HomeTips & TrickTraveling4 Manfaat Penerapan Zero Waste Traveling, Apa Saja Ya?

4 Manfaat Penerapan Zero Waste Traveling, Apa Saja Ya?

Terkait dengan gaya hidup zero waste mungkin sudah jadi pemahaman yang cukup umum. Bahan mungkin Eigerian yang membaca ini juga sebagian sudah menerapkan gaya hidup tersebut dengan optimal. Tapi sudahkan Eigerian mengenal konsep zero waste traveling?

Konsep ini sendiri sebenarnya ingin membawa lifestyle bertema zero waste ke kegiatan traveling yang dilakukan. Jadi, zero waste yang Eigerian terapkan tidak berhenti pada kehidupan di rumah dan pekerjaan saja, tapi juga pada konteks plesiran dan liburan.

Baca Juga; Kenali Ciri-Ciri Flashpacker dan Tips Melakukannya 

Zero Waste Traveling, Jalan-Jalan Kekinian Tanpa Jejak Sampah

Sumber: freepik.com

Konsep utama yang ingin diangkat adalah untuk melakukan kegiatan traveling tanpa meninggalkan jejak sampah. Seperti yang kamu tahu, tidak sedikit tempat wisata yang harus tampak tidak indah karena sampah yang menumpuk, atau dibuang sembarangan.

Zero waste traveling kemudian mengajak semua orang yang ingin turut serta untuk menjaga area wisata tetap bersih, sekaligus mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan oleh wisatawan secara umum dalam setiap prosesnya.

Alih-alih harus mengalokasikan waktu, tenaga, dan biaya untuk membersihkan tempat wisata yang kotor, langkah ini bisa menjadi pencegahan yang sangat efektif untuk semua jenis tempat wisata.

Agar Lebih Semangat, Ini Sederet Manfaatnya

Sumber: freepik.com

Sederet manfaat bisa didapatkan oleh Eigerian jika menerapkan konsep jalan-jalan nirlimbah ini. Beberapa akan dijelaskan dengan poin singkat berikut ini.

1. Mengurangi Dampak Iklim

Reduce, reuse, dan recycle, menjadi kunci dari gerakan untuk memperbaiki iklim yang dimiliki dunia. Tiga hal ini bisa mengurangi emisi rumah kaca yang merugikan untuk lapisan ozon dan kondisi dunia secara umum.

Mengacu pada salah satu informasi yang disampaikan di situs torontoenvironment.org, EPA Amerika Serikat memperkirakan setidaknya 42% dari seluruh emisi gas rumah kaca dihasilkan dari produksi dan penggunaan berbagai barang, termasuk makanan, berbagai produk konsumsi, hingga kemasan.

Jadi dengan mengurangi konsumsi yang dilakukan pada produk sekali pakai, angka ini bisa turut diturunkan secara signifikan.

2. Penghematan Sumber Daya

Karena belum memiliki konsep konsumsi berkelanjutan, maka proses produksi yang dilakukan memerlukan banyak energi dan sumber daya alami. Tentu hal ini tidak menguntungkan dalam jangka panjang karena beberapa bahan alami yang digunakan tidak bisa diperbarui dalam waktu singkat.

Dengan menerapkan zero waste traveling, Eigerian bisa turut melakukan penghematan pada penggunaan berbagai bahan alami yang diperlukan, sebab apa yang digunakan selama perjalan bukan produk sekali pakai sepenuhnya.

Produk yang sudah digunakan bisa didaur ulang, sehingga penggunaan bahan mentah dari alam dapat dikurangi.

3. Berpotensi Mengembangkan Masyarakat

Mengapa? Sebab proses daur ulang yang dilakukan akan mendorong kebutuhan tenaga kerja kreatif sehingga benda atau produk yang selesai digunakan dapat diolah kembali menjadi produk yang bernilai guna.

Dengan sistem ekonomi berkelanjutan, maka manfaat yang didapatkan tidak hanya dari sisi kebersihan dan kelestarian lingkungan saja, tapi juga manfaat ekonomi praktis. Masyarakat akan dapat memperoleh penghasilan tambahan dari proses ini.

Model zero waste traveling seiring berjalannya waktu juga akan meningkatkan kualitas udara, lingkungan dan air, sehingga komunitas yang berada di sekitar area wisata dapat memperoleh manfaat nyata dari pengurangan sampah.

4. Lebih Ekonomis

Penerapan konsep ini mungkin akan memerlukan modal yang tidak sedikit. Tapi jika dilihat dalam jangka panjang, justru akan membuat total pengeluaran perjalananmu menjadi lebih hemat.

Bayangkan jika kamu tidak lagi perlu membeli air minum dalam kemasan karena membawa botol minum sendiri? Atau kamu tidak perlu membeli makanan cepat saji karena membawa bekal dengan kotak makan sendiri?

Tidak terlalu besar secara individu, tapi untuk total pengeluaran selama liburan hal ini akan terasa cukup lumayan pada alokasi dana. Alih-alih digunakan pada pos tersebut, kamu bisa mengalokasikannya untuk hal-hal yang memberi manfaat pada masyarakat sekitar.

Ini Panduan Menerapkan Konsep Zero Waste Traveling 

Sumber: Eiger Adventure

Tidak ada waktu yang lebih tepat daripada sekarang untuk memulai penerapan wisata nirlimbah. Beberapa cara berikut bisa kamu coba lakukan untuk menjadi langkah awalnya!

  • Go paperless, artinya mulai meminimalisir penggunaan apapun yang berbahan kertas dan digunakan sekali pakai dalam agenda traveling yang kamu lakukan. Hal ini termasuk tiket cetak, brosur, gelas kertas, piring kertas, dan sejenisnya. Gunakan teknologi digital dan produk yang dapat digunakan kembali untuk mendukung perjalanan
  • Gunakan reusable kit, melanjutkan poin pertama untuk menghindari penggunaan kertas sekali pakai, berbagai peralatan reusable bisa kamu gunakan. Misalnya tas belanja, tumblr, cup yang bisa dipakai kembali, dan sebagainya
  • Bawa bekal dari rumah untuk perjalanan. Hal ini berlaku untuk perjalanan darat, udara, dan laut. Kamu bisa membawa cookies buatan sendiri, buah-buahan yang praktis (jeruk, pisang, apel), hingga roti lapis atau sandwich. Selain tidak menimbulkan sampah, kamu juga akan hemat pengeluaran.
  • Toiletries mandiri. Memang apa yang tersedia di hotel akan sangat menggoda untuk dipakai. Tapi bahan yang digunakan dalam produksinya tidak ramah lingkungan, sehingga akan lebih baik jika kamu membawa perlengkapan sendiri
  • Selektif dalam memilih tempat makan, sebisa mungkin pilih tempat makan yang menggunakan perlengkapan yang dapat dipakai berulang. Atau jika memang mendesak, kamu bisa menggunakan wadah sendiri untuk makanan take away.
  • Kumpulkan sampah untuk dibuat ke tempat yang benar. Hal ini membantu proses recycle atau daur ulang, sehingga sampah yang dihasilkan bisa diproses kembali.

Beberapa Gear dari Eiger Adventure Bisa Jadi Opsi Menarik!

Sumber: Eiger Adventure

Pertama kamu bisa menggunakan Baatara 3L yang bisa dengan mudah dicuci dan digunakan kembali. Dengan kapasitasnya yang besar, kamu tidak akan khawatir kehabisan air ketika melakukan perjalanan. Harganya juga cukup terjangkau, hanya Rp179,000 saja.

Sumber: Eiger Adventure

Jika perlu satu set yang lengkap, maka Hydration Set bisa jadi solusi. Kamu akan mendapatkan mug dan botol keren berkualitas dalam satu set produk, dengan harga Rp259,000 saja.

Baca Juga: 6 Spot Wisata Laut Terbaik di Indonesia, Cus Agendakan! 

Itu tadi sekilas tentang zero waste traveling yang bisa disajikan di artikel singkat kali ini. Semoga berguna untuk Eigerian. Tentu saja agar tidak bingung mencari produk yang bisa mendukung penerapan konsep ini, kamu dengan mudah bisa klik website Eiger Adventure resmi. Dengan belanja di sini, kamu bisa mendapatkan jaminan produk ori, kemudian harga terbaik, gratis ongkir, dan pembayaran mudah dengan berbagai metode yang disediakan. Semoga agendamu berjalan lancar!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru