HomeTips & TrickLifestyleMenjadi Konsumen Cerdas, Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan

Menjadi Konsumen Cerdas, Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan

Menjadi konsumen cerdas agaknya sudah bukan hal yang asing untuk masyarakat modern. Seiring perkembangan zaman, semakin banyak trik yang digunakan oleh pemilik usaha untuk menarik minat konsumen. Tentu saja, kamu wajib paham bagaimana menjadi tipe konsumen yang cerdas, sehingga bisa mendapatkan produk terbaik yang kamu butuhkan.

Konsumen cerdas bisa diartikan sebagai konsumen yang paham benar pada produk yang diperlukannya, cermat dalam melihat kualitas produk, serta memahami hak dan kewajibannya sebagai konsumen.

Maka dari itu, berikut beberapa tips menjadi konsumen cerdas di era kekinian.

Baca Juga : Nikmati Permainan Outbound di 5 Tempat Menarik Ini!

Tips Menjadi Konsumen Cerdas

konsumen cerdas
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Menjadi konsumen cerdas artinya bisa berperilaku ideal, sehingga semua yang dibutuhkan bisa diperoleh. Artinya, nilai dari kebutuhan yang didapat akan menguntungkan, dan membawa manfaat terbaik untuk kamu sebagai konsumen.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan, seperti yang bisa dilihat di bawah ini.

1. Selalu Teliti Sebelum Membeli

Sebelum melakukan pembelian produk apapun, kamu wajib menjadi seorang yang teliti dan cermat mengenai semua yang ada pada produk tersebut. Jangan ragu untuk melihat ulasan konsumen lain dan menanyakan pertimbangan teman-teman yang pernah menggunakan produk tersebut.

Promosi bisa saja diformulasikan sedemikian rupa, namun pengalaman konsumen selalu jadi hal paling riil yang bisa dijadikan bahan pertimbangan.

2. Perhatikan Panduan Penggunaan dan Kartu Garansi Produk

Memahami penggunaan produk sesuai arahan menjadi  langkah selanjutnya menjadi konsumen cerdas. Kamu bisa tahu apa yang bisa dilakukan dengan produk tersebut.

Selanjutnya adalah kartu garansi produk yang memuat ketentuan dan tata cara melakukan klaim garansi. Pemahaman informasinya diperlukan sehingga kamu mengetahui syarat dan ketentuan untuk bisa mengajukan klaim garansi.

3. Membeli di Toko Resmi atau Distributor Resmi

Keberadaan platform daring menjadi salah satu hal yang memudahkan konsumen dalam mendapatkan barang. Namun demikian, kemudahan ini diikuti oleh isu barang palsu atau tiruan, yang dijual dengan harga murah.

Selalu pastikan kamu membeli dari toko resmi atau distributor resmi, agar mendapatkan produk asli yang berkualitas. Memang harganya akan sedikit lebih tinggi, tapi untuk kualitas dan nilai yang dijanjikan, rasanya akan sepadan bukan?

4. Kemasan, Tanggal Kadaluarsa, Standar SNI, dan K3L

Pastikan setiap produk yang akan Anda beli pada kemasan yang sempurna dan tidak rusak. Setidaknya ini menandakan produk didistribusikan dengan baik dan sesuai standar, hingga ke tahap display.

Kemudian, simak tanggal kadaluarsa yang ada pada produk, dan pastikan juga produk masih memiliki usia yang panjang mengacu pada tanggal kadaluarsa tersebut.

Ketiga, perhatikan dengan baik apakah produk memiliki label SNI atau Standar Nasional Indonesia atau tidak. Produk dengan label ini artinya sudah memenuhi persyaratan kualitas untuk beredar secara nasional.

Terakhir terkait K3L, atau elemen Kesehatan, Keamanan, dan Keselamatan Konsumen dan Lingkungan. Tanda ini juga diberikan pada produk yang sudah memenuhi standar yang ditetapkan.

5. Jadi Konsumen Cerdas Artinya Mengacu pada Kebutuhan

Yap, kelima adalah kamu sebaiknya berbelanja atau membeli produk berdasarkan kebutuhan, dan bukan keinginan atau tergoda oleh promo yang diberikan. Dalam rangka menjadi konsumen cerdas, kamu harus memahami apa yang kamu butuhkan sehingga tidak mudah tergoda keinginan atau potongan harga yang diberikan.

Memang tidak mudah untuk menahan keinginan membeli produk dengan promo luar biasa, tapi ingat, sebesar apapun potongan yang diberikan akan lebih hemat jika kamu tidak membeli barang yang tidak diperlukan.

Langkah Terakhir, Memahami Hak dan Kewajiban Konsumen

konsumen cerdas
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Nah, langkah terakhir untuk menjadi konsumen cerdas tentu adalah memahami hak dan kewajiban dalam porsinya yang ideal.

Hak Konsumen

Hak ini akan mengacu pada apa yang idealnya didapatkan oleh kamu sebagai konsumen ketika melakukan transaksi jual-beli suatu produk.

  • Untuk didengar pendapat dan keluhannya terkait produk yang digunakan.
  • Mendapatkan advokasi, perlindungan, dan upaya penyelesaian sengketa perlindungan konsumen secara patut.
  • Hak untuk mendapatkan pembinaan dan pendidikan konsumen.
  • Untuk diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur, serta tidak diskriminatif.
  • Hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi, atau penggantian apabila produk yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau kesepakatan.
  • Hak lain yang diatur dalam ketentuan legal terkait.

Kewajiban Konsumen

Untuk kewajiban konsumen, secara jelas disebutkan dalam Pasal 5 UU Perlindungan Konsumen.

  • Membaca atau mengikuti petunjuk informasi dan prosedur pemakaian atau pemanfaatan barang dan/atau jasa demi keamanan dan keselamatan.
  • Beritikad baik dalam melakukan transaksi pembelian barang dan/atau jasa.
  • Membayar sesuai dengan nilai tukar yang disepakati.
  • Mengikuti upaya penyelesaian hukum sengketa perlindungan konsumen secara patut.

Baca Juga : 5 Alternatif Kado Untuk Cowok yang Menarik dan Berkesan

Itu tadi, beberapa pemahaman mengenai tips untuk menjadi konsumen cerdas. Tentu, kecermatan, ketelitian, dan pemahaman pada apa yang kamu butuhkan akan jadi kuncinya. Barang asli akan selalu jadi opsi utama saat membeli produk, agar mendapatkan kualitas dan nilai terbaik dari produk tersebut.

Menjadi konsumen cerdas artinya bisa melihat produk terbaik yang ada di pasar. Untuk lini perlengkapan luar ruang misalnya, Eiger Adventure akan jadi pilihan terbaik untuk kamu ambil. Bingung mencarinya? Kamu bisa langsung beli di Eiger Adventure Official untuk mendapatkan semua produk asli dan berkualitas terbaik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru