropis.

7. Gunung Kelimutu, Flores, Nusa Tenggara Timur

Di Pulau Flores yang terkenal dengan keeksotisannya, terdapat Gunung Kelimutu di mana dari puncak gunung ini terlihat danau Danau Kelimutu yang indah. Danau Kelimutu sering juga disebut dengan danau tiga warna, karena memiliki tiga warna yang berbeda. Nama ketiga danau itu adalah Tiwu Nuwa Muri Koo Fai dengan air berwarna biru, Tiwu Ata Polo dengan air berwarna merah, dan Tiwu Ata Mbupu dengan air berwarna putih. Gunung Kelimutu ini juga dikelilingi hutan dengan flora khas pegunungan seperti pinus, casuarinas dan kayu merah. Kalau berwisata ke Flores, Eigerian wajib ke sini!

Baca juga: Memilih Jalur Pendakian Gunung Cikuray, Perhatikan 3 Tips Ini!

Aktivitas Seru Saat Berwisata ke Gunung di Indonesia

gunung wisata
Sumber: Eiger Adventure

Berwisata ke gunung tentunya bisa menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan dan memuaskan. Ada beberapa aktivitas seru yang dapat dilakukan saat berwisata ke gunung, kira-kira apa saja, ya?

  • Pendakian: Tentu saja, aktivitas utama saat berwisata ke gunung adalah pendakian. Mendaki sampai ke puncak gunung, menikmati pemandangan yang menakjubkan, dan merasakan kemenangan setelah mencapai tujuan merupakan pengalaman yang tidak terlupakan.
  • Menyaksikan Sunrise atau Sunset: Salah satu momen terbaik saat berada di gunung yaitu menyaksikan matahari terbit atau terbenam. Pemandangan matahari muncul di antara puncak-puncak gunung atau menghilang di balik cakrawala ini adalah pengalaman yang magis.
  • Berfoto: Gunung juga seringkali menawarkan lanskap yang indah dan dramatis, sempurna untuk berfoto. Jadi, Eigerian bisa mengabadikan momen-momen penting selama pendakian, termasuk pemandangan alam, kelompok pendaki, dan momen kebahagiaan di puncak.
  • Bermain di Air Terjun atau Danau: Ada banyak gunung memiliki air terjun yang menakjubkan atau danau yang menyegarkan di sekitarnya. Berenang, bermain air, atau sekadar duduk bersantai di pinggir danau bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk bersantai setelah pendakian.
  • Melakukan Aktivitas Olahraga: Beberapa gunung juga menawarkan berbagai aktivitas olahraga, seperti panjat tebing, paralayang, atau mountain biking. Jika menyukai petualangan yang lebih ekstrem, Eigerian bisa mencoba aktivitas ini.
  • Berkemah dan Melakukan Api Unggun: Menghabiskan malam di gunung dengan berkemah di bawah langit bintang juga bisa menjadi pengalaman yang sangat memuaskan. Eigerian bisa menikmati kehangatan api unggun, berbagi cerita dengan teman-teman, dan menikmati keindahan malam di alam liar.

Baca juga: Gunung Api Strato, Seperti Apa Ciri dan Karakteristiknya?

Berwisata ke Gunung, Siapkan Perlengkapan Berkualitas!

Setiap aktivitas atau kegiatan di atas, tentunya bisa menambah keseruan dan kenangan yang tak terlupakan saat Eigerian berwisata ke gunung. Tapi pastikan untuk merencanakan dengan baik dan mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan dan keindahan alam yang menanti di gunung-gunung tersebut, ya!

Eigerian bisa menemukan segala peralatan yang diperlukan untuk menunjang kegiatan wisata di gunung melalui website resmi EIGER Adventure atau langsung saja kunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat. Atau agar lebih praktis dan mudah, Eigerian bisa langsung belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang bisa diunduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya tersedia lebih lengkap, tersedia banyak promo menarik, hingga gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia. Sayang untuk dilewatkan, bukan? Cek sekarang, yuk!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru