HomeTips & TrickTravelingJenis-Jenis Hotel untuk Liburan, Ini 12 Macam Opsinya!

Jenis-Jenis Hotel untuk Liburan, Ini 12 Macam Opsinya!

Ketika kamu liburan, tujuan utama jelas akan jadi fokusnya. Tapi yang tidak boleh dikesampingkan adalah bahwa pemilihan akomodasi yang tepat dapat menjadikan waktu berkualitas ini semakin terasa maksimal. Ini kenapa akan sangat baik jika kamu tahu jenis-jenis hotel yang ada, sehingga bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

Hotel akan jadi akomodasi utama untuk beristirahat, meletakkan berbagai barang, dan titik awal keberangkatan pada agenda liburan yang kamu lakukan. Jika dipilih dengan asal-asalan, bisa jadi kamu mendapatkan zonk dan justru membuat suasana hatimu tidak enak.

Hotel setidaknya dibedakan berdasarkan lima tingkatan. Mulai dari bintang 1 hingga bintang 5, seiring pertambahan jumlah bintang maka semakin lengkap pula fasilitasnya. Lebih jauh tentang jenis-jenis hotel bisa kamu cermati di sini.

Baca Juga: 4 Manfaat Penerapan Zero Waste Traveling, Apa Saja Ya?

Mengenal Jenis-Jenis Hotel, Bintang 1 Hingga Bintang 5

Jenis-jenis hotel
Sumber: EIGER Adventure

Tanda bintang pada hotel akan mengacu pada fasilitas yang dimiliki serta tingkatan kenyamanan yang diberikan. Bukan berarti hotel bintang 1 berarti tidak nyaman, namun jika dibandingkan dengan bintang di atasnya, tingkat kenyamanan hotel ini jelas berbeda.

Untuk tahu jenis-jenis hotel berdasarkan jumlah bintangnya, kamu bisa lihat di sini.

1. Hotel Bintang 1

Hotel ini menawarkan harga yang sangat terjangkau sebagai tempat singgah selama beberapa waktu dengan fasilitas yang memadai. Untuk kamu yang ingin backpacking, jenis ini akan sangat cocok digunakan. Value utama yang ditonjolkan adalah fungsionalitasnya. Biasanya jenis ini juga dikelola langsung oleh pemiliknya, dengan total kamar sedikitnya 15 unit dan luas minimal 20 meter persegi.

2. Hotel Bintang 2

Pada hotel bintang 2, idealnya sudah tersedia kamar mandi dalam dan Wi-Fi. Terkadang hotel bintang 1 juga menawarkan hal ini. Tampilan dan kesan yang diberikan lebih terawat dan rapi, dan dilengkapi dengan fasilitas bar atau restoran, tempat olahraga, dan pendukung lain. Untuk spesifikasi sendiri, biasanya hotel jenis ini punya setidaknya 20 kamar dengan luas 22 meter persegi.

3. Hotel Bintang 3

Selanjutnya di hotel bintang 3, fasilitas yang disediakan adalah kolam renang, restoran, layanan kamar, tempat rekreasi, tempat olahraga, dan lobi yang lebih terawat. Stafnya lebih profesional, serta bangunan yang lebih baik. Idealnya jumlah kamar pada hotel jenis ketiga ini adalah 30 unit, dengan luas sekitar 24 meter persegi.

4. Hotel Bintang 4

Di hotel bintang 4, fasilitas mewah sudah dapat dirasakan. Kamu juga bisa memperoleh layanan yang jauh lebih baik dari jenis sebelumnya, sebab hotel ini sudah memiliki nama cukup besar. Kamu yang mengutamakan kenyamanan dan pengalaman eksklusif bisa memilih jenis ini, tapi dengan biaya yang juga lebih besar. Setidaknya terdapat 50 unit kamar dengan ukuran minimal 24 meter persegi.

5. Hotel Bintang 5

Menjadi tingkatan terbaik dari jenis-jenis hotel berdasarkan bintangnya, hotel di kategori ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap, layanan eksklusif, dan tampilan yang mewah. Kamu yang mencari pengalaman menginap berkesan bisa mencoba hotel ini. Setidaknya terdapat 100 kamar standar berukuran 26 meter persegi, dan beberapa kamar jenis suite. Layanan 24 jam disediakan, berikut dengan beberapa jenis layanan lain yang tidak ditemukan di hotel kategori di bawahnya.

Selanjutnya, Jenis Hotel Berdasarkan Layanan dan Konsep

Jenis-jenis hotel
Sumber: EIGER Adventure

Tidak cuma berdasarkan bintangnya saja, jenis-jenis hotel juga bisa dibedakan berdasarkan layanan dan konsep yang diberikan. Mulai dari hotel bisnis, hotel resort, hotel butik, hotel kapsul, hostel, guest house, hingga hotel bertema, penjelasan singkatnya adalah sebagai berikut.

1. Hotel Bisnis

Seperti namanya hotel ini fokus pada pelayanan pelanggan yang punya keperluan bisnis. Ada ruang pertemuan, pusat bisnis, dan menawarkan akses internet cepat. Kamar yang diberikan juga tidak terlalu mewah, tapi cukup nyaman untuk singgah dalam waktu singkat. Karakternya cocok untuk kamu yang bepergian dalam urusan bisnis, dan perlu akomodasi praktis dan efisien.

2. Hotel Resort

Pada jenis resort, layanan yang diberikan akan berfokus pada urusan rekreasional dan relaksasi. Jadi fasilitas seperti area pantai pribadi, kemudian kolam renang, spa, hingga aktivitas olahraga air umum ditemukan. Kamu bisa memilih hotel ini untuk waktu liburan yang santai dan menyenangkan. Tak jarang hotel resort juga jadi tujuan liburan, untuk menghabiskan waktu di satu tempat saja dengan semua fasilitasnya.

3. Hotel Butik

Pada jenis hotel butik, nuansa yang diangkat terasa lebih personal dan memiliki karakter unik. Kamu bisa menikmati suasana unik ini sebagai cerminan dari value yang ingin ditonjolkan oleh pemilik hotel. Tak jarang hotel butik hadir dengan tema tertentu. Hotel jenis yang satu ini bisa jadi cocok untuk kamu yang mencari pengalaman menginap lebih berkesan.

4. Hotel Kapsul

Konsep hotel kapsul mungkin jadi salah satu konsep hotel yang paling dekat dengan backpacker. Ringkas, praktis, ekonomis, dan tidak merepotkan, lokasinya yang strategis dan fasilitas yang tidak terlalu banyak menjadikannya opsi cepat dan mudah untuk digunakan pada agenda liburan singkat di budget yang terbatas. Kamu yang ingin bepergian tapi tidak ingin menghabiskan banyak biaya untuk akomodasi bisa memilih jenis hotel ini.

5. Hostel

Selanjutnya ada jenis hostel. Jenis ini menawarkan pengalaman menginap yang lebih ramai karena kamar yang disediakan memaksimalkan kapasitas yang ada. Kamar bersama dan fasilitas komunal jadi ciri utamanya, dan biasanya jadi opsi utama untuk waktu liburan dengan konsep backpacker dan wisatawan sosial yang sekaligus ingin bertemu orang baru.

6. Guest House

Akomodasi yang terbilang ringkas dan mungil, biasanya dikelola oleh keluarga atau pemilik secara langsung. Suasananya lebih intim dan personal, sebab tak jarang kamu bisa tinggal bersama dengan pemilih akomodasi. Opsi ini terasa menarik untuk kamu yang mencari pengalaman menginap seperti di tempat saudara, atau otentik secara treatment.

7. Hotel dengan Tema KHusus

Jenis-jenis hotel berikutnya adalah hotel dengan tema tertentu. Jenis ini merangkum semua jenis akomodasi yang disediakan dengan mengangkat tema khusus sebagai konsepnya, dan bisa jadi punya perbedaan secara signifikan. Preferensi hotel bertema cocok untuk kamu yang mencari pengalaman unik saat menginap.

Lalu Bagaimana Cara Memilih Hotel yang Tepat? Ini 5 Tipsnya

Jenis-jenis hotel
Sumber: EIGER Adventure

Dari sekian banyak jenis hotel yang disampaikan di dua poin sebelumnya, baik dari segi jumlah bintang atau konsepnya, memilih hotel yang tepat bisa jadi urusan yang tricky. Maka dari itu, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan sebagai acuan supaya pilihanmu tidak salah.

1. Berapa Budget yang Disediakan?

Alokasi biaya untuk akomodasi atau tempat tinggal bisa jadi faktor pertama yang menentukan jenis hotel apa yang dipilih. Dengan jumlah tertentu, kamu bisa melihat opsi yang tersedia dan mengesampingkan yang lain. Kamu akan punya sederet pilihan yang lebih jelas sehingga tidak perlu memikirkan hotel lain yang berada di luar alokasi.

2. Lihat Lokasi

Semua hotel pasti menawarkan strategisnya lokasi pada pelancong seperti kamu. Tapi jangan buru-buru, cermati dulu lokasinya lewat Google Maps atau layanan sejenis untuk tahu benar apakah lokasi yang ditawarkan sesuai dengan promosinya. Ingat, dekat dan jauh selalu relatif untuk setiap orang. Melihat secara langsung lokasi yang tepat bisa memberikan banyak benefit seperti kemudahan akses, biaya yang lebih terukur, dan akomodasi yang lebih nyaman.

3. Cermati Fasilitas dan Layanan

Terkadang hotel bintang 2 dan bintang 3 memiliki banyak persamaan, demikian pula dengan hotel jenis lain mengacu pada fasilitasnya. Kamu bisa menanyakan langsung untuk fasilitas dan layanan yang akan didapatkan ketika menginap di hotel tujuan, supaya tidak salah sangka. Penjelasan tentang karakteristik dan ciri hotel di atas sifatnya hanya secara umum, tidak bisa menjadi pegangan mutlak.

4. Ulasan dari Tamu Lain

Salah satu hal yang bisa jadi acuan kondisi dan kualitas layanan hotel adalah ulasan dari tamu lain. Buka situs resminya atau bukan hotel tersebut lewat platform yang biasa kamu pakai. Cermati setiap ulasan yang diberikan, dan analisis dengan baik supaya tidak sampai ada yang terlewat.

5. Pemesanan Lewat Situs Terpercaya

Memesan akomodasi lewat situs yang terpercaya bisa jadi salah satu tips paling berguna, sebab terdapat bukti transaksi yang jelas serta ‘aturan main’ yang disodorkan sebelum kamu melakukan pemesanan. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, dan bisa merepotkan di kemudian hari.

Baca Juga: Daftar Lokasi Bumi Perkemahan Terbaik di Indonesia 

Tahu berbagai jenis-jenis hotel yang ada akan membantumu dalam menentukan pilihan akomodasi yang tepat. Dengan informasi di atas, setidaknya sekarang kamu bisa menentukan hotel yang kamu perlukan untuk menjadi tempat istirahat selama liburan. Tidak jadi masalah hotel apapun yang kamu pilih pada akhirnya, tapi hotel yang tepat akan membawamu pada pengalaman liburan yang jelas lebih baik.

Seperti memilih hotel, pemilihan perlengkapan yang akan dibawa juga mendukung hal ini. Produk tas solid, alas kaki yang nyaman, serta pakaian yang kekinian dari EIGER Adventure bisa membantu dari sisi ini.

Setelah  tahu jenis-jenis hotel, kini saatnya kamu mulai  mencari perlengkapan yang bisa  mendukungmu. Tidak perlu takut sulit mencari produknya, kamu bisa langsung mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu. Agar lebih praktis dan mudah, kamu juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang sudah bisa kamu unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya lebih lengkap dan dijamin ori. Dapatkan juga promo dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru