HomeTips & TrickTravelingDaftar Lokasi Bumi Perkemahan Terbaik di Indonesia

Daftar Lokasi Bumi Perkemahan Terbaik di Indonesia

Bagi Eigerian yang menyukai kegiatan outdoor, berkemah di lokasi bumi perkemahan bisa jadi ide menarik, lho! Berkemah memungkinkan kita untuk merasakan dan mengapresiasi alam secara langsung, dan Eigerian bisa merasakan udara segar, mendengarkan suara alam, serta menikmati pemandangan indah di sekitar bumi perkemahan.

Bumi perkemahan seringkali terletak di lokasi yang terpencil atau alami, sehingga berkemah akan menjadi awal dari petualangan dan penjelajahan alam yang menarik. Kebanyakan bumi perkemahan menawarkan berbagai kegiatan outdoor seperti hiking, bersepeda, memancing, berenang, dan menjelajahi alam. Tentunya, ini akan memberi kesempatan untuk aktif bergerak dan menikmati keindahan alam sekitar.

Lokasi Bumi Perkemahan Terbaik di Indonesia

bumi perkemahan
Sumber: Eiger Adventure

Di bawah ini ada beberapa lokasi bumi perkemahan terbaik di Indonesia yang bisa dijadikan referensi.

1. Seulawah Scout Camp

Rekomendasi lokasi bumi perkemahan yang pertama adalah Seulawah Scout Camp yang terletak di kaki Gunung Seulawah, Aceh. Lokasi bumi perkemahan yang satu ini adalah destinasi yang menarik bagi para pramuka, penggemar alam, hingga para pecinta petualangan. Dengan suasana alam yang memesona, Seulawah Scout Camp menyajikan pengalaman berkemah yang unik dan mendalam di tengah keindahan alam Aceh.

Berlokasi di bawah bayang-bayang Gunung Seulawah, bumi perkemahan akan memberikan suasana sejuk dan hijau yang ideal untuk kegiatan berkemah. Ditambah lagi dengan fasilitas-fasilitas yang dirancang untuk mendukung kegiatan berkemah yang menyenangkan dan edukatif. Selain itu, tersedia juga arena petualangan dan jalur pendakian di sekitar Gunung Seulawah yang memungkinkan para pengunjung dapat menjelajahi alam sekitar dan mengasah keterampilan petualangan.

2. Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur (Buperta Cibubur)

Buperta Cibubur adalah sebuah destinasi wisata di Cibubur, Jakarta Timur, Indonesia yang awalnya, lokasi ini merupakan hutan karet. Hingga kemudian dikembangkan menjadi bumi perkemahan dengan fungsi utama sebagai tempat berkemah dan rekreasi alam. Luas lahannya mencapai 210 hektar, dan memiliki kapasitas yang cukup besar, mampu menampung hingga 20 ribu orang.

Lokasinya cukup strategis, jadi bumi perkemahan yang satu ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi keluarga, rombongan, maupun para pecinta alam yang ingin menghabiskan waktu di alam terbuka. Menariknya lagi, tempat ini tidak hanya menawarkan pengalaman berkemah tradisional, tapi juga dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang modern, termasuk toilet, tempat ibadah, hutan wisata yang asri, dan kolam renang untuk menyegarkan diri di tengah suasana alam yang hijau.

3. Bumi Perkemahan Cikole

Bumi Perkemahan Cikole yang terletak di Cikole, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia ini juga bisa jadi pilihan terbaik untuk lokasi berkemah. Tempat ini menawarkan suasana yang sejuk dan tenang, di mana bumi perkemahan ini dikelilingi oleh hutan dan vegetasi alami sehingga tempat ini memberikan pengunjung pengalaman berkemah yang dekat dengan alam. Untuk fasilitas-fasilitasnya, tak perlu khawatir karena sudah tersedia area perkemahan yang teratur, toilet umum, dan fasilitas umum lainnya.

4. Bumi Perkemahan Sibolangit

Rekomendasi berikutnya adalah Bumi Perkemahan Sibolangit yang terletak di Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara, Indonesia. Bumi perkemahan ini dikelilingi oleh keindahan alam yang menakjubkan dan udara segar pegunungan, serta menawarkan pengalaman berkemah yang unik bagi para pengunjungnya. Dengan lahan yang luas, Bumi Perkemahan Sibolangit ini mampu menampung sejumlah besar pengunjung. Sementara itu, fasilitas-fasilitas yang disediakan di Bumi Perkemahan Sibolangit juga cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung selama berkemah. 

5. Wana Wisata Baturaden

Wana Wisata Baturaden yang terletak di Baturaden, Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia ini cukup terkenal karena keindahan alamnya yang memikat, berbagai wahana rekreasi, serta udara sejuk yang khas pegunungan. Dikelilingi oleh hutan pinus dan pepohonan hijau, Wana Wisata Baturaden  ini memberikan suasana alam yang segar dan menenangkan. Selain itu, ada juga sungai dan air terjun kecil yang menambah pesona alam tempat ini.

Selain untuk berkemah, tempat ini juga menyediakan berbagai wahana rekreasi untuk pengunjung seperti kolam renang, kolam air panas, taman bermain anak-anak, hingga area untuk piknik. Dari beberapa titik tertentu di Wana Wisata Baturraden, para pengunjung juga dapat menikmati pemandangan pegunungan yang spektakuler, terutama saat matahari terbenam.

Baca juga: Camping Ground Trawas, 4 Recommended Spot Healing di Alam!

Perlengkapan yang Perlu Dibawa Saat Berkemah

bumi perkemahan
Sumber: Eiger Adventure

Perlengkapan berkemah yang diperlukan, tentunya bisa bervariasi tergantung pada tujuan perjalanan, musim, dan kondisi alam tempat Eigerian akan berkemah. Berikut ini adalah daftar perlengkapan berkemah yang umumnya diperlukan:

1. Tenda

Pilihlah tenda yang sesuai dengan jumlah orang yang akan menggunakannya dan kondisi cuaca tempat Eigerian akan berkemah. Beberapa rekomendasi terbaik dari EIGER adalah EIGER SHACK TENT 2P, EIGER STOVER 4P TENTS, EIGER X-SANTALUM 4P TENT, dan masih banyak lagi lainnya.

2. Sleeping Bag

Sleeping bag juga diperlukan karena akan memberikan kenyamanan dan kehangatan saat tidur di alam terbuka. Pilihlah sleeping bag yang sesuai dengan suhu lingkungan tempat Eigerian berkemah. Coba cek EIGER MUMMY 250 SLEEPING BAG, EIGER RECT PILOT 250 US SLEEPING BAG, EIGER LAKE SIDE SLEEPING BAG, dan temukan mana yang paling sesuai dengan preferensimu.

3. Matras

Matras akan menjagamu dari dinginnya tanah dan memberikan kenyamanan saat tidur. Eigerian bisa memilih MATRAS CACING dari EIGER dengan bahan yang nyaman dan design yang simple.

4. Peralatan Memasak

Peralatan memasak termasuk kompor portable, tabung gas, panci, wajan, spatula, sendok, garpu, dan perlengkapan makan lainnya. Kompor lipat Stove FMS-118 yang didesain secara sederhana dan mudah digunakan, cocok untuk Eigerian bawa saat berkemah. Selain itu,  Cooking Set 1.0 dari EIGER yang terdiri dari wajan dan panci juga tak boleh ketinggalan, karena ini sangat ringkas dan ringan. 

5. Peralatan Makan dan Minum

Eigerian juga perlu menyediakan piring, mangkok, gelas, termos, botol air minum, serta alat makan dan minum lainnya. Cutlery Pack dari EIGER yang berisi set alat makan fungsional bisa jadi pilihan karena sangat nyaman digunakan untuk kebutuhan berkemah.

6. Peralatan Pencahayaan

Lampu senter, lampu kepala, atau lampu camping juga diperlukan untuk menerangi area perkemahan pada malam hari.

6. Pakaian dan Perlindungan Cuaca, Serta Perlengkapan Personal

Bawalah pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca dan suhu di lokasi berkemah, serta jas hujan atau payung jika diperlukan. Bawalah perlengkapan mandi, handuk, tisu basah, dan perlengkapan personal lainnya sesuai kebutuhan.

7. Obat-obatan dan Perlengkapan Medis

Jangan lupa siapkan kotak obat yang berisi obat-obatan umum, perban, plester, antiseptik, dan perlengkapan medis lainnya.

8. Peta, Kompas, dan Perlengkapan Darurat

Penting juga untuk membawa peta area berkemah serta kompas sebagai alat bantu navigasi. Selain itu, sediakan juga perlengkapan darurat seperti pisau lipat, korek api, tali parak, dan selimut darurat.

Baca juga: Tips Membeli Matras Camping dan Cara Tepat Merawatnya

Ingat, selalu pastikan untuk merencanakan perjalanan dengan baik dan mempersiapkan semua perlengkapan yang diperlukan untuk menjaga keselamatan serta kenyamanan selama berkemah di alam terbuka, ya!

Selain beberapa rekomendasi produk yang disebutkan di atas, Eigerian juga bisa mendapatkan segala macam perlengkapan yang diperlukan untuk berkemah di website resmi EIGER Adventure. Segera cek koleksi terbarunya dan temukan produk-produk mana saja yang Eigerian butuhkan. Dijamin, belanja online di website resmi EIGER lebih praktis, aman, dan nyaman!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru