HomeTips & TrickLifestyleMenyambut Hari Konsumen Nasional, Berikut Sejarah, 4 Tujuan, dan Cara Merayakannya

Menyambut Hari Konsumen Nasional, Berikut Sejarah, 4 Tujuan, dan Cara Merayakannya

Pada tanggal 20 April 2022 nanti, kita semua akan memperingati Hari Konsumen Nasional. Peringatan tersebut merupakan momen meningkatkan kesadaran konsumen pada hak dan kewajibannya, sehingga mampu menjadi konsumen cerdas dan berkontribusi pada perekonomian.

Dalam peringatan yang sudah diadakan sejak tahun 2012 lalu ini, banyak semangat yang ingin disampaikan. Konsumen, dipandang sebagai pihak yang memiliki andil besar dalam perkembangan industri dan daya saing, sehingga wajib memiliki kesadaran penuh akan perannya ini.

Terkait dengan Hari Konsumen Nasional, berikut informasi seputar sejarah, tujuan, dan cara merayakannya sebagai seorang konsumen cerdas.

Sejarah Hari Konsumen Nasional Indonesia

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Diresmikan dengan Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2012 yang mengacu pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, tahun 2012 menjadi tahun pertama perayaan Hari Konsumen Nasional.

Tanggal 20 April sendiri diambil juga berdasarkan dengan tanggal ditetapkannya Undang-Undang Perlindungan Konsumen, yang menjadi semangat utama dalam peringatan hari konsumen ini. Perlindungan konsumen wajib diberikan oleh negara kepada setiap konsumen, karena dalam hal ini konsumen dianggap menjadi pihak terbesar yang menjalankan dan mengembangkan industri.

Mengapa demikian?

Sebab pengusaha memiliki kecenderungan untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya, dengan biaya paling minimal. Hal ini tidak jarang merugikan konsumen, dan membuat kualitas konsumen makin rendah.

Semangat Hari Konsumen Nasional adalah agar pelanggan memahami hak dan kewajibannya secara utuh, sehingga memiliki posisi tawar yang tinggi di pasar dalam negeri.

Semakin cerdas konsumen yang ada, maka industri juga cenderung akan terus berupaya memenuhi harapan konsumen. Dengan begini produk dalam negeri bisa terus berkembang, dan meningkat kualitasnya sehingga mampu bersaing secara global.

Tujuan Perayaan Hari Konsumen Nasional

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Dengan semangat perlindungan konsumen demi peningkatan kualitas industri dalam negeri, tujuan perayaan Hari Konsumen Nasional sendiri bisa dirinci menjadi empat poin besar.

1. Upaya penguatan kesadaran akan arti pentingnya hak dan kewajiban konsumen, serta sebagai pendorong peningkatan daya saing produk yang dihasilkan pelaku usaha dalam negeri. Pada akhirnya, kualitas industri dalam negeri akan terus meningkat, mengikuti harapan dan standar yang dimiliki konsumen.

2. Meletakkan konsumen sebagai subjek, dan penentu kegiatan ekonomi. Nantinya pepatah pelanggan adalah raja akan benar-benar berlaku. Kegiatan ekonomi dan pelaku usaha akan terdorong untuk terus memproduksi dan menjual barang dan jasa yang berkualitas sehingga dapat bersaing di era globalisasi ini.

3. Memposisikan konsumen sebagai agen perubahan dalam posisinya sebagai subjek penentu kegiatan ekonomi di dalam negeri.

4. Mendorong pemerintah dalam melaksanakan tugasnya untuk mengembangkan upaya perlindungan konsumen di Indonesia.

Dari sisi konsumen, pelaku industri, hingga pemerintah, semua memiliki pengingat yang baik dalam hari peringatan tersebut. Jadi rasanya, Hari Konsumen Nasional benar-benar mencakup semua elemen ekonomi dalam industri, mulai dari pengguna, produsen, hingga regulator yang mengatur semua aturan main di dalam industri yang ada.

Sebagai Konsumen, Begini Ide Merayakan dan Partisipasinya

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Sebenarnya secara umum, merayakan Hari Konsumen Nasional bisa diwujudkan dalam upaya menjadi konsumen cerdas. Setidaknya dengan menjadi konsumen cerdas, kamu sudah memberikan kontribusin dalam mendorong perkembangan ekonomi dan industri yang terjadi di Indonesia.

Menjadi Konsumen Cerdas

Nah untuk menjadi konsumen cerdas sendiri, beberapa poin ini bisa kamu jadikan acuan.

  • Pertama, pastikan mencari data terkait produk yang akan dibeli, pastikan informasi ini valid dan sesuai dengan apa yang kamu butuhkan.
  • Tidak terburu-buru dalam membeli produk, lakukan pertimbangan dengan cermat dan melibatkan beberapa faktor.
  • Jangan ragu membandingkan harga dan kualitas dari produk serupa di lokasi lain, atau produk dalam kategori yang sama. Pertimbangkan dengan baik, sehingga didapatkan value yang paling menguntungkan untuk Anda.
  • Cermati semua peringatan, aturan pakai, jaminan, fitur, dan setiap detail produk. Pastikan juga semua informasi ini masih valid dan benar-benar sesuai dengan apa yang dimiliki produk dan dijanjikan.
  • Pastikan membeli produk dengan kualitas terbaik berdasarkan kemampuan dan daya beli yang kamu miliki. Jangan terburu-buru dan mudah tergiur oleh potongan harga atau promo.

Atau jika kamu ingin mengulik lebih dalam terkait bagaimana menjadi konsumen cerdas, kamu bisa langsung menuju ke artikel terkait yang secara khusus membahasnya. Di sana, bahasan terkait hal ini akan lebih rinci dan mendalam, sebagai acuan pemahaman dasar bagaimana menjadi konsumen cerdas.

Baca Juga : Menjadi Konsumen Cerdas, Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan 

Salah satu syarat menjadi konsumen cerdas, adalah mencermati sebuah produk sehingga bisa mendapatkan produk berkualitas. Tentu saja, dengan bantuan produk dari Eiger Adventure, hal ini tak lagi sulit dilakukan.

Standar tinggi dalam produksi dan distribusi selalu dipegang teguh oleh Eiger Adventure, sehingga dapat menyajikan produk terbaik. Dalam rangka menyambut Hari Konsumen Sedunia, Eiger Adventure terus mengembangkan produk berkualitas, sehingga konsumen bisa mendapatkan barang dengan nilai tinggi namun tetap dengan harga yang terjangkau. Beli di Eiger Adventure Official, dan dapatkan produk terbaik untuk semua kebutuhan kamu!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru